Ilustrasi TV Analog yang akan dihentikan penyiarannya (Analog Switch Off) yang sudah berjalan menjelang akhir tahun 2022 ini (Sumber: Kompas.com)

Kominfo Pastikan Program ASO Berlanjut, Mulai dari Bandung, Surabaya, dan Kota Lainnya

Media 29 Nov 2022

Jakarta, 28 November 2022 - Program Analog Switch Off (ASO) akan segera dilakukan di beberapa wilayah di Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Johnny Plate menyampaikan kepastian tersebut melalui Rapat Kerja dengan Menkominfo pada Rabu (23/11/2022).

"Pelaksanaan ASO berikut pada 93 wilayah 284 kabupaten/kota dilakukan oleh-oleh masing lembaga penyiaran sesuai dengan kesiapan teknis dan untuk menjaga kepemirsaan masing-masing lembaga penyiaran," ungkap Menteri Kominfo Johnny Plate

Melansirkan dari CNBC Indonesia, Dia menjelaskan pihaknya akan melakukan pemantauan pada kepatuhan lembaga penyiaran sesuai dengan kewenangan. Menurutnya secara teknis ASO dilakukan lembaga penyiaran masing-masing.

Baca juga: Selamat Tinggal O Channel, Selamat Datang MOJI

Daftar Kota yang akan Kena Analog Switch Off (ASO)

Berikut daftar kota-kota yang akan dilakukan menghapus siaran analog sesuai dengan pemaparan Johnny dalam rapat tersebut:

  • Jawa Barat-1: Kota Bandung dan sekitarnya
  • Jawa Tengah-1: Kota Semarang dan sekitarnya
  • Jawa Timur-1: Kota Surabaya dan sekitarnya
  • Kepulauan Riau-1: Kota Batam dan sekitarnya

Namun Johnny Plate tidak menyebutkan kapan program ini akan dilaksanakan dalam kota-kota tersebut. Pihaknya hanya menegaskan bahwa program tersebut akan dilakukan apabila penyelenggara multipeksing, sudah siap membagikan  set top box (STB) kepada masyarakat yang kurang mampu.

Baca juga: [FOKUS] Mengintip Sejenak Siaran Digital Singapura, Baru Terasa Canggihnya

"Dari kesiapan infrastruktur MUX bisa dilakukan kapan saja, sudah siap semuanya. Dari kesiapan lembaga penyiaran seharusnya bisa dilakukan. Dari pembagian set top box bergantung pada kesiapan penyelenggara multipleks memebrikan komitmen mendistribusikan dan instalasi," Ungkap Johnny Plate selaku ketua MenKominfo

Tag