2023 Perodua Axia - Kembaran Agya-Ayla yang namanya mirip lagu Walk├╝re (Featuring Kaname Buccaneer from Macross Delta)

Perodua Axia Resmi Dirilis di Malaysia, Dijual Mulai 134 Jutaan!

Otomotif 14 Feb 2023

Setelah Toyota Agya resmi diperkenalkan di tanah air pada 13 Februari kemarin, saudara kembar dari LCGC berplatform DNGA ini resmi dijual di negeri jiran Malaysia. Mobil yang dijual sebagai Perodua Axia ini dijual mulai dari RM 38,600 atau sekitar 134,4 juta Rupiah untuk varian G hingga RM 49,500 atau sekitar 172,3 juta Rupiah untuk varian tertingginya.

Dan jika di acara unveiling Agya kemarin Toyota baru memperkenalkan purwarupa dari Agya baru, di acara yang digelar Perodua ini juga sekaligus menandai pengiriman Axia baru ke dealer alias sudah bisa dipesan oleh masyarakat di Malaysia. Lalu, seperti apa detail dari Axia baru ini?

Lebih Besar dari Generasi Sebelumnya

Axia generasi kedua ini punya dimensi yang lebih besar dibandingkan generasi pertamanya. Thanks buat platform DNGA yang membuatnya lebih panjang dan lebih lebar, namun sedikit lebih pendek dari generasi sebelumnya.

Perodua Axia Generasi Kedua - Kembaran Agya-Ayla asal Malaysia (Perodua)

Di generasi pertamanya, Axia memiliki panjang 3,645 mm, lebar 1,620 mm dan tinggi 1,510 mm. Di generasi terbarunya, ia lebih panjang 115 mm menjadi 3,760 mm, lebih lebar 45 mm menjadi 1,665 mm dan lebih pendek 15 mm menjadi 1,495 mm.

Wheelbase-nya pun lebih panjang 60 mm dari yang sebelumnya 2,465 mm, kini menjadi 2,525 mm. Meskipun ground clearance nya berkurang 20 mm dari 170 ke 150 mm.

Hanya Dibekali Mesin 1.000 CC

Jika di Agya baru bakal dibekali mesin 1.200 CC milik Toyota Raize, Perodua Axia ini justru hanya hadir dengan mesin yang sama seperti di generasi sebelumnya. 1.000 cc tiga silinder berkode 1KR-VE yang mampu menghasilkan tenaga 68 PS dan torsi 91 Nm.

Tapi yang berbeda dari generasi sebelumnya, mesin lama ini dikawinkan dengan transmisi D-CVT baru layaknya Agya sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Klaim dari Perodua sendiri, mobil ini menurut sistem pengujian MDC (Malaysia Driving Cycle) dapat menghasilkan konsumsi BBM sebanyak 27.4 km/l (untuk varian SE dan EV dengan Eco Idle).

Fitur yang Sama Komplit-nya Seperti di Generasi Sebelumnya

Sementara menunggu spek detail dari Agya (dan juga Ayla) generasi kedua yang mungkin bakal dirilis pada gelaran IIMS atau Jakarta AutoWeek 2023, kita sedikit membahas fitur di Axia generasi kedua sebagai gambaran fitur apa saja yang akan kita dapat di Agya maupun Ayla. Dan jika dibandingkan dengan Axia sebelum ini, di generasi keduanya pun masih dibekali fitur yang cukup komplit untuk sebuah LCGC (kalau dijual di Indonesia).

Fitur keselamatan di Axia baru (Perodua)

Misal adanya sistem Perodua Smart Driving Assist (PSDA) termasuk Autonomous Emergency Braking (AEB) yang mungkin juga bakal ada di Agya (sebagai TSS) ataupun Ayla (sebagai Daihatsu ASA), airbag 6 titik, panel instrumen digital dengan MID 7 inchi seperti Agya GR Sport, head unit 9 inchi dengan audio steering switch, ABS, EBD, BA, Hill Start Assist dan VSC. Selain itu ada fitur RCTA dan Blind Spot Monitoring yang juga hadir di Axia.

Dashboard Axia baru (Perodua)

So, begitulah pembahasan kami soal Perodua Axia generasi kedua yang namanya mirip seperti salah satu lagu Walkure di Macross Delta ini. Dan besok, kita bakal membahas satu saudara se-platform dari Agya dan Axia ini, yakni All-New Daihatsu Ayla yang dikabarkan akan diperkenalkan esok nanti, jadi tetaplah bersama Media Formasi untuk informasi mengenai Daihatsu Ayla baru.

Tag