Ilustrasi akuisisi perusahaan asal Amerika Serikat, Adobe, terhadap Figma (Foto: techeela.com)

Ditekan Eropa dan Inggris, Adobe Batal Akuisisi Figma

Teknologi 19 Des 2023

Menghadapi tekanan yang meningkat dari regulator di Inggris dan Uni Eropa, Adobe dan Figma mengumumkan pada hari Senin (18/12) waktu Eropa bahwa kedua perusahaan secara bersama-sama mengakhiri perjanjian merger dengan nilai akuisisi Figma oleh Adobe senilai 20 milyar USD atau sekitar 309 triliun Rupiah.

Akibat pembatalan ini, perusahaan asal Amerika Serikat yaitu Adobe harus membayar denda kepada Figma sebesar 1 milyar USD atau sekitar 15 triliun Rupiah dalam bentuk uang tunai.

"Adobe dan Figma sangat tidak setuju dengan temuan regulator baru-baru ini, tetapi kami percaya bahwa ini dalam kepentingan terbaik kami masing-masing untuk melangkah maju secara independen," ungkap Chair dan CEO Adobe, Shantanu Narayen, dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari The Verge.

"Meskipun Adobe dan Figma memiliki visi untuk secara bersama-sama mendefinisikan ulang masa depan kreativitas dan produktivitas, kami terus berada dalam posisi yang baik untuk memanfaatkan peluang pasar besar kami dan misi untuk mengubah dunia melalui pengalaman digital yang personal."

Kartu Game Pokémon Resmi Tersedia di Semua Cabang Kidz Station
Ingin koleksi kartu Pokémon? Sekarang kamu bisa membeli kartu tersebut secara resmi di Kidz Station seluruh Indonesia loh! Selain kartu biasa, ada juga seri booster pack baru dengan judul “Pertemuan Paradoks”

Batal Karena Dugaan Monopoli oleh Adobe

Regulator mencatat hampir monopoli Adobe di pasar perangkat lunak desain saat mereka menentang kesepakatan tersebut.

Dengan membeli Figma, platform desain produk yang sedang berkembang pesat dan kini lebih populer daripada aplikasi saingan Adobe, XD, regulator khawatir Adobe akan merugikan inovasi yang bisa terjadi jika Figma diizinkan berkembang secara independen.

Desainer juga telah menyuarakan kekhawatiran serupa sejak pengumuman merger pada September 2022, tetapi Adobe menolak klaim tersebut sepanjang penyelidikan yang sedang berlangsung.

TikTok Shop Kembali? Bytedance Suntik Dana Setara 75% Saham Tokopedia Senilai Rp23,53 Triliun
Resmi! TikTok kucur Rp23,53 trilliun demi buka akses e-commerce Indonesia melalui pembelian saham mayoritas sebesar 75% di GoTo. Seperti apa masa depan e-commerce Indonesia setelah kemitraan ini terlaksana?

Dalam surat tertanggal 14 Desember, Adobe menolak solusi yang diusulkan oleh Otoritas Persaingan dan Pasar (CMA) Inggris untuk menyetujui merger setelah penyelidikan antitrust mendalam.

Otoritas ingin Adobe melakukan pelepasan aset, kode sumber, dan insinyur yang signifikan untuk "mengembalikan kondisi persaingan." Semua pihak diharapkan membahas keputusan sementara CMA untuk memblokir kesepakatan pada 21 Desember, dengan batas waktu akhir untuk menyetujui atau memblokir akuisisi pada 25 Februari.

Kesepakatan ini juga sedang diselidiki oleh Komisi Eropa, dan Bloomberg melaporkan pada Februari 2023 bahwa Departemen Kehakiman AS sedang menyiapkan penyelidikan serupa. Setelah pengumuman Adobe, Komisi Eropa juga telah menghentikan penyelidikan antitrust terhadap merger tersebut.

Dengan semua tekanan yang meningkat, Adobe memiliki sedikit ruang gerak untuk mendorong kesepakatan ini maju dan tetap mendapatkan semua aset Figma yang diharapkan — atau dalam kasus pengorbanan aplikasinya sendiri dalam pelayanan anti-monopoli, tetap.

"Bukan hasil yang kami harapkan," kata CEO Figma, Dylan Field, dalam sebuah pernyataan.
"Tetapi meskipun ribuan jam dihabiskan dengan regulator di seluruh dunia merinci perbedaan antara bisnis kami, produk kami, dan pasar yang kami layani, kami tidak lagi melihat jalan menuju persetujuan regulasi untuk kesepakatan ini."

Setidaknya, para desainer grafis bisa merasa lega karena salah satu perangkat lunak yang mereka gunakan tidak memasuki ekosistem Adobe yang memiki reputasi "kapitalis rakus" akibat harga tinggi dan model pembayaran subscription.

[#MedForiansJournalism] Tutorial Cara Menjalankan MacOS di PC Tanpa Hackintosh
Pada edisi rubrik kali ini, kami akan membagian cara mencicip “MacOS” tanpa perlu sideload atau menggunakan cara hackintosh. Seperti apa caranya? Yuk dibaca artikelnya~

Figma, Software Dambaan Desainer Grafis

Figma juga digunakan oleh para web developer dan bidang kerja lain yang memerlukan semacam aset desain atau mockup, mulai dari sistem, flyer, poster, dan lain sebagainya.

Dengan biaya gratis dan fungsionalitas yang bagus, Figma pun menjadi salah satu opsi utama yang dicari oleh para aktor industri kreatif. Terdapat juga paket berbayar yang meningkatan fitur, terutama dalam segi kolaborasi.

Kolaborasi merupakan salah satu fitur unggulan Figma, yang memungkinkan beberapa pengguna dapat melihat satu file atau canvas secara bersamaan. Hal ini membuat para pengguna bisa berkolaborasi, memberikan saran, dan melakukan eksekusi ide langsung. Fitur pendukung lainnya juga ada, seperti fitur komentar dan fitur-fitur lainnya.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast