Ilustrasi aplikasi LinkAja, salah satu dompet digital yang beroperasi di Indonesia, yang sebelumnya adalah hasil merger dari TCASH Telkomsel dan bank di Indonesia seperti BRI, BNI, Mandiri, BTN (Sumber: fintechasia.com)

Naik TransJakarta Kini Tidak Bisa Bayar Pakai LinkAja, Ini Alternatifnya

Teknologi 3 Jan 2023

Mulai dari tanggal 02 Januari 2023, metode pembayaran tiket TransJakarta sudah tidak dapat dipakai lagi.

Pengumuman ini sudah ada dari beberapa waktu sebelumnya dan efektif pada hari Senin (02/01) ini.

"Sahabat TiJe, sistem pembayaran dengan LinkAja! pada aplikasi TiJe di gate Transjakarta dinonaktifkan per hari ini, 02 Januari 2023 yaa. Kamu dapat menggunakan pembayaran dengan Astrapay atau tap Kartu Uang Elektronik (KUE), 1 Orang 1 Kartu yaa saat naik Transjakarta," tulis TransJakarta pada akun resmi mereka di Twitter.

Baca juga: [FOKUS] Bagaimana Saya Memvisualisasikan Mira Fridayanti dengan Bantuan AI?

Namun, saat mencari sumber lebih lanjut, ternyata post pengumuman ini sudah dihapus dari akun media sosial Facebook dan Twitter. Namun, informasi tersebut tersedia untuk diakses di situs resmi LinkAja.

"Halo Sobat LinkAja! Layanan pembayaran LinkAja pada aplikasi Transjakarta akan dinonaktifkan pada tanggal 1 Januari 2023 dan efektif akan ditutup secara sistem pada tanggal 2 Januari 2023. Para pengguna masih tetap bisa menggunakan LinkAja sebagai pembayaran di aplikasi Transjakarta sampai sebelum tanggal tersebut.
Kamu masih tetap bisa menggunakan saldo LinkAja kamu untuk kebutuhan lainnya, termasuk transportasi dengan menggunakan GOJEK dan Grab."
Arsip tangkapan layar post nonaktif pembayaran LinkAja untuk tiket TransJakarta per 2 Januari 2023.

Metode Pembayaran TransJakarta, dari e-Money, JakLingko, hingga AstraPay

Sebelumnya, pengguna dapat menggunakan tiga metode pembayaran utama untuk tiket TransJakarta. Pertama menggunakan kartu e-money, kedua melalui dompet digital AstraPay, dan terakhir menggunakan LinkAja.

Sehingga, saat ini pengguna TransJakarta hanya dapat menggunakan dompet digital AstraPay apabila ingin membeli tiket pada aplikasi TiJe.

Baca juga: [Review] Saya Mencoba Menjajal Ubuntu di dalam Windows 11 dengan WSL

Kartu e-money yang didukung antara lain adalah BCA Flazz, Mandiri e-money, BRI Brizzi, BNI TapCash hingga Bank DKI JakCard. Namun, khusus untuk bus non-BRT maka kartu JakCard tidak bisa digunakan.

Kamu juga bisa menggunakan kartu JakLingko untuk melakukan pembayaran tiket TransJakarta dengan tambahan keuntungan promo seperti naik Mikrotrans gratis dengan saldo pada kartu minimal Rp5.000.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast