Ilustrasi bermain gim di perangkat komputer, lengkap dengan gear tambahan seperti headset, keyboard, mouse, dan tentunya casing PC RGB (Foto: Image by DCStudio on Freepik)

5 Software Gratis Terbaik untuk PC Gaming, Wajib Kamu Punya!

Teknologi 24 Nov 2023

Meskipun dirakit dan didesain khusus untuk bermain gim, PC gaming memerlukan software atau perangkat lunak tambahan untuk memastikan permainan yang mulus dan maksimal. 

Setidaknya, kamu memerlukan software untuk menjaga performa komputer saat permainan berlangsung. Tidak hanya itu, aplikasi chat untuk berkomunikasi dengan gamer lainnya juga penting untuk diinstal. Berikut lima software gratis untuk PC gaming yang harus kamu punya. 

1. Driver Kartu Grafis (Gak Perlu Ditanya)

Driver kartu grafis umumnya ada dua, yakni NVIDIA GeForce dan AMD Adrenaline. Pilihan terbaik tergantung pada jenis kartu grafis yang kamu pakai di PC milikmu.

Jika kamu menggunakan kartu grafis NVIDIA, maka harus memasang NVIDIA GeForce. Sedangkan PC gaming AMD menggunakan AMD Adrenaline. Memasang driver tersebut penting untuk menjaga performa gaming yang bebas distribusi.

TECNO PHANTOM V Flip 5G: Harga Spesial dan Promo Early Bird Mulai 28 November!
TECNO PHANTOM V Flip 5G hadir dengan harga spesial Rp7,999,000 hingga 31 Desember 2023! Jelajahi kecanggihan RAM 8+8GB & ROM 256GB. Segera dapatkan di Erafone, Eraspace.com, dan platform e-commerce resmi TECNO. Upgrade pengalaman Anda! 📱✨ #TECNO #PHANTOMVFlip5G #Promo

2. MSI Afterburner

MSI Afterburner adalah aplikasi yang bisa membantumu memantau kecepatan GPU, temperature, dan kecepatan kipas selama permainan berlangsung. Kamu bisa memonitor perubahan performa berdasarkan pengaturan grafis yang digunakan.

Selain itu, kamu bisa penyesuaian aliran udara pada casing. MSI Afterburner juga bisa digunakan untuk menyesuaikan daya dan GPU untuk meningkatkan efisiensi komputer.

3. Discord

Discord adalah aplikasi komunikasi yang banyak digunakan oleh gamers dari segala level. Kelebihan Discord yakni pengguna dapat membuat dan mengikuti berbagai ruang berdasarkan komunitas tertentu.

Tim Esports POCO Star Tembus Grand Final FFWS 2023
Keren banget! Tim POCO Star, yaitu tim esports dari POCO, berhasil mencapai babak Grand Final di Free Fire World Series (FFWS) 2023. Mereka akan bertanding kembali setelah melewati babak Point Rush pada tanggal 24-25 November 2023 ini.

Kamu bisa bergabung dengan grup pemain PUBG, Genshin Impacts, Mobile Legends, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi turnamen melalui komunitas tersebut.

Discord juga memiliki fitur dasar untuk berkomunikasi seperti panggilan suara dan video. Kamu bisa mengirim konten video, foto, dan file lainnya kepada sesama pengguna. 

4. WinDirStat

Sebagai seorang player, kamu tentu ingin mencoba berbagai permainan online. Tapi salah satu masalah terbesar pecinta game adalah ruang rig yang hampir habis atau bahkan tidak cukup untuk mengunduh game baru.

WinDirStat bisa menjadi solusi untuk membersihkan ruang PC. Kamu bisa menggunakannya untuk mencari dan menghapus instalasi lama yang menghabiskan banyak ruang. WinDirStat juga memberikan indikasi visual terkait kondisi penyimpanan PC. 

Musim Ketiga Sound! Euphonium Ungkap Visual dan Seiyuu
Salah satu anime menggemaskan dengan art yang cantik ini akan mendapatkan musim ketiga dengan judul Sound! Euphonium 3. Anime tersebut akan tayang di bulan April 2024 ini.

5. OBS Studio

Jika kamu ingin menjadi streamer, OBS Studio adalah software yang perlu kamu install. Aplikasi ini banyak digunakan pecinta game untuk merekam permainan mereka.

Dengan demikian, kamu bisa merekam permainanmu dan mengunggahnya ke YouTube. 

OBS Studio juga bisa membantumu melakukan live streaming secara mudah.

Kesimpulan

Jika ingin performa PC maksimal, tidak ada salahnya mengunduh dan memasang software gratis di atas. Kamu bisa meningkatkan performa PC, menghapus instalasi lama, bahkan merekam layar untuk dijadikan konten YouTube.

Dengan PC yang optimal, tentunya kamu akan bermain lebih nyaman. Selain itu, komunitas seperti Discord juga bisa membantumu terhubung dan berbagi informasi dengan player pro lainnya.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast