Ilustrasi aplikasi layanan platform streaming YouTube dari Google (Photo by Szabo Viktor on Unsplash)

Trik SEO: Cara Cepat Menaikan Ranking dan Views YouTube

Teknologi 17 Jan 2024

Tak hanya rumah bagi video-video menghibur and informatif, YouTube juga menjadi kanal bagi para bisnis untuk memasarkan produk mereka menggunakan video format. 

Dengan jutaan video yang diunggah setiap harinya, persaingan di platform ini semakin ketat. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku bisnis dan konten kreator untuk memahami strategi YouTube SEO guna meningkatkan visibilitas dan peringkat video mereka. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi cara-cara efektif untuk meningkatkan ranking video di YouTube, membantu Anda menonjol di tengah lautan konten yang terus berkembang.

Langkah Paling Dasar: Pilih Kata Kunci yang Sesuai dengan Tema Video

Sama seperti optimalisasi jenis konten yang lainnya, salah satu langkah awal dalam optimasi video di YouTube adalah memilih kata kunci yang tepat. Baik itu video pendek, motion graphics, maupun silent video, semua video harusnya memiliki kata kunci untuk judulnya.

Misalnya, jika Anda memiliki video tutorial tentang cara memasak makanan sehat, kata kunci seperti "resepi makanan sehat," "masak sendiri," atau "hidup sehat" bisa menjadi pilihan yang relevan. 

POCO X6 5G Meluncur dengan Performa Ekstrem Snapdragon 7s Gen 2
POCO X6 5G, yang baru saja diluncurkan di pasar global, menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2. Seri chipset 7 dari Qualcomm ini tergolong dalam kategori high-end, menawarkan performa tinggi dengan berbagai fitur flagship. Untuk memberikan gambaran, Qualcomm memiliki serangkaian chipset Snapdragon, mulai dari Seri 8

Pilih kata kunci yang relevan dengan konten Anda dan memiliki volume pencarian yang tinggi. Anda dapat menggunakan keyword research tools seperti Google Keyword Planner atau YouTube's own search suggest untuk membantu Anda menentukan kata kunci yang sesuai dengan audiens target Anda.

Manfaatkan Kolom Deskripsi dengan Baik!

Kolom deskripsi sering kali menjadi salah satu bagian yang terlewatkan. Padahal, deskripsi video adalah tempat yang baik untuk memasukkan kata kunci utama Anda. 

Buat deskripsi yang informatif dan menarik, sertakan kata kunci di dalamnya dengan cara yang terasa alami. Jangan lupa untuk menyertakan tautan ke situs web atau media sosial Anda untuk meningkatkan interaksi dengan penonton.

Makhluk Visual: Gunakan Thumbnail Video yang Menarik Perhatian

Thumbnail merupakan faktor kunci yang dapat menentukan apakah seseorang akan mengklik video Anda atau tidak. Meskipun pada dasarnya YouTube dengan otomatis memilihkan thumbnail untuk video Anda, Anda dapat membuat thumbnail sendiri yang lebih relevan dan menarik perhatian.

Situs graphic design seperti Canva, Picmonkey, dan Fotor menyediakan template yang siap digunakan, sehingga Anda tetap dapat membuat custom thumbnail tanpa harus memiliki bakat desain. 

Jingle Baru News Indosiar, Dibawakan Grup Orkestra Internasional
Memperingati ulang tahunnya yang ke-29, Indosiar, atau PT Indosiar Visual Mandiri membuat dua jingle atau musik baru yang diaransemen dengan grup orchestra Budapest Scoring, grup orkestra yang membuat soundrack tv show dan film, seperti Squid Games.

Yang terpenting, pastikan thumbnail Anda menarik perhatian, sesuai dengan isi video, dan mampu bersaing dengan thumbnail video lain di hasil pencarian.

Jarang Diketahui: Gunakan Juga Fitur Tags di YouTube

Gunakan tag yang relevan dan sesuai dengan konten video Anda. Tags membantu YouTube memahami isi video dan merangkulnya dengan pencarian yang relevan. 

Jika Anda menargetkan penonton internasional, pertimbangkan untuk menyertakan tag dalam bahasa yang berbeda atau versi terjemahannya. Hal ini dapat membantu video Anda muncul dalam hasil pencarian di berbagai wilayah.

Perhatikan Engagement Kalian!

YouTube mengukur kualitas video berdasarkan interaksi penonton. Semakin banyak penonton yang berinteraksi dengan video Anda, semakin besar peluang algoritma YouTube menaikkan ranking video tersebut. 

Maka dari itu, Anda perlu mendorong penonton untuk memberikan suka, komentar, dan berlangganan dapat meningkatkan peringkat video Anda. Respon atau balasan terhadap setiap komentar juga dapat membantu membangun komunitas.

ASUS Umumkan Travel Router RT-AX57 Go, bisa Dual-Band, 5G, dan VPN
ASUS telah mengumumkan router “portable” RT-AX57 Go dengan fitur VPN bawaan, Dual-Band WiFi 6, hingga mobile hotspot 4G atau 5G. Router ini mampu menangani hngga 70 perangkat dengan kecepatan maks 3000 Mbps.

Optimalkan Durasi dan Retensi Penonton

Durasi video dan tingkat retensi penonton memainkan peran penting dalam peringkat YouTube. Buat konten yang relevan dan menarik untuk mempertahankan perhatian penonton sepanjang video.

Hindari video yang terlalu panjang tanpa poin yang jelas. Jika Anda berfokus membuat video pendek, gunakanlah fitur YouTube Shorts.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast