Aplikasi chatbot Sendbird, yang kini menggunakan integrasi Large Language Model (LLM) open source dari Meta (Foto: Sendbird)

Sendbird Luncurkan Integrasi Chatbot Mereka dengan LLM Terbuka Milik Meta

Teknologi 24 Okt 2023

Sendbird, platform API komunikasi terdepan untuk aplikasi web dan seluler, menghadirkan terobosan integrasi Llama 2 - algoritma Large Language Model (LLM) sumber terbuka Meta - ke dalam platform komunikasinya. Langkah ini memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan AI generatif tanpa mengorbankan privasi data, menghindari pengiriman data ke server pihak ketiga.

Dengan dukungan Llama 2 yang ditambahkan pada integrasi ChatGPT dan PaLM-2 yang sudah ada, Sendbird memungkinkan pelanggan untuk mengadopsi chatbot AI generatif yang dapat disesuaikan sesuai strategi dan preferensi keamanan merek mereka.

Integrasi Llama 2 sebagai sumber terbuka memberikan tingkat transparansi, kendali, dan fleksibilitas yang belum pernah ada sebelumnya, memberikan pengalaman komunikasi pelanggan yang lebih baik.

Jakarta Fashion Week 2024 Resmi Dibuka: Bawakan Tokoh dari Berbagai Generasi
Indonesia juga gak kalah modis loh, yuk kunjungi acara Jakarta Fashion Week 2024 di PIM 3!

Kendali Penuh atas Privasi Data

Ilustrasi LLM Llama 2 milik Meta, perusahaan induk platform media sosial Facebook.

John S. Kim, CEO dan Co-founder Sendbird, menjelaskan, "Integrasi LLM open source ke dalam platform Sendbird adalah langkah penting dalam mengubah elemen privasi komunikasi merek. Dengan menyelenggarakan Llama 2 dalam infrastruktur kami, perusahaan dapat mengendalikan data percakapan mereka di server Sendbird, mengamankan data dengan lebih baik, dan mengurangi risiko akses yang tidak sah atau kebocoran data."

LLM open-source, yang diwakili oleh Llama 2 oleh Meta, adalah terobosan inovatif dalam teknologi komunikasi. Algoritma model bahasa AI ini telah dilatih dengan miliaran kata dan dapat diakses secara gratis oleh perusahaan.

LLM open-source memberikan perusahaan kendali penuh atas arsitektur, metodologi pelatihan, dan penggunaan model tersebut, memungkinkan perusahaan menentukan cara penggunaan model yang mendukung kepercayaan, audit, serta kepatuhan terhadap kode etik dan hukum.

Sendbird terus berusaha mendukung perusahaan yang ingin meningkatkan manajemen data mereka melalui teknologi LLM yang menjaga privasi, tata kelola, dan keamanan data.

Teknologi LLM open source akan menjadi aset penting dalam perkembangan chatbot mereka, memungkinkan perusahaan untuk memberikan pengalaman komunikasi yang lebih aman dan terpercaya kepada pelanggan mereka.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast