Steam Rilis Panduan Konversi Harga ke USD, Harga Game di Indonesia Bakal Naik?

Gaming 25 Okt 2022

Para penggiat digital pasti sudah tidak asing dengan Steam. Ya, platform pembelian game dan aplikasi yang dirilis Valve Corporation pada tahun 2003 ini kini menjadi salah satu bagian penting dala industri digital khususnya game.

Kesuksesan Steam saat ini bukan hanya berasal dari Steam itu sendiri, namun juga atas ikut andilnya para pengembang game yang bersedia untuk memasukan karya mereka ke dalam Steam sampai akhirnya platform ini sekarang dapat dikenal oleh seluruh dunia.

Tersebarnya Steam ke seluruh dunia ini tentu membuat mereka harus beradaptasi dengan banyak metode pembayaran dan mata uang yang berlaku di setiap negara.

Hal ini justru seringkali membuat para pengembang game kesulitan untuk mengelola harga dari gamemereka dengan 39 mata uang berbeda dan puluhan metode pembayaran yang disediakan oleh Steam.

Oleh sebab itu hari ini Steam memperkenalkan tool baru mereka untuk membantu para pengembang dalam mengelola harga mereka.

Baca juga: WhatsApp Sempat Down, Tidak Dapat Diakses di Selasa Siang Ini

Developer Steam akan Dapatkan Tool Cek Harga

Steam menyederhanakan cara pengembang mengelola harga, memudahkan dalam mengontrol waktu perubahan harga, dan meninjau kesalahan dari pengembang ketika menentukan harga.

Misalnya jika pengembang tidak sengaja mengetikkan harga 500 Euro ketika harga di mata uang lain hanya berkisar di 5 Euro maka kesalahan tersebut akan diperbaiki dan harga akan diubah ke kisaran 5 Euro.

Tutorial dan tool tersebut kini sudah tersedia namun hanya pengguna dengan izin penerapan harga di Steamworks yang dapat menggunakannya.

Steam juga membuat video tutorial yang tersedia di halaman dokumentasi serta youtube untuk demonstrasi tool baru secara visual.

Baca juga: AI Bikin Resah! Inilah Kebijakan Pixiv tentang Gambar Buatan AI!

Sekarang tool rekomendasi ini sudah aktif tetapi para pengembang tetap dapat mengendalikan harga mereka sendiri.

Akan ada peringatan untuk harga mata uang yang secara drastis lebih tinggi atau lebih rendah daripada mata uang lainnya.

Harga Game di Indonesia Bakal Naik?

Rekomendasi Steam Mengenai Konversi Harga per 25 Oktober 22

Saat ini para pengembang tidak akan melihat perubahan pada Steam mereka namun ketika mereka meninjau harga produk, mereka akan melihat rekomendasi dari Steam saat ini.

Kemudian, nilai-nilai konversi harga ini akan berbeda dengan nominal yang ingin dibeli. Misalkan, jika kamu membeli sesuatu di Steam dengan harga 5.99 Dolar AS, maka kenaikan jika konversi dari Rupiah hanya sebesar 15%. Sedangkan, jika membeli sesuatu dengan harga 29.99 Dolar AS, maka kenaikannya berada di sekitar 76%.

Baca juga: Miniclip Resmi Tutup Server Game Browser

Berdasarkan artikel dari Steam, kenaikan harga akan menyebabkan cooldown 28 hari pada diskon untuk semua wilayah. Bahkan jika pengembang hanya menaikan harga untuk satu mata uang. Maka dari itu beberapa pengembang memilih untuk melakukan perubahan harga setelah masa diskon berakhir.

Valve sebagai perusahaan pemilik Steam akan memperbarui harga game mereka sendiri agar sesuai dengan rekomendasi baru.

Tag