WWDC 2023 Telah Digelar, Isinya Ada Apa Saja?

Teknologi 12 Jun 2023

Mengedepankan diri sebagai salah satu inovator terdepan di ranah teknologi, pada Senin (5/6) lalu Apple menggelar ajang tahunan "Worldwide Developers Conference" (WWDC) edisi 2023 untuk menunjukkan produk-produk inovatif terbarunya.

Apa saja yang diumumkan pada WWDC tahun ini? Berikut telah kami rangkum untuk #MedForians!

Lebih Besar, MacBook Air Hadir Dengan Varian 15-Inch

MacBook Air kini hadir dengan varian 15 inci.

Seri MacBook entry-level ini kini hadir dengan model berukuran 15-inci.

MacBook Air M2 varian 15 inci ini akan memiliki semua fitur yang tersedia di MacBook Air varian 13-inci. Mulai dari semua port yang tersedia, chip M2 rancangan Apple yang sangat efisien dan berperforma tinggi, layar Retina berprofil warna akurat yang memanjakan mata, juga baterai yang tahan lama.

Membesar, tapi tetap tipis dan ringan.

Meskipun ukurannya membesar, MacBook Air 15-inci ini tetap memiliki bodi yang tipis nan ringan. Lebar keseluruhan bodinya hanya sebesar 1,13 cm, dan bezel pada layarnya hanya sebesar 5 mm. Sedangkan bobotnya hanya seberat 1,24 kg saja.

MacBook Air M2 varian 15 inci dibanderol dengan harga 1299 USD atau sekitar Rp. 19.300.000. Sedangkan MacBook Air M2 varian 13 inci dibanderol dengan harga 1099 USD atau sekitar Rp. 16,350,000.

M2 Ultra Mempesona Dengan Performa Yang Luar Biasa

M2 Ultra menyatukan 2 chip M2 untuk performa yang luar biasa.

Jika performa chip M2 Max masih dirasa belum cukup, Apple kini hadir dengan solusi terbarunya yaitu chip M2 Ultra. Chip ini diklaim sebagai prosesor paling mumpuni yang pernah dirancang oleh Apple.

Dibekali dengan 24 inti CPU, 134 miliar transistor, 60 atau 76 inti GPU, dan 192 GB unified memory. M2 Ultra memiliki perbedaan performa yang cukup signifikan dari chip M2 Max yang dibekali oleh 12 inti CPU, 67 miliar transistor, 38 inti GPU, dan 96 GB unified memory. Apple mengklaim bahwa M2 Ultra akan memiliki performa 25% lebih cepat dari M2 Max.

M2 Ultra akan hadir untuk Mac Studio dan Mac Pro.  

MacOS Sonoma, Usung Widget dan Game Mode

Mengambil nama dari tempat penghasil anggur, macOS Sonoma adalah iterasi terbaru dari macOS.

Masih seputar Mac, iterasi baru dari sistem operasi Mac akan hadir pada musim gugur mendatang. Dinamakan "macOS Sonoma", macOS ini akan dibekali dengan fitur-fitur baru yang menarik.

Baca Juga: Eksekutif Apple Ungkap Alasan 'Cerai' Dengan Intel

Yang pertama adalah fitur widget. di macOS Sonoma, #MedForians dapat menaruh widget yang bisa digunakan untuk berbagai hal seperti memutar musik, memeriksa cuaca, mematikan lampu, dan membuat catatan.

Widget untuk akses yang lebih mudah.

#MedForians juga dapat mengakses widget yang tersedia pada perangkat iPhone yang terintegrasi secara langsung.

Selain itu, dalam komitmennya untuk menangguhkan nama Apple di dunia gaming, macOS Sonoma juga akan memiliki fitur "Game Mode".

Game mode untuk para gamer Mac.

Jika mode ini diaktifkan, macOS Sonoma akan memberi prioritas CPU dan GPU yang lebih tinggi untuk game yang akan dimainkan, menurunkan penggunaan background, dan juga menurunkan latensi untuk aksesori nirkabel seperti AirPods dan gamepad. Mode ini akan membuat pengalaman bermain game di Mac menjadi jauh lebih nyaman.

Game-game yang hadir di Mac.
Death Stranding: Director's Cut juga akan hadir di Mac pada tahun ini.

Bertepatan dengan pengumuman ini, Apple juga mengumumkan game-game yang akan hadir di Mac pada tahun ini. Di antaranya adalah Death Stranding Director's Cut, ELEX 2, Layers of Fear Remake, Stray, SnowRunner, No Man's Sky, Fort Solis, The Medium, Firmament, dan DragonHeir: Silent Gods.

Web apps 'mengubah' situs menjadi aplikasi.

Apple juga akan memperbaharui browser Safari dengan fitur profile dan sistem berbagi password untuk pengguna yang dipercaya. Selain itu, web apps kini dapat disematkan ke dock layaknya aplikasi biasa.

iOS 17 Turut Hadir

iOS 17 akan dibekali dengan banyak fitur baru.

Tak hanya macOS, Apple juga mengumumkan iOS versi berikutnya juga pembaharuan fitur untuk beragam aplikasinya.

iOS 17 akan hadir dengan fitur-fitur baru, Salah satunya adalah fitur baru untuk AirDrop. Dengan "NameDrop", #MedForians dapat bertukar nomor telepon atau alamat email secara langsung hanya dengan mendekatkan perangkat iPhone atau Apple Watch Series 4 dengan perangkat yang ingin dibagikan.

NameDrop membuat berbagi kontak jauh lebih mudah.

iOS 17 juga akan hadir dengan mode baru yaitu "Standby". Standby adalah mode yang mengubah iPhone menjadi layar status untuk kalender, waktu, cuaca, dan lain sebagainya saat iPhone anda sedang mengisi daya dengan wireless charging.

Kini iPhone #MedForians bisa menjadi kalender.

Standby juga dapat menampilkan informasi dari Live Activities, widgets, dan smart stacks.

Widget interaktif yang juga akan hadir di macOS Sonoma turut hadir di iOS 17. Widget ini dapat ditaruh dan diakses di Home Screen, Lock Screen, dan Standby.

Selamat tinggal typo!

iOS 17 juga akan dibekali oleh keyboard dengan koreksi otomatis yang lebih akurat. Kata yang telah dikoreksi secara otomatis akan digarisbawahi sementara, sehingga #MedForians dapat tahu kata mana saja yang telah di koreksi secara otomatis.

Koreksi dari keyboard salah? Cukup tekan kata yang telah digarisbawahi dan kata yang dikoreksi akan kembali sebagaimana kata tersebut diketik.

Siri kini bisa dipanggil dengan hanya mengucap "Siri", Maps juga dapat diunduh untuk penggunaan offline.

Siri juga mendapat pembaharuan. Tidak perlu mengucap "Hei, Siri." kini #MedForians cukup mengucap "Siri" saja untuk mengakses sang asisten virtual.

Fitur terbaik bagi kami? Maps kini dapat diunduh untuk pengunaan saat offline!

iOS 17 akan hadir untuk pengguna iPhone dan iPad pada musim gugur mendatang.

Mode baru untuk AirPods Pro Generasi Dua

Lingkungan bising? Dengan Adaptive Audio, tidak masalah!

Untuk pengguna AirPods Pro generasi kedua, iOS 17 akan menghadirkan mode pendengaran baru yang dinamakan "Adaptive Audio".

Adaptive Audio memadukan Transparency dan Active Noise Cancellation yang beradaptasi secara dinamis untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitar.

WatchOS 10, Dengan Smart Stack dan Aplikasi Yang Didesain Ulang

WatchOS juga mendapat pembaharuan.

Tidak ketinggalan, Apple juga unjuk sistem operasi terbaru untuk Apple Watch.

WatchOS 10 akan hadir dengan Smart Stack. Berbasis widget, Smart Stack memungkinkan #MedForians untuk mengakses berbagai macam informasi seperti musik dan cuaca dari watch face manapun.

Smart Stack akan hadir di Apple Watch.

WatchOS 10 juga akan mengusung tampilan baru. Hampir seluruh aplikasi yang tersedia di watchOS sebelumnya telah didesain ulang.

WatchOS 10 akan hadir di musim gugur mendatang.

Apple Vision Pro, Menyatukan Virtual Reality, Augmented Reality, dan Dunia Nyata

Sebagai 'kejutan', Apple mengumumkan sebuah perangkat VR/AR.

Dan pengumuman yang paling memukau dari WWDC tahun ini menurut kami adalah pengumuman untuk Apple Vision Pro.

Apple Vision Pro adalah perangkat headset virtual reality dan augmented reality yang berpadu akan memadukan ruang nyata dengan ruang digital.

Baca Juga: Facebook Resmi Ganti Nama Menjadi Meta, Bawakan Konsep Metaverse Company

Mengusung sistem operasi visionOS yang terlihat familiar.

Berbasis sistem operasi visionOS, Apple Vision Pro juga mengusung spesifikasi yang sangat impresif. Apple Vision Pro akan dibekali panel Micro-OLED HDR dengan 23 juta total piksel, chip Apple M2 dan R1 untuk mengurangi latensi, kamera 3D dengan sensor LiDAR dan TrueDepth, spatial audio, dan 6 mikrofon.

Apple Vision Pro juga tidak membutuhkan kontroler, navigasi visionOS akan dilakukan sepenuhnya oleh eye tracking, gerakan tangan yang sederhana, dan juga perintah suara. Teknologi yang ada membuat Apple Vision Pro pantas menyandang sebagai perangkat VR/AR paling canggih saat ini.

Hanya butuh mata dan tangan untuk menavigasi visionOS.

Teknologi papan atas tersebut memungkinkan Apple untuk menawarkan pengalaman VR/AR yang impresif dan berbeda.

Tidak seperti kebanyakan perangkat VR yang lebih mengedepankan fungsionalitas gaming, Apple Vision Pro lebih ditujukan untuk pengunaan hiburan dan produktifitas.

Apple Vision Pro dapat menjadi alternatif untuk laptop maupun desktop.

#MedForians dapat menggunakan Apple Vision Pro layaknya sebuah desktop. Semua aplikasi yang tersedia di App Store akan tersedia juga di visionOS dengan tampilan yang user friendly. Ingin mengerjakan dokumen sembari menjelajahi internet dengan Safari dengan Apple Vision Pro? Sangat bisa.

#MedForians juga tidak butuh keyboard atau perangkat lainnya untuk menggunakan headset ini. Menghubungkannya dengan Mac juga sangat sederhana, cukup melihat perangkat Mac anda dan Apple Vision Pro akan menjadi layar sangat besar untuk Mac anda. Hal tersebut membuat Apple Vision Pro sebagai solusi perangkat kerja portable yang sangat menarik.

Sayangnya, Apple memperkirakan baterai Apple Vision Pro hanya akan bertahan selama 2 jam. Namun baterai tersebut akan dapat diganti dengan baterai cadangan dengan mudah.

Salah satu fitur yang paling impresif menurut kami adalah bagaimana FaceTime akan bekerja di Apple Vision Pro. Dengan perangkat ini, #MedForians dapat membuat panggilan video dalam ruang AR yang dapat diatur ukurannya, sehingga percakapan akan terasa lebih natural.

Tapi bukan itu yang membuatnya impresif bagi kami. Tentu saat anda menggunakan perangkat headset-nya, wajah anda akan tertutupi. Solusi Apple? Buat sebuah sistem dengan machine learning yang akan merepresentasikan wajah dan gerakan tangan #MedForians di FaceTime secara dinamis.

Tenang, dengan bantuan machine learning #MedForians tetap dapat menampilkan wajah anda yang menawan.

Apple Vision Pro juga dapat berfungsi sebagai layar raksasa serba guna. Seperti menonton film atau bermain game. #MedForians dapat mengaturnya sebagai layar virtual biasa atau layar AR yang menyatu dengan lingkungan sekitar. Untuk mengaturnya cukup putar dial-nya saja.

Apple Vision Pro juga dapat menjadi alternatif untuk monitor dan televisi.

Apple Vision Pro akan dibanderol dengan harga 3499 USD atau sekitar Rp. 52.000.000.

Sekian hal-hal yang diumumkan oleh Apple di WWDC tahun ini. Pengumuman mana yang paling #MedForians sukai?

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Doujin music and light novel fan.