Foto yang menandakan hilangnya sinyal pada ponsel (Sumber: Lemoot.com)

Smartfren Alami Gangguan Jaringan? Inilah Sebabnya!

Teknologi 11 Nov 2022

Pengguna Smartfren keluhkan alami gangguan jaringan pada hari ini Jumat, 11 November 2022.

Melalui media sosial Twitter, para pengguna Smartfren mengeluhkan hilangnya sinyal Smartfren, tidak ada layanan, Jaringan Smartfren hilang di iPhone, dan hal serupa lainnya.

Keluhan-keluhan tersebut mereka sampaikan dengan me-mention akun Twitter resmi dari Smartfren @smartfrencare dan @smartfrenworld.

Melalui media sosial berlogo burung biru tersebut para pengguna juga sling berinteraksi dan mengeluh karena memiliki nasib yang sama.

Gangguan ini menyebabkan para pengguna Smartfren tidak dapat menggunakan layanan internet dan melakukan panggilan telepon.

Beberapa pengguna mengaku kartu SIM Smartfren yang terpasang di perangkat mereka tidak memiliki layanan dan jaringan sejak Kamis, 10 November 2022.

Baca juga: Kememperin Pastikan Mesin Blokir IMEI Bekerja Agustus 2020

Selain perangkat dengan Kartu SIM, banyak juga pengguna iPhone yang mengaku bahwa e-SIM Smartfren mereka tidak berfungsi sebab tidak ada layanan dan sinyal.

Sebagai bukti, beberapa pengguna Smartfren juga menyertakan tangkapan layar yang memperlihatkan bahwa perangkat dengan SIM Smarfren mereka tidak mendapatkan sinyal.

Penyebab Terjadinya Gangguan Jaringan

Masalah gangguan sinyal dan jaringan ini mungkin disebabkan oleh pemeliharaan sistem yang dilakukan oleh pihak Smartfren.

Melalui akun Twitter resmi mereka @smartfrenworld pihak Smartfren memberitahukan pada pengguna bahwa mereka akan melakukan pemeliharaan jaringan pada 9 November 2022 pukul 20.00 WIB – 10 November 2022 pukul 06.00 WIB.

Menurut pihak Smartfren  masalah yang dialami pelanggan saat ini telah 100 persen normal dan pelanggan sudah bisa menggunakan layanan Smartfren kembali.

Baca juga: [MPBI] Toyota bZ4X Resmi Menyapa Indonesia, Dibanderol 1,190 Miliar!

Ada pelanggan yang bisa langsung menggunakan layanan Smarfren setelah perbaikan jaringan namun ada juga yang harus mengaktifkan mode "Airplane" terlebih dahulu untuk mendapatkan sinyal.

Perbaikan jaringan ini kemungkinan dilakukan secara bertahap, sehingga ada beberapa pelanggan yang belum mendapatkan sinyal dan ada pelanggan yang sudah.

Tag