Rupa fisik ponsel flagship Samsung Galaxy S23 Ultra yang telah dirilis oleh Samsung pada tahun 2023 ini (Foto: wilmotscripts.com)

Skor Samsung Galaxy S24 Ultra Muncul di Geekbench, Sudah Mulai Pakai Snapdragon

Teknologi 12 Okt 2023

Samsung diprediksi akan meluncurkan seri Galaxy S24 pada bulan Januari mendatang, dan hari ini (12/10), varian Ultra untuk pasar Amerika Serikat muncul di Geekbench. Perangkat SM-S928U terdaftar dengan Snapdragon 8 Gen 3 (kode nama pineapple), yang memiliki konfigurasi CPU 1+3+2+2.

Konfigurasi CPU Snapdragon 8 Gen 3

  • Inti utama berjalan pada 3,30 GHz, sedikit lebih rendah dari flagship Snapdragon generasi sebelumnya.
  • Kluster kedua memiliki tiga inti berjalan pada 3,15 GHz.
  • Kluster ketiga memiliki dua unit berjalan pada 2,96 GHz.
  • Dua inti sisanya berjalan pada 2,27 GHz.

Ponsel yang diuji memiliki RAM 8 GB yang cukup standar. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 14, kemungkinan dengan One UI 6.1 di atasnya.

Siap Saingi SD Card, Yuk Kenalan dengan Nano Memory Huawei (NM)
Saat ini sudah ada yang jual di online shop, seperti Tokopedia atau Blibli. Tetapi masih eksklusif untuk perangkat Huawei yang mendukung. Bagaimana nasib teknologi ini kedepannya ya? Apakah benar-benar bisa menjadi killernya SD card?

Skor Benchmark yang Mengesankan

Hasil benchmark yang diungkapkan menunjukkan skor 2.234 untuk satu inti dan 6.807 untuk beberapa unit. Dapat kita lihat bahwa peningkatan dari Galaxy S23 Ultra dengan Snapdragon 8 Gen 2 sangat signifikan, yaitu sekitar 15% dan 35% masing-masing.

Namun, yang lebih penting dari daftar Geekbench ini adalah konfirmasi bahwa Samsung sekali lagi berencana untuk mendiversifikasi chipset. Platform Exynos 2400 akan menggerakkan beberapa flaggsip Galaxy S24, tetapi bisa terbatas pada model S24 dan S24+, sementara varian Ultra akan sepenuhnya mengandalkan Snapdragon 8 Gen 3.

Rumor Mengenai Spesifikasi dan Peluncuran Seri Samsung Galaxy S24

Ponsel Galaxy S biasanya debut dalam tiga bulan pertama tahun baru, dengan Samsung cenderung melakukan pengumuman pada bulan Februari untuk memperkenalkan flagship terbarunya.

Dengan itu dalam pikiran, bisa diharapkan Galaxy S24 Ultra akan debut bersama dengan seluruh lineup S24 pada bulan Februari 2024.

Konsep Restoran Bertema Honkai: Star Rail Meluncur di Jakarta!
Wajib incer merchnya sih, jangan kasih kendor xixi

Setelah perilisan perubahan sensor kamera yang menggunakan 200 megapiksel di Samsung S23 Ultra, rumor dari SamLover menyatakan bahwa perusahaan raksasa dari Korea Selatan itu akan melakukan beberapa perbaikan pada sensor tersebut.

Hal ini bisa berarti apa saja, mulai dari aperture yang lebih lebar untuk memungkinkan lebih banyak cahaya masuk hingga perbaikan dalam reproduksi warna.

Situs tersebut kemudian mengklaim bahwa ukuran sensor akan diperbesar menjadi 1 inci, ukuran yang sama dengan Xiaomi 13 Ultra dan lebih besar dari yang dirumorkan untuk iPhone 15 Pro Max.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast