AnyColor dan Cover Corp "Bersatu" Hadapi Doxxer dan Pencemaran Nama Baik Talent

Pop Kultur 6 Des 2022

Berawal dari popularitas Virtual YouTuber atau VTuber yang semakin bertumbuh, bukan berarti bebas dari apa yang namanya 'Drama'. Apalagi karena walaupun pada dasarnya mereka adalah karakter virtual sekalipun, pembawaannya tetap dilakukan seseorang di dunia nyata sehingga privasi menjadi concern yang amat diperhatikan.

Namun itu tidaklah mengurungkan niat dari oknum fans yang bertindak terlalu jauh seperti mengungkap identitas asli atau doxxing dari para Vtuber atau bahkan melakukan provokasi yang berujung pada pencemaran nama baik yang jelas-jelas adalah masalah serius.

Any Color dan Cover "Bersatu" Lawan Doxxing dan Pencemaran Nama Baik

Oleh karena itulah, ANYCOLOR Inc. dan COVER Corporation memutuskan untuk bekerja sama dalam memberantas tindakan pencemaran nama baik dan talenta virtual yang berafiliasi dengan kedua agensi tersebut. Bagi para penggemar Vtuber, kalian lebih mengenalnya dengan nama agensi NIJISANJI dan Hololive.

Mereka juga telah merilis pernyataan bersama yang bisa kalian baca disini, atau bisa kalian perhatikan dibawah berikut.

Dalam Surat Pernyataan Bersama tersebut, kami mengutuk bahwa reputasi atau kepercayaan dan talenta virtual yang berafiliasi dengan perusahaan kami sedang dinodai.
Kami benar-benar menyesalkan bahwa tindakan pencemaran nama baik dan sejenisnya dilakukan oleh individu tertentu dengan maksud untuk mengganggu aktivitas VTuber secara tidak adil. Tindakan pencemaran nama baik ini dilakukan secara anonim dengan cara tanpa beban di forum internet, media sosial dan sejenisnya.
Tindakan semacam itu membahayakan emosi dan kondisi mental dari hati para talenta virtual yang terafiliasi, menempatkan mereka dalam situasi yang menyulitkan untuk melakukan aktivitas mereka dan lebih jauh lagi merusak kehidupan mereka.
Oleh karena itu, kami berusaha keras untuk melindungi mental dari hati para talenta virtual yang berafiliasi dari tindakan pencemaran nama baik dan sejenisnya yang tidak berperasaan ini.

Sebelumnya pun kedua belah pihak telah melakukan aksinya, seperti Divisi Khusus di ANYCOLOR yang telah menangani kasus yang berkaitan dengan para talent mereka sejak September 2021, atau COVER yang juga menangani kasus serupa secara langsung.

Tentu mereka tidak mengharapkan kejadian seperti Axia Krone dari NIJISANJI yang graduate karena pelecehan yang diterimanya dari para penggemar, atau Laplus Darkness dari Hololive yang hiatus untuk sementara waktu karena masalah kesehatan mental.

Kedua perusahaan berharap untuk menghindari kejadian seperti itu di masa mendatang, sehingga kegiatan VTubing bisa lebih aman untuk semua.

Sumber: ANYCOLOR

Tag