Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Dikenal Sebagai "Whoosh", Apa Artinya?

Otomotif 26 Sep 2023

Mediaformasi.com - Pada Kamis (21/9) kemarin, Pemerintah RI resmi menamakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menjadi Whoosh dalam konferensi pers kandidat nama dan logo Kereta Cepat Indonesia. Nama ini pun sudah disetuju oleh Presiden Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan pemaku kepentingan lainnya.

Bagi sebagian pembaca mungkin nama "Whoosh" ini sudah tidak begitu asing karena nama ini merupakan nama salah satu subreddit yang biasa digunakan dalam beberapa situasi tertentu yang bernama "r/whoosh". Tapi berbeda dengan r/whoosh di Reddit yang berarti missed jokes, Whoosh pada KCJB ini punya arti tersendiri.

Dalam bahasa Indonesia, Whoosh merupakan akronim dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Sementara dalam bahasa asing, Whoosh memiliki arti cepat.

Iklan McDonald’s Jepang Lucu Ini Tuai Respons Menggemaskan
Siapa juga yang tidak gemas dengan keuwuan ini?

Menurut Triawan Munaf yang merupakan Ketua Tim Panel Sayembara Desain Jenama Kereta Api Cepat RI, nama "Whoosh" sendiri merupakan ide dari pejabat hingga masyarakat yang telah menjajak KCJB. Bahkan, nama ini sesuai dengan impresi pertama saat mengetahui kecepatan kereta api cepat tersebut yang bisa tembus sampai 350 km/j.

Kenapa Kereta Cepat Pakai Nama "Whoosh?"

"Namanya adalah 'whoosh'. Sesuai dengan jadi kita bilang 'whoosh whoosh'. Pak Presiden, Pak menteri selalu kalau itu 'whoosh whoosh'. Jadi sudah ditentukan namanya," ujar Triawan. "Whoosh ini dalam bahasa asing artinya cepat, karena kita mencari nama tidak hanya diterima di dalam tapi diterima internasional," jelasnya.
Mobil Terlaris Apa Saja di Bulan Agustus 2023?
Selamat Pagi! Yuk cari tahu mobil apa saja yang menjadi terlaris berdasarkan data wholesales sepanjang bulan Agustus kemarin!

Setelah namanya ditentukan, pemerintah akan memilih logo dari tiga finalis yang telah dipilih dari 10 finalis yang ikut dalam sayembara desain jenama ini. Ketiganya ialah karya dari Visious Studio, OU Creative dan FEAT.

Pemerintah akan memilih langsung pemenang dari sayembara logo KCJB. Masyarakat dapat melihat logo beserta penjelasannya melalui laman resmi KCIC di kcic.co.id/jenamakeretaapicepat.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja