Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Perekonomian Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, ibu Dewa Ayu Laksmi, memberikan hadiah kepada juara digital kompetisi PUJAAN, ibu Rismawati Hanifah. Selasa, 16/01 (Foto: Bukalapak).

Bukalapak Adakan Program PUJAAN, Keterlibatan Perempuan di UMKM

Umum 19 Jan 2024

Bukalapak, sebagai platform e-commerce terkemuka di Indonesia, kembali menggelar program unggulan mereka, yaitu Kompetisi Modal PUJAAN pada hari Selasa (16/01).

Kompetisi ini terbuka bagi para Pelapak dan Mitra Bukalapak sebagai wujud dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya dalam pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perempuan yang beralih ke ranah digital.

Program Kompetisi Modal PUJAAN tahun ini difokuskan pada eskalasi keterampilan bisnis dan digital.

Didukung oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), kompetisi ini menawarkan hadiah modal usaha senilai puluhan juta Rupiah bagi para pemenangnya.

Jasa Service Komputer di Kantor agar Performa Karyawan Maksimal
Jika Anda mengalami kendala pada komputer kantor, jangan panik! Jasa service komputer di kantor hadir sebagai solusi andal untuk menangani masalah tersebut.

Potensi Besar Pemberdayaan UMKM Perempuan

Menteri Komunikasi dan Informasi, Bapak Budi Arie Setiadi, pada saat memberikan hadiah kepada juara pertama kompetisi PUJAAN, ibu Siti Asiyah. Selasa, 16/01.

Pemberdayaan UMKM perempuan dianggap memiliki potensi besar dalam pemulihan ekonomi Indonesia. Menurut survei Bank Indonesia tahun 2022, sekitar 64,5 persen dari sekitar 65,5 juta UMKM di Indonesia dimiliki dan dikelola oleh perempuan.

Pemberdayaan ini tidak hanya dapat meningkatkan kapasitas perekonomian, tetapi juga memberikan kontribusi pada pengurangan kemiskinan, peningkatan ketahanan pangan, dan kesejahteraan masyarakat.

Grand Final Asia Pacific Predator League 2024 Sukses Digelar di Filipina
Acara pertandingan esports Predator League 2024 sukses digelar di Manila, Filipina, pada tanggal 13-14 Januari 2024 lalu. Salah satu perwakilan dari Indonesia, BOOM Esports, berhasil mencapai babak semifinal untuk bermain Valorant.
"Sebagai tech-company dengan misi kuat mendukung UMKM, termasuk UMKM perempuan, PUJAAN menjadi komitmen kami dalam memberikan dukungan dan kemudahan pada UMKM perempuan.
Kolaborasi dengan PANDI dan APJII sebagai mediator akan membantu peningkatan UMKM perempuan ke dalam ekosistem digital,"

ujar Victor Lesmana, CEO BukaFinancial & Commerce Bukalapak.

Penerimaan hadiah berupa modal dan gadget pendukung usaha kepada seluruh pemenang Kompetisi PUJAAN dalam acara awarding kompetisi PUJAAN di HQ Bukalapak. Selasa, 16/01.

Kompetisi Modal PUJAAN tidak hanya memberikan kesempatan bagi UMKM perempuan untuk mendapatkan akses permodalan.

Sebelum mengirimkan proposal bisnis dalam bentuk video, peserta mendapatkan pelatihan Strategi Digital Branding untuk UMKM, Optimalisasi Media Sosial, dan Pelatihan Pembuatan Video dari PANDI dan Rumahweb Indonesia.

Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai Rp 476,3 triliun selama tahun 2022. Ini menunjukkan bahwa kecakapan digital menjadi kunci penting yang harus dimiliki oleh UMKM di era teknologi saat ini.

Trik SEO: Cara Cepat Menaikan Ranking dan Views YouTube
Algoritma yang berubah-ubah, jadi bingung harus bagaimana untuk menaikkan views di YouTube. Ikuti tips dan trik berikut untuk meningkatkan kemungkinan video kamu ditonton banyak orang!

Apa Manfaat Program PUJAAN Bukalapak?

Salah satu manfaat dari Kompetisi Modal PUJAAN terlihat pada kisah Wenny Fitriyanti, Mitra Bukalapak yang berhasil memperbesar bisnisnya setelah menjadi pemenang tahun lalu.

Sebelumnya, omset Wenny sebesar Rp 6 juta per bulan, namun setelah mendapatkan modal usaha dan pendampingan keterampilan bisnis, omsetnya meningkat menjadi Rp 23 juta per bulan.

Keterangan lebih lanjut mengenai para pemenang dan kegiatan Kompetisi Modal PUJAAN dapat diakses di s.id/kompetisimodalpujaan.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast