ROG Strix XG259QN dengan 380 HZ (Foto: Media Formasi/Cakra Ananta)

[Review] ROG Strix XG259QN, Mata Termanja dengan 380 Hz!

Review 22 Apr 2024
Hai, MedForians semuanya!

ASUS ROG Strix XG259QN merupakan monitor gaming yang dikhususkan untuk para gamer, terutama mereka yang menyukai game FPS (first-person shooter), memiliki refresh rate yang tinggi merupakan keunggulan saat bermain game. Hal ini karena monitor memberikan respons yang lebih cepat, sehingga memberikan pengalaman visual yang lebih halus dan responsif bagi pengguna. Mari kita telaah satu-persatu:

  1. Kecepatan Refresh(Refresh Rate):

Salah satu fitur utama dari monitor ini adalah kecepatan refresh rate-nya yang sangat tinggi, mencapai 380 Hz. Bagi para gamer, terutama mereka yang bermain E-sport secara kompetitif, kecepatan refresh yang tinggi memberikan keunggulan yang sangat penting.

Ini menghasilkan respons yang lebih cepat, visual yang lebih lancar, dan pengalaman bermain game yang lebih memuaskan secara keseluruhan. Perbandingannya dengan monitor umumnya yang memiliki refresh rate 144 Hz cukup mencolok.

Output visual dari ROG Strix XG259QN sangat halus, baik saat bermain game maupun melakukan scrolling. Monitor ini mencapai kecepatan refresh rate yang mengesankan ini dengan menggunakan panel IPS dengan waktu respons 0,3 ms.

  1. Dimensi dan Resolusi Layar:

ROG Strix XG259QN dibekali dengan layar berukuran 25 inci serta resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) dengan rasio aspek 16:9. Keputusan untuk menggunakan resolusi FHD ini sengaja diambil karena monitor ini ditujukan untuk para gamer yang bersifat kompetitif.

Ukuran layarnya diatur sedemikian rupa sehingga seimbang, tidak terlalu besar maupun terlalu kecil, untuk memberikan pengalaman bermain game yang optimal.

  1. Isi Kotak:

Monitor ini tersedia dalam kemasan hitam mewah yang dilengkapi dengan logo mata ROG yang bersinar dan dikenal secara ikonik. Di dalam kemasan tersebut, segala komponen disusun dengan rapi dan dilindungi dengan baik. Komponen-komponen yang terdapat di dalamnya termasuk:

  • Monitor (ROG Strix XG259QN)
  • Stand
  • Kabel DisplayPort
  • Kabel HDMI
  • Adaptor daya
  • Kabel daya
  • Quick-release stand
  • Panduan mulai cepat
  • Stiker ROG
  • Kabel USB Tipe-B ke A
  • Kartu garansi
[Review] ROG Azoth, Custom Keyboard Pertama Keluaran ASUS
ASUS akhirnya mengeluarkan custom keyboard pertama miliknya, dan tidak disangka keyboard ini memiliki banyak sekali keunggulan di dalamnya. Kira-kira ada apa ya dengan keyboard ini? Simak review berikut ini yuk!
  1. Panel IPS:

ROG Strix XG259QN menggunakan teknologi panel IPS, memastikan reproduksi warna yang akurat serta respons waktu yang lebih cepat. Gabungan antara kecepatan refresh rate 380 Hz dan panel IPS menjadikannya sebagai pilihan yang sangat optimal untuk penggunaan dalam game yang bersifat kompetitif.

Fitur Apa Aja di Monitor ASUS ROG Strix XG259QN

Monitor ROG Strix XG259QN dilengkapi dengan fitur "in-game enhancement". Terdapat lima opsi yang tersedia. Yang pertama Shadow Boost yang berguna untuk meningkatkan kejelasan pada area yang gelap.

Kedua adalah terdapat fitur HotKey Game Plus yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan pengalaman bermain dengan menambahkan berbagai fitur tambahan seperti crosshair, timer fps counter, display alignment, dan stopwatch.

fitur HotKey Game Plus (Foto: Media Formasi/Cakra Ananta)

Untuk mengakses menu OSD, terdapat empat tombol dan satu joystick yang terletak di bagian kanan belakang monitor. Menurut penulis, posisi keempat tombol tersebut cukup mudah dijangkau.

empat tombol dan satu joystick yang terletak di bagian kanan belakang monitor (Foto: Media Formasi/Cakra Ananta)

Fitur ketiga adalah GameVisual, sebuah teknologi dari ASUS yang menawarkan tujuh preset untuk mengoptimalkan pengalaman visual dan dapat diakses melalui hotkey. Tujuh preset tersebut mencakup Mode Balap, Moba, Sinema RTS RPG, FPS, SRGB, Pemandangan, dan Night Vision.

Fitur keempat adalah Flicker Free Technology, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan monitor dalam waktu yang lama tanpa mengalami kelelahan mata. Fitur ini bertujuan untuk mengurangi flicker pada layar, sehingga dapat mengurangi kelelahan mata.


Fitur kelima adalah Ultra-low Blue Light, yang memiliki tujuan serupa dalam mengurangi kelelahan mata saat pengguna menatap layar monitor untuk waktu yang lama. Fitur ini beroperasi dengan mengurangi jumlah cahaya biru yang dipancarkan oleh layar monitor.

[Review] ROG Harpe Ace Aim Lab Edition dan ROG Hone Ace Aim Lab Edition, Solusi Gaming Terbaik untuk Semua
Penulis diberi kesempatan untuk mencoba salah satu produk high-end gaming dari asus yaitu mouse ROG Harpe Ace Aim Lab Edition dan mousepad ROG Hone Ace Aim Lab Edition, kalian ingin tahu apakah kedua produk tersebut menjadi solusi periferal gaming untuk semua?

Selain fitur yang terdapat di monitor, kita juga melakukan pengetesan dalam permainan game. Kita memilih game kompetitif FPS yaitu Valorant. Sayang nya kita pengetesan hanya mencapai 240 hz karena kita menggunakan laptop ROG Strix G G531 di karenakan untuk mencapai 380hz harus menggukanan kabel Display Port dan sedangkan kita menggunakan HDMI.

Tapi hasil pengetesan tidak mempengaruhi performa dalam permain game valorant dikarenakan kita mendapatkan fps tinggi dan menghasilkan layar mulus dan cepat. Gampar yang di hasilkan ketika sedang menembak terlihat lebih sehingga meningkatkan performa.

Konektivitas

Untuk kalian yang sering menghubungkan berbagai perangkat, monitor ini menyajikan beragam opsi konektivitas. 1x DisplayPort 1.4, 2x HDMI (v2.0), jack earphone, dan 2x USB Hub Type-A (USB 3.2 Gen 1) .Semua port ini bisa kalian temukan di bagian belakang monitor.

Penulis menyatakan bahwa penempatan port di bagian belakang monitor, langsung di depan stand, mungkin sedikit mempersulit pengguna dalam mencabut atau memasang kabel.

Konektivitas pada monitor (Foto: Media Formasi/Cakra Ananta)

Apakah Ramah?

Selain spesifikasi semua monitor yang sangat kelas di atas, monitor ini lumayan sangat ramah.

Monitor ini memiliki bobot 5.9 kg dengan stand sedangkan bobot tanpa stand adalah 2.9 kg dengan dimensi 55.8 x 33.2 .5.9 cm. Data ini kami dapatkan dari salah satu toko online dan spesifikasi resmi dari perusahaan tersebut.

Stand monitor ini memiliki tingkat ergonomi yang baik karena dapat disesuaikan dengan beberapa opsi, termasuk kemampuan untuk berputar (swivel), miring (tilt), berputar (pivot), dan penyesuaian ketinggian (height adjustment). Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menyesuaikan posisi monitor agar sesuai dengan preferensi mereka.

Swivel bisa diputar dalam rentang -25° hingga 5°, sementara Pivot dapat diatur dari 0° hingga 90° searah jarum jam. Tilt memiliki rentang perputaran antara -5° hingga 20°. Untuk penyesuaian ketinggian, dapat diatur dalam kisaran 0 hingga 110 mm.

[Review] ROG Cetra True Wireless, Percobaan Pertama ASUS Bikin TWS Gaming
Kembali lagi penulis bisa melakukan ulasan atau review tentang topik audiophile. Kali ini kami akan mengulas sebuah TWS (True Wireless Stereo) dari ASUS, yakni ROG Cetra True Wireless yang merupakan percobaan pertama ASUS dalam membuat perangkat audio TWS untuk gaming. Kali ini ASUS langsung mencoba perangkat TWS pertamanya untuk gaming

Komsumsi daya yang dipake juga tidak terlalu banyak yaitu sekitaran <14.36W dengan Voltage 100-240V, 50/60Hz. Jadi aman untuk rumahan

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ASUS ROG Strix XG259QN memberikan pengalaman bermain game premium dengan kecepatan refresh yang sangat tinggi dan visual yang halus. Jika Anda merupakan penggemar game FPS, monitor ini patut dipertimbangkan sebagai pilihan yang sangat layak. Tapi sayangya belum ada built-in speaker. Selain itu monitor ini juga pada umumnya di haruskan colok ke Display Port untuk menghasilkan Refresh Rate yang maximal.

Monitor ASUS ROG Strix XG259QN dibandrol dengan harga Rp7.429.000 (harga terbaru di tokopedia)

Kami berikan rating sekitar 9.5/10.

Tag

Cakra Ananta Wangsa

Social Media Admin & Reporter