Sosok Serani Poji dengan ciri khas art album dan MV yang "unik" (Foto: Istimewa).

Musisi Indie Jepang Serani Poji Menjadi Viral dengan 1 Milyar Pemutaran di TikTok

Pop Kultur 12 Feb 2024

Salah satu musisi indie asal Jepang, Serani Poji, telah menjadi topik hangat yang dibicarakan di seluruh dunia akibat lagu-lagu yang terdapat dalam album kedua mereka "one-room survival".

Album tersebut sebelumnya telah rilis pada 21 November 2022, yang mendapatkan perhatian khusus akibat lagu-lagunya yang mulai dipakai di menjelang akhir tahun 2023, tepatnya di platform TikTok.

Serani Poji sendiri ialah musisi yang didirikan oleh komposer musik video game, Sasaki Tomoko, pada tahun 1999 lalu bersama dua orang lainnya, yaitu produsen musik Fukutomi Yukihiro dan vokalis Yukichi, yang termasuk dalam tim soundtrack gim ROOMANIA#203 yang dirilis pada konsol Dreamcast.

MoooD Records Resmi Diluncurkan oleh Bandai Namco Music Live: Simak Keseluruhan Beritanya Sekarang!
🎶 MoooD Records Resmi Diluncurkan oleh Bandai Namco Music Live! 🚀 Jelajahi keseluruhan berita di mediaformasi.com untuk rincian lengkap! #MoooDRecords #BandaiNamcoMusicLive
Album art "one-room survival"

Soundtrack dari gim tersebut rilis lebih awal daripada gim nya, dan mendapatkan popularitas dari hal tersebut. Faktor tersebut membuat grup musik ini melanjutkan untuk berkarya.

Fukutomi sendiri berperan sebagai produser untuk artis-artis terkenal di Jepang dan telah membuat remix untuk artis luar negeri seperti Jazzanova, London Elektricity, dan The Realm&V.

Viral di TikTok

Pada Oktober 2023, lagu-lagu dari album ini mulai viral di platform-platform video pendek seperti TikTok, YouTube Shorts, dan Instagram, terutama di luar Jepang. 'pipo pipo' dan 'where is smiley?' menjadi terkenal, dengan total pemutaran lebih dari 1 miliar kali dalam waktu kurang dari tiga bulan.

'where is smiley?', dengan ritme cerianya, telah menjadi favorit di berbagai unggahan yang mengekspresikan persahabatan atau cinta, menggunakan berbagai konten mulai dari anime hingga video hewan.

Kamu dapat mendengarkan lagu-lagu mereka pada tautan berikut: musik:https://lnk.to/oneroomsurvival. Informasi perilisan versi fisiknya dapat diakses pada tautan ini: https://www.hmv.co.jp/en/product/detail/14531184

Lagu tersebut berhasil menduduki tangga lagu Billboard TikTok Amerika selama tiga minggu berturut-turut pada Januari 2024. Selain itu, lagu ini juga masuk dalam daftar Viral Top 50 Spotify di berbagai negara seperti Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Arab Saudi, menjadikannya sebagai lagu Jepang yang sangat populer di seluruh dunia.

Ikuti lebih lanjut perkembangan Serani Poji pada akun TikTok dan situs resmi mereka.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast