Official Twitter Comic Frontier/istimewa

Event Comic Frontier ke-16 Ditunda ke Mei 2023

Pop Kultur 8 Feb 2023

Comic Frontier, atau yang biasa dikenal dengan nama CF atau Comifuro, merupakan salah satu event doujin market terbesar di Indonesia, yang setiap tahunnya diselenggarakan sebanyak dua kali untuk memberi wadah para artist dan kreator untuk berkumpul, menjual, dan mempromosikan hasil karya mereka.

Setelah sukses melaksanakan event offline pertama mereka pasca pandemi COVID-19, mereka akan menggelar event tersebut dengan nama Comic Frontier 16 di Hall 8-10 International Convention Expo (ICE) BSD pada tanggal 11-12 Maret 2023.

Sayangnya, pada waktu kurang lebih satu bulan sebelum event tersebut akan terlaksana, terdapat pengumuman penting yang menyatakan bahwa Comic Frontier 16 akan diundur ke tanggal 6-7 Mei 2023. Mengapa demikian?

Alasan Penundaan CF16 dikarenakan keamanan venue ICE BSD

Berdasarkan informasi yang diberikan pada pengumuman yang dirilis di akun media sosial resmi Comic Frontier di Facebook, Twitter, Instagram, dan Discord, keputusan ini harus diambil karena pertimbangan keamanan akibat hal yang tidak terduka di sekitar venue ICE BSD. Sehingga, demi faktor keamanan dan kenyamanan seluruh partisipan, event tersebut terpaksa mundur selama kurang lebih 2 bulan.

Baca juga : [Opini] Apa Saja yang Bisa Dibenahi untuk Comic Frontier 16?

Dalam pengumuman resmi tersebut panitia juga menginfokan kepada circle yang telah mendaftarkan booth mereka agar dapat mempertahankan booth mereka hingga acara tersebut dimulai atau dapat mengajukan pembatalan dan refund dengan mengisi form circle yang telah dikirimkan kepada email circle yang bersangkutan. Batas waktu pegajuan refund selama 30 hari setelah email tersebut diterima.

Beberapa spekulasi mulai bertebaran di media sosial semenjak pengumuman ini diterbitkan. Namun, saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak Comic Frontier maupun dari ICE BSD.

Comifuro Itu Event Apa Sih?

Apa sih Comifuro itu?

Comic Frontier, atau biasa disebut Comifuro merupakan konvensi doujinshi kreatif yang telah rutin dilaksanakan setiap tahun di Indonesia. Acara yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 seiring berjalannya waktu, kini Comifuro telah menjadi sebuah wadah kreatif yang menghimpun banyak creator dalam satu event tak hanya diisi oleh hal yang berbau game,anime,dan jejepangan kini Comifuro mulai diramaikan oleh para creator yang menyajikan produk pop kultur lainnya seperti k-pop,fandom komik barat,komik Indonesia, hingga karya indie original creator yang tak kalah menarik lainnya.

Comifuro telah diselengarakan sebanyak 15 kali dan pada tahun 2021 comifuro sempat ditiadakan karena pandemi yang melonjak saat itu, dan sebagai gantinya diadakan Comivuro (Comifuro Virtual) dimana para krearor dapat menjajakan produk mereka secara virtual melalui ruang virtual yang telah dibuat.

Tag

Putu Arie Setyadharma

Seorang yang sangat mengemari pop culture dan teknologi. Saat ini sangat menikmati dunia cosplayer dan cosphotography