Tangkapan layar video iklan McDonald's Jepang yang memperlihatkan satu keluarga kecil yang menikmati waktu dengan menyantap produk McD (Foto: X/@McDonaldsJapan).

Iklan McDonald's Jepang Lucu Ini Tuai Respons Menggemaskan

Kreasi 22 Sep 2023

Iklan terbaru McDonald's Jepang memperlihatkan ilustrasi keluarga bahagia yaitu dengan pasangan suami-istri dan anak yang sedang menikmati makanan dari McDonald's ini menuai respons lucu hingga kontroversial.

Video yang diunggah pada akun resmi McDonald Jepang (@McDonaldsJapan) pada tanggal 20 September 2023 yang berdurasi 21 detik ini menampilkan momen saatu keluarga kecil yang terlihat sedang menikmati keseharian mereka.

Sang ibu terlihat menyuapi anaknya dengan kentang goreng McDonald's (McD) dan anak kecil tersebut terlihat bahagia sambil menikmati minuman dengan logo khas McDonald's.

Captain Tsubasa: Ace Umumkan Close Beta Test, Selesai 5 Oktober
Franchise jaman dulu Captain Tsubasa kini dapat gamenya loh dan sekarang sedang close beta test!

Sang ayah pun ikut menikmati juga sambil memperhatikan anak dan istrinya.

Lalu pada akhir video ditunjukkan iklan  produk yang dimaksud yaitu ポテナゲ atau Potenage yang terdiri dari McFly Fries dan Chicken McNuggets, alias kentang goreng dan nugget McD.

Produk tersebut ditawarkan mulai dari jam 5 sore waktu Jepang untuk pelayanan langsung di gerai atau secara delivery dengan kurir internal McDonald's atau layanan pihak ketiga seperti Uber Eats.

Pizza Hut Berkolaborasi dengan Genshin Impact, Sajikan Pengalaman Unik di Indonesia!
Jadi pengen merchandisenya gak sih?

Ada juga reply lanjutan yang menampilkan promosi produk dengan menampilkan model bergaya seperti vampir dan promosi harga yang mendapatkan diskon 260 hingga 530 Yen.

Awalnya mungkin iklan ini bukanlah iklan yang "luar biasa", yaitu dalam artian memperlihatkan sesuatu yang memilki wow factor.

Culture Shock dengan Iklan Wholesome?

Namun, sepertinya beberapa respons netizen luar negeri membuat iklan ini banyak dibicarakan di platform X atau yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Jika ditelusuri balasan yang terdapat pada status tersebut. ada yang menampilkan gambar mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe dengan guyonan yang mereferensikan ajakan beliau untuk warga Jepang supaya memiliki anak.

Balasan lain membahas tentang kemiripan karakter yang ada di iklan tersebut dengan karakter anime atau manga yang mereka temukan.

Lagi, MAPPA Dipercaya Kerjakan Iklan Pocari Sweat Bintang SMA 2020
MAPPA juga merupakan studio yang menggarap Yuri on Ice

Bagusnya, sebagian besar balasan yang dapat ditemukan saat ini memperlihatkan respons positif dari para netizen. Banyak yang beranggapan bahwa iklan ini memberi kehangatan, lucu, menggemaskan, dan memperlihatkan keluarga kecil yang ideal.

Bahkan, ada yang menginginkan bahwa iklan seperti ini mulai ada di Amerika Serikat.

Tidak kalah juga respons dari netizen Jepang yang pada umumnya menyampaikan hal yang sama, yaitu merespons positif iklan ini.

Ada juga yang merespons bahwa tidak semua keluarga bisa mendapatkan kehangatan seperti ini. Kadang, orang-orang di Jepang hanya dapat menikmati makanannya sendirian saja.

Beda Cara Beriklan di Setiap Negara atau Benua

Memang perlu diketahui bahwa iklan suatu produk itu seringkali berbeda format karena perlu menyesuaikan dengan negara atau masyarakat yang mereka tuju. Misalkan, iklan di Asia saat ini lebih banyak menggunakan gaya animasi Jepang, sementara iklan Barat lebih mengarah ke sesuatu yang bombastis atau sesuatu yang simple.

Kisah Cinta Sawako dan Kazehaya Berlanjut: Kimi ni Todoke Siap Menghadirkan Musim Ketiga!
Akhirnya kapal Sawako Kazehaya kembali berlayar ~

Hal ini bisa dilihat di Indonesia yang saat ini semakin banyak iklan yang menggaet beberapa studio hingga animasi untuk beriklan, seperti Pocari Sweat.

Suatu Cara untuk Menciptakan Citra Positif untuk Memiliki Anak di Jepang?

Kemudian, iklan ini juga bisa dikatakan sebagai cara untuk mendorong masyarakat Jepang melihat suatu keluarga sebagai hal yang positif, bukan beban.

Hal ini tentunya merespons turunnya populasi muda Jepang yang saat ini lebih memilih tidak menikah atau tidak memiliki anak.

Berdasarkan data yang dilansir dari CNN, Jepang memiliki prediksi angka kelahiran kurang dari 800 ribu kelahiran di tahun 2022 semenjak pertama kali dicatat dari tahun 1899.

[Fokus] Kenapa Judul Anime Kini Semakin Panjang?
Judul anime udah kayak novel aja sekarang kayak judul Kimi no koto ga Dai Dai Dai Dai Daisuki na 100-nin no Kanojo. Kenapa makin panjang aja ya judul anime sekarang?

Perdana menteri Jepang saat ini, Fumio Kishida, mengatakan bahwa isu demografis ini merupakan masalah serius dan harus segera diatasi.

Ditambah juga dengan masalah pertumbuhan ekonomi yang relatif stagnan, semakin sedikit masyarakat di usia produktif dan semakin banyak yang memasuki masa pensiun, hal ini akan menyulitkan pertumbuhan negara macan Asia tersebut pada masa mendatang.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast