Rumor: Apple Masih Melanjutkan Pengembangan iPhone SE 4

Teknologi 28 Feb 2023

Mediaformasi.com - Rumor dari eksistensi iPhone SE 4 seakan laut pasang surut. Setelah dirumorkan pada Januari lalu bahwa Apple telah membatalkan iPhone SE 4 serta jajaran iPhone SE secara keseluruhan; kurang dari dua bulan kemudian, pengembangan iPhone SE 4 kini dirumorkan hidup kembali.

Informasi ini datang dari analis Ming-Chi Kuo, yang dalam serangkaian tweet mengatakan bahwa Apple telah memulai ulang pengembangan iPhone SE 4.  Kuo juga lah yang sebelumnya melaporkan pembatalan iPhone SE terbaru ini.

Kuo menyebut bahwa iPhone SE 4 akan memiliki layar OLED dengan bezel yang lebih tipis dari layar LCD iPhone SE generasi terkini. Menurut analis industri ternama Ross Young, panel OLED yang akan diusung oleh iPhone SE 4 akan disuplai oleh Beijing Oriental Electronics.

Secara keseluruhan, iPhone SE 4 adalah iPhone 14 6,1-inch dengan serangkaian modifikasi kecil.

iPhone 14 (Sumber: Tom's Guide)

Menjadikan iPhone SE 4 Sebagai 'Kelinci Percobaan'

Kuo juga menyebut bahwa iPhone SE 4 akan menjadi kelinci percobaan untuk modem 5G baru garapan Apple.

Modem tersebut dirumorkan akan mengusung proses 4nm dan rencananya hanya akan mendukung koneksi Sub-6GHz. Kuo mengatakan tantangan utama bagi Apple adalah apakah mereka dapat mengatasi kendala teknis terkait koneksi mmWave dan komunikasi satelit.

iPhone SE 4 akan menjadi perangkat pertama yang akan menggunakan modem Apple ini. Untuk saat ini, belum ada kejelasan apakah iPhone 16 akan mengusung modem 5G baru Apple ini atau Snapdragon X75 dari Qualcomm yang baru saja rilis, serta model iPhone 15 dirumorkan akan menggunakan modem Snapdragon X70.

Kuo juga memastikan jika modem terbaru Apple ini sukses, produk Apple di masa depan akan mulai menggunakannya untuk produk turunan Apple lain seperti iPad dan Apple Watch.

Saat ini, iPhone SE 4 setidaknya belum akan diluncurkan dalam waktu dekat, sebagaimana dirumorkan akan mulai produksi secara masal pada kuartal pertama tahun 2024.

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Doujin music and light novel fan.