Menyerah, Apple Akhirnya Gunakan USB Type-C

Teknologi 28 Okt 2022

Apple bisa dibilang perusahaan teknologi yang selalu 'nyentrik' dengan produknya seperti iPhone maupun iPad, bahkan hingga ke detail kecil seperti port yang seolah 'enggan' untuk mengikuti zaman dengan memperkenal Lightning Port sejak generasi iPhone 4 dan iPad 2 pada tahun 2012.

Namun, dibalik keunikan port Lightning, banyak yang tidak menyukai konsep karena pada dasarnya port Lightning itu tidaklah sama dengan port Micro USB atau USB-C yang umum digunakan pada gadget. Salah satu pihak yang paling 'frontal' akan isu ini adalah European Union.

Ditekan EU, Akhirnya Apple 'Menyerah'

Sempat keukeuh, Apple telah resmi mengonfirmasi bahwa port charging lighting akan digantikan oleh port USB Type-C di masa akan datang, termasuk iPhone, AirPods, dan aksesoris lainya.

Dalam Obrolan The Wall Street Journal, seperti yang di siarkan langsung di Twitter, wakil presiden senior pemasaran, Greg Joswiak, mengungkapkan bahwa Apple akan beralih ke USB Type-C karena berpedoman dengan undang-undang UE(Uni Eropa) yang baru, tetapi tidak percaya itu adalah langkah yang tepat.

"Pemerintah melakukan apa yang harus mereka lakukan. Jelas kita harus mematuhinya. Kami tidak punya pilihan. Tapi kami pikir pendekatan-nya akan lebih baik secara lingkungan dan lebih baik bagi pelanggan kami," kepada presenter Joanna Stern.

Dalam penjelasanya, Joswiak mengungkapkan bahwa argumen dengan UE awalnya dimulai dari Micro USB 10 tahun yang lalu dan bawah solusi Apple pada saat itu adalah menawakan adaptor daya USB yang dapat menerima berbagai jenis kabel.

"Kami sampai, apa yang kami pikir, adalah tempat yang lebih baik -  yaitu memiliki adaptor daya dengan kabel yang dapat dilepas dan anda memilih kabel yang sesuai untuk perangkat anda." Entah itu salah satu kita atau milik orang lain.

"Apa yang memungkinan anda lakukan adalah memiliki lebih dari 1 miliar orang yang memiliki[Kabel Lightning] untuk menggunakan apa yang telah mereka miliki dan tidak terganggu, dan menyebabkan banyak limbah elektronik. Karena apa yang akan anda lakukan dengan kabel-kabel ini dari waktu ke waktu - miliaran di antaranya?"

Namun, putusan undang-undang Uni Eropa yang baru menolak klaim itu dan telah mewajibkan penggunakan USB Type-C pada perangkat masa depan (2024).

Itu artinya iPhone berpotensi dimulai dengan iPhone 16 Series akan mengadopsi port USB Type-C, serta semua perangkat aksesoris Apple lainya.

Kami juga sempat memberikan opini kami mengenai mengapa Apple harus move on dari colokan Lightning. Kamu bisa membacanya melalui tautan berikut.

Sumber : Pocket-lint , Siaran Twiter The Wall Street Journal

Tag