Konsol genggam terbaru ASUS, ROG Ally X (Foto: Asus)

ASUS Resmi Rilis ROG Ally X, Dibanderol Rp12 Jutaan

Gaming 3 Jun 2024

Setelah sebelumnya bermunculan rumor tentang penyegaran dari seri konsol handheld ASUS, yakni ROG Ally X, akhirnya pada Minggu (2/6) kemarin, pabrikan ini resmi meluncurkan konsol terbaru mereka, mengutip dari GSMArena.

Seperti rumor yang telah beredar, konsol genggam ini dibekali dengan baterai yang lebih besar dari seri ROG Ally reguler, yakni 80Wh dibandingkan dengan 40Wh pada seri regulernya, dengan klaim ASUS konsol terbaru mereka ini sanggup memainkan gim hingga 2 kali lebih lama.

Selain pada sektor baterai, konsol ini juga mendapatkan penyegaran di sektor penyimpanan dan memori, dimana pada ROG Ally X, pengguna dapat menyimpan berbagai gim mereka karena konsol ini hadir dengan ruang penyimpanan yang lebih besar, yakni 1TB.

Sedangkan untuk memorinya, konsol ini dibekali dengan memori LPDDR5 24GB hingga 7500MHz, agar pengguna dapat memainkan gim lebih leluasa tanpa khawatir akan RAM yang terbagi dengan chip konsol ini.

Konsol ROG Ally X ini juga mendapatkan peningkatan di sektor pendinginan, dengan kipas yang lebih ramping, namun tetap dapat mendinginkan konsol hingga 10 persen lebih baik dari pendahulunya.

Slot kartu SDnya pun turut diubah peletakannya, setelah banyaknya kasus malfungsi dari slot ini karena peletakanya yang sedikit unik, yakni di samping lubang pembuangan udara.

Secara dimensi, konsol ini sebenarnya tidak banyak berubah dibanding pendahulunya, dengan banyaknya lekukan dibandingkan garis tajam pada ROG Ally reguler, selain itu, gripnya juga dibuat lebih mendalam agar pengguna dapat memainkan konsol dengan aman dan nyaman.

Pada bagian konektivitas, konsol ROG Ally ini mengganti port USB-C dan XG Mobile khas ASUS dengan port USB ganda, yang salah satunya mendukung Thunderbolt 4 dan USB 3.2 Gen 2 di port yang lain. Berkat berbagai ubahan tersebut, konsol ini sedikit mengalami kenaikan berat, dari 610 gram menjadi 678 gram.

Konsol ROG Ally ini tersedia untuk sistem preorder, namun hanya dengan warna hitam yang dibanderol dengan harga $799 (sekitar Rp12,96 Juta) beserta langganan 3 bulan Xbox Game Pass ketika pengguna membeli konsol tersebut.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.