Ilustrasi perangkat gaming, seperti keyboard RGB mechanical dan kontroller (Foto: Image by Freepik)

Berikut 8 Peralatan Gaming yang Kamu Wajib Punya

Gaming 28 Des 2023

Memiliki peralatan gaming yang bagus menjadi salah satu kunci untuk menjadi pemenang. Selain PC peralatan lainnya seperti monitor, keyboard, headset, hingga kursi gaming sangat penting untuk menyajikan kenyamanan saat berkompetisi.

Bagi para pemula, memilih peralatan gaming untuk teman PC mereka merupakan PR yang cukup panjang. Berikut kami rangkum beberapa peralatan gaming untuk PC yang wajib dimiliki gamers, mulai dari monitor, keyboard, hingga perekam video.

Monitor Gaming

Visual adalah aspect penting bagi gamer. Untuk melihat visual game dengan jelas, kuncinya berada pada monitor yang digunakan. Monitor yang berkualitas akan menampilkan visual permainan yang jernih dan mulus.

Monitor resolusi 1440p atau 4K biasanya menjadi rekomendasi bagi gamer tingkat menengah dan profesional. Beberapa rekomendasi monitor untuk PC gaming diantaranya ASUS ROG Swift dan BenQ ZOWIE.

Evolusi Esports Free Fire 2024: Seri Turnamen FFWS Hadir ke Tingkat Regional dan Lokal di Indonesia
Garena, developer sekaligus publisher game terkemuka, siap meluncurkan transformasi signifikan untuk meningkatkan ekosistem esports Free Fire pada tahun mendatang. Inisiatif ini mencakup perluasan merek Free Fire World Series (FFWS) yang akan diterapkan dalam turnamen Free Fire di tingkat regional dan lokal di Indonesia, menjadi bagian integral dari Roadmap Free Fire

Keyboard dan Mouse Gaming 

Selain monitor, gamer profesional biasanya menggunakan keyboard khusus yang didesain untuk bermain video game. Keyboard mekanik dengan suara khas dan backlight banyak menjadi rujukan mereka, salah satunya yakni Logitech G Pro Mechanical Keyboard.

Mouse yang digunakan gamers juga harus memiliki sensor presisi tinggi, contohnya Razer DeathAdder Elite dan Logitech G502 HERO. Mouse elit di kalangan gamers ini juga memiliki desain yang ergonomis dan stylish.

Gamepad atau Controller

Terkadang bertanding berbekal keyboard dan mouse tidak cukup. Beberapa game online lebih nyaman dimainkan menggunakan gamepad atau controller.

Gamepad dan controller umumnya memiliki fungsi yang sama yakni perangkat input yang digunakan untuk mengontrol permainan. Perangkat ini memiliki memiliki sejumlah tombol, joystick, dan kontrol analog untuk berinteraksi dengan permainan.

Beberapa rekomendasi gamepad dan controler diantaranya Xbox Wireless Controller dan Sony DualShock 4. Keduanya memiliki banyak fitur dan kompatibel dengan banyak game PC.

Gim Battle Royal “Stumble Guys” Tambahkan Lintasan Baru, Inspirasi dari Tetris
Salah satu gim yang tersedia di lintas platform ini, yaitu Stumble Guys, mendapatkan update baru, termasuk dengan lintasan baru yang terinspirasi dari Tetris. Selain itu, ada diskon spesial untuk merayakan segeranya debut gim ini di Xbox dan PlayStation.

Headset atau Noise Cancel

Sering kali kita melihat online gamers mengenakan headset saat bertanding. Perangkat ini tentunya sangat penting untuk mendengar narasi game dan berinteraksi dengan pemain lainnya.

Jika kamu mencari headset berkualitas tinggi, HyperX Cloud II mungkin bisa menjadi opsi. Headset ini memiliki kualitas audio yang baik dan noise-canceling yang dapat dilepas. Selain itu, ada juga SteelSeries Arctis Pro dengan kenyamanan luar biasa dan audio yang jernih

Kursi Gaming

Meskipun terdengar sepele, kursi gaming menjadi salah satu prioritas utama bagi pro gamers. Karena akan duduk berjam-jam saat bertanding, kursi gaming harus nyaman dan mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Umumnya, kursi gaming yang bagus memiliki cushion yang nyaman dan sandaran punggung dan leher yang baik. Selain itu, kursi dengan flexibilitas naik-turun dan sandaran belakang yang baik menjadi faktor utama untuk kenyamanan.

Beberapa brand yang popular dengan kursi gaming nyaman yaitu Fantech, Vortex, dan DXRacer. Brand-brand tersebut juga memastikan material kursi berkualitas tinggi dan tahan lama sehingga bisa menjadi investasi jangka panjang.

TECNO SPARK 20 Series Siap Meluncur 3 Januari 2024, Harga Di Bawah 1,8 Juta Rupiah
Seri SPARK terbaru dari TECHNO ini menjanjikan kombinasi gemilang antara performa handal dan fitur maksimal, menjadikannya pilihan terbaik di pasar entry-level.

Screen Recorder 

Tidak sedikit online gamers yang mengunggah konten mereka ke YouTube maupun sosial media lainnya. Gaming YouTuber perlu merekam permainan mereka di layar, jadi screen recorder adalah peralatan essential.

Untuk menghemat budget, menggunakan screen recorder gratis bisa menjadi opsi bagi gaming YouTuber pemula. OBS Studio adalah salah satu rekomendasi yang baik dengan fitur yang kuat untuk merekam layar dan streaming.

Webcam Berkualitas

Selain merekam layar, gaming YouTuber juga perlu merekam wajah mereka saat bertanding. Webcam berkualitas akan mempengaruhi kualitas video rekaman.

Salah satu webcam dengan kualitas video 1080p yang baik yakni Logitech C920 HD Pro. Produk ini juga memiliki pengaturan cahaya yang sangat bagus. Rekomendasi produk lainnya yakni Razer Kiyo yang memiliki built-in ring light untuk pencahayaan tambahan.

Kesimpulan 

Gaming PC yang sempurna harus didukung dengan software gaming dan peralatan yang berkualitas dan nyaman. Peralatan gaming di atas adalah beberapa rekomendasi terbaik yang bisa menunjang performamu saat bermain.

Jangan lupa untuk menyesuaikan budget dengan kualitas harga. Tentunyam kualitas tinggi akan memerlukan budget yang lebih, namun dengan catatan bisa menjadi investasi jangka panjang.

Author Bio

Andre Oentoro is one of the co-founders of Milkwhale, an internationally acknowledged infographic production agency. He helps businesses increase visibility on. 

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast