Kegiatan bertanam pohon untung mengurangi emisi dan meningkatkan penyerapan karbon di atmosfer (Foto: Bukalapak).

Bukalapak, Kingspan, dan Onduline Tanam Ribuan Phon untuk Kurangi Emisi Karbon

Umum 25 Jan 2024

Tiga perusahaan di Indonesia, Kingspan, Onduline, dan Bukalapak, menggandeng tangan dalam sebuah kolaborasi yang memiliki dampak besar terhadap lingkungan pada hari Selasa (23/01).

Melalui acara "Penanaman 1000 Pohon" di Pasuruan, Jawa Timur, mereka berhasil menanam 150 pohon cemara laut dan 850 mangrove, sebagai langkah nyata dalam mengurangi emisi karbon.

Content Creator Asal Indonesia, Bayu Skak Bergabung dalam Creator Network AnyMind Group
AnyMind Group akan mendukung creator dari segi memonitor backend, optimasi channel, dan brand sponsorship di semua platform sosial media.

Planet Passionate Communities: Misi Global untuk Keberlanjutan

Inisiatif ini merupakan bagian dari program "Planet Passionate Communities" milik Kingspan, sebuah program keberlanjutan global yang sejalan dengan tujuan PBB secara global.

Dengan komitmen selama 10 tahun dan fokus pada empat pilar utama: Karbon, Energi, Sirkularitas, dan Air, Kingspan dan Onduline berusaha menjalankan program ini secara nasional melalui berbagai inisiatif lokal.

Penanaman Pohon untuk Konservasi dan Pemulihan Ekosistem Pesisir

Penanaman pohon cemara laut dan mangrove bukan hanya sebuah tindakan konservasi, tetapi juga langkah pemulihan ekosistem pesisir.

Kedua jenis tanaman ini memiliki kemampuan untuk menahan erosi tanah, memperbaiki kualitas air, dan yang tak kalah penting, menyerap karbon dioksida, membantu mengurangi produksi karbon di lingkungan.

Olivier Guilluy, Direktur Onduline Asia Pasifik, menyatakan, "Kami senang dapat berkolaborasi dengan Bukalapak di Penanaman 1000 Pohon ini. Kegiatan ini adalah inisiatif lokal pertama kami, dan kami berharap dapat terus membawa hasil yang berkelanjutan bersama Bukalapak dan kolaborator lokal lainnya di masa mendatang."

Courtina Buka Showroom Terbaru di Indonesia Design District PIK
Brand produk interior kayu, Courtina, telah membuka showroom terbaru di Indonesia Design District di Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Rama Krishnan, Direktur PT Onduline Manufaktur Indonesia, mengungkapkan kebanggaannya atas partisipasi dalam acara ini.

"Kami merasa bangga dan terhormat dapat berpartisipasi dalam acara ini, karena kegiatan ini selaras dengan gerakan Planet Passionate kami, yang selalu mendukung masyarakat dan komunitas di seluruh dunia termasuk di Indonesia dalam mempromosikan praktik berkelanjutan."

Kegiatan Penanaman 1000 Pohon dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, pimpinan Bukalapak, dan perwakilan dari pelanggan Onduline.

Selain penanaman bibit, kegiatan ini juga melibatkan proses Geotagging yang memungkinkan seluruh kolaborator melacak lokasi spesifik dari bibit yang sudah ditanam.

Victor Lesmana, CEO BukaFinancial & Commerce Bukalapak, menyampaikan, "Kolaborasi bersama Kingspan dan Onduline ini merupakan upaya Bukalapak untuk terus menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi sebanyak mungkin masyarakat. Inisiatif ini juga bentuk komitmen kami dalam mendukung pemenuhan Sustainable Development Goals milik PBB."

Tidak hanya menanam pohon, ketiga perusahaan ini juga berkomitmen untuk terus bertanggung jawab atas bibit yang sudah ditanam.

Melalui monitoring pertumbuhan yang dilakukan setiap 2 tahun sekali di platform tanamkebaikan.com, mereka akan menyediakan informasi yang konsisten tentang pertumbuhan pohon-pohon tersebut.

Kolaborasi ini menjadi contoh nyata bahwa perusahaan-perusahaan besar dapat bersatu untuk menciptakan perubahan positif terhadap lingkungan.

Dengan tekad kuat dan komitmen bersama, Kingspan, Onduline, dan Bukalapak membuktikan bahwa keberlanjutan adalah tanggung jawab bersama.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast