Foto bersama di acara FSIA ada hari Kamis, 7 Desember 2023 (Foto: Accelerice Indonesia)

Gelar FSIA Kembali, Accelerice Indonesia Ajak Startup F&B Ciptakan Masa Depan Pangan Yang Lebih Baik

Teknologi 8 Des 2023

Jakarta, 7 Desember 2023 – Accelerice Indonesia, sebagai pusat inovasi dan pengetahuan pangan pertama di Indonesia, kembali menggelar program akselerasi Food Startup Indonesia Accelerator (FSIA) bekerjasama dengan Harapura Impact pada tanggal 22 November - 7 Desember 2023.

Selain bertujuan untuk meningkatkan skala bisnis pelaku industri makanan dan minuman, dalam penyelenggaraan kali ini FSIA mengusung tema "Fast Forward to Future Food".

Dengan tema yang diangkat kali ini, bertujuan untuk mengajak para food startup untuk bersama membangun masa depan pangan yang mudah diakses serta tingkat kesehatan dan nutrisi yang merata untuk semua laosan masyarakat.

Terra Drone Indonesia Berpartisipasi di FIT ISI 2023: Memperkenalkan Teknologi Drone VTOL dan LiDAR Pemetaan
Terra Drone Indonesia ikut berpartisipasi dalam Forum Ilmiah Tahunan Ikatan Surveyor Indonesia (FIT ISI) 2023

Bersamaan dengan meningkatnya kesadaran terhadap sustainability karena desakan isu-isu global dan tantangan dalam sektor ketahanan pangan, Accelerice meyakini bahwa aspek penting yang perlu diprioritaskan adalah pasokan makanan dan minuman.

Maka dari itu, semua pihak perlu segera melakukan transformasi dan inovasi guna memperkuat serta menjadikan pasokan pangan dan minuman Indonesia menjadi semakin kuat dan berkelanjutan.

Mengacu pada Food and Agriculture Organization (FAO), melanjutkan tindakan seperti biasa (business as usual) tak lagi menjadi opsi untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduk global di masa yang akan datang.

Charlotte Kowara, Chief Empowerment Officer Accelerice Indonesia di acara FSIA 2023
“Lewat tema Fast Forward to Future Food, kami berfokus kepada tiga pilar, yakni teknologi, ESG, dan bisnis yang telah dikemas dalam program FSIA ini.
Kami berharap dengan masterclass, workshop dan mentorship yang diberikan kepada para startup, dapat mempersiapkan mereka untuk menghadapi key challenges yang sedang dihadapi demi bisnis yang berkelanjutan di masa depan dan memperkuat pasokan pangan dalam ekosistem,” jelas Charlotte Kowara, Chief Empowerment Officer dari Accelerice Indonesia.

Bangun Ekosistem dengan Gandeng Startup

Dari 130 startup yang berfokus pada food sustainability yang telah mendaftar, ada 9 startup terpilih yang mengikuti FSIA 2023.

Dalam menyeleksi 9 startup ini, FSIA tak hanya berfokus pada produk akhir, karena Accelerice Indonesia memiliki misi untuk membangun ekosistem rantai pasok pangan dari hulu ke hilir dengan menerapkan konsep ekonomi sirkular, mulai dari budidaya, produksi, pengemasan, distribusi, hingga manajemen limbah.

Ado akan Sapa Penggemar Indonesia dengan Konser Spektakuler pada Februari 2024!
Dompet kalian masih aman kah? Harga 1 koma hingga 2 juta Rupiah! Catat tanggalnya, 27 Februari 2024 Ado konser di The Kasablanka Hall, Lantai 3 Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Sembilan startup terpilih tersebut adalah Duitin (kategori: Waste management), Ijo (kategori: Bioplastic, Logice (kategori: Logistic), Smooly Juice (kategori: Food services), Ramuraga (kategori: Retail food packaged), Luceria Gelato (kategori: Food manufacturing and distribution), OmouKit (kategori: Cultivation and farming), Mosfis Indonesia (kategori: Cultivation and farming), dan Fruyee (kategori: Food manufacturing and distribution).

Didukung Oleh Perusahaan Ternama di Indonesia

Pada program FSIA ini, Accelerice berkolaborasi dengan harapura impact yang merupakan firma konsultasi berbasis dampak yang berfokus pada layanan pengukuran dan pengelolaan dampak lingkungan dan sosial.

Selain itu, ada dua perusahaan FMCG terbesar di Indonesia yang turut mendukung FSIA 2023, yakni Indofood yang diwakili oleh Stefanus Indrayana dan juga Tania Ariningtyas dari Mayora Group. Dimana kedua perwakilan perusahaan tersebut turut mengisi sesi Public Panel Talk mengenai Strategies for Growth: Enhancing Sustainability through Strategic Decision Making Journeys.

Pemaparan oleh Pak Stefanus Indrayana selaku General Manager Corporate Communication dari PT Indofood Sukses Makmur
“Indofood berkomitmen untuk mendukung program FSIA karena sejalan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan Indofood selama ini dalam mendorong pengembangan food startup yang berdampak positif.
Dimana dampaknya tidak hanya untuk menciptakan nilai ekonomi namun juga dapat memperkuat sektor food system di Indonesia.
Dengan jumlah penduduk dunia maupun Indonesia yang diprediksi terus bertambah, kami berharap para startup di program FSIA dapat turut mendukung ketahanan pangan di Indonesia, baik dari sisi inovasi teknologi, rantai nilai, lingkungan hidup, maupun inklusi sosial ekonomi,” ungkap Stefanus Indrayana, General Manager Corporate Communications, PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

Berbagi Visi dan Misi Untuk Bangun Inovasi

Sejalan dengan visi dan misi Accelerice, Mayora turut mendukung pertumbuhan dan inovasi food startup terutama sustainability food startup  agar dapat berkembang dan bersaing di pangsa pasar pangan Indonesia.

Catat Tanggalnya, Festival Kenangan Tevyat Genshin Impact Hadir di Desember 2023!
Akhir tahun penuh dengan keseruan! miHoYo akan gelar acara lagi nih dengan tema Festival Kenangan Tevyat di Gading Festival Sedayu City, Jakarta Timur Acara tersebut hanya berlangsung 12 hari loh, dari tanggal 13 hingga 22 Desember 2023.
“Mayora mendukung sustainability mindset and practice di Indonesia. Kami melihat bahwa food startup yang bergabung pada program FSIA 2023 ini banyak yang mengusung sirkular ekonomi, dimana hal ini sejalan dengan program yang juga dicanangkan oleh Mayora.
Pemaparan kedua Dilakukan oleh Ibu Tania Ariningtyas selaku Sustainability Manager PT Mayora Indah
Pada program FSIA ini, kami memperkenalkan food grade recycle material kepada para peserta dan membantu mereka agar bisa bersinergi dengan network Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN),” jelas Tania Ariningtyas, Sustainability Manager PT Mayora Indah Tbk.

Puncak acara FSIA 2023 diisi dengan kegiatan Public Panel Talk dan Startups Presentation, dimana 9 startup peserta akan mendapat kesempatan untuk memperkenalkan produk dan jasa mereka kepada para investor yang diundang hadir, juga kepada para tamu undangan dari pelaku usaha bisnis skala besar yang berfokus pada industri FMCG, makanan dan minuman.

Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, termasuk food startup untuk mencari pendanaan dan menjalin kerjasama, serta untuk networking.

Program FSIA sudah berjalan sejak 2020 dan telah mengakselerasi 75  food startup di Indonesia. Dengan pelaksanaan FSIA yang keenam ini, Accelerice Indonesia telah mendukung perkembangan 9 sustainable food startup yang telah mengikuti program akselerasi bisnis makanan dan minuman.

Beberapa startup yang merupakan alumni dari program FSIA di antaranya adalah Kultiva Co, Haveltea, Vilo Gelato, MangGang, Sorghum Foods, Bakmi Sundoro, dan Ppuff!

Tag

Kevan Revanda H

Manusia biasa yang kadang gatel pengen nulis