Salah satu model yang akan diluncurkan oleh pabrikan Changan Auto, Avatr 07 (Foto: Changan / Avatr)

Kolaborasi Changan Auto - Huawei Akan Luncurkan Berbagai Model Terbaru, Apa Saja?

Otomotif 3 Jul 2024

Setelah dirumorkan bekerjasama dengan pabrikan otomotif Chery pada Juni lalu, kali ini giliran pabrikan Tiongkok Changan Automobile yang baru saja mengumumkan deretan kendaraan pintar baru.

Melansir dari Huawei Central, berbagai kendaraan yang nantinya dibekali teknologi dari solusi Huawei ini, termasuk Avita 07, akan diluncurkan pada akhir tahun 2024.

Sama seperti model kendaraan dari pabrikan Chery bulan lalu, kedua perusahaan ini tengah melakukan kerja sama dalam beberapa proyek EV, dengan Huawei menyediakan solusi mobil pintar seperti kokpit HarmonyOS dan sistem ADS, sementara Changan bertanggung jawab atas produksi dan penjualan kendaraan.

Tampilan eksterior dari Avita / Avatr 07 (Foto: Avatr)

Beragam Model yang Diumumkan

Ada beberapa model kendaraan yang akan diluncurkan, salah satunya ialah Avita (Avatr) 07.

Model Avita / Avatr 07 ini akan memiliki desain stylish membulat dengan strip lampu berbentuk C di bagian depan, radar laser, kaca spion elektronik, dan pegangan pintu tersembunyi. Interiornya diperkirakan mirip dengan Avita 12, dengan layar sentuh panjang dan layar pusat besar untuk audio dan video.

Interior dari Avatr 07, menunjukkan desain kokpit yang unik. (Foto : Avatr)

Qiyuan E07

Selain Avita / Avatr 07, Changan Auto juga menyiapkan model SUV unik bernama Qiyuan E07 telah diperkenalkan di Beijing Auto Show 2024 dan saat ini menerima pemesanan awal. Pengiriman diperkirakan akan dimulai pada kuartal keempat tahun ini.

Model truk double cabin unik dari Changan, Qiyuan E07 (Foto: Changan Auto)

Model Qiyuan E07 ini mengadopsi model pikap double cabin dengan siluet atap belakang yang cukup rendah, serta hadirnya perangkat roof rack tebal yang menambah kesan gagah dari double cabin ini.

Qiyuan E07 dibekali dengan berbagai konfigurasi, dengan motor listrik tunggal maupun ganda, yang ditandemkan dengan baterai berteknologi ternary lithium.

Soal performa, model yang masih termasuk kedalam segmen SUV medium-large ini dibekali motor listrik bertenaga 252 kW (sekitar 337 dk) untuk versi motor tunggalnya, serta varian AWD dengan tenaga hingga 440 kW (sekitar 590 dk), yang dapat melaju hingga kecepatan 210 km/jam untuk versi AWDnya.

Deep Blue L07

Tak cukup dengan model SUV, Changan juga menyiapkan model lain untuk menyaingi kesuksesan dari Tesla Model 3 dan BYD Seal.

Diberi nama Deep Blue (Deepal) L07, model sedan dari Changan Auto ini rumornya sedang dalam tahap pengembangan serta telah mendapatkan sertifikasi MIIT.

Sedan medium dari Changan ini akan hadir dalam dua versi, yakni model berpenggerak motor listrik bertenaga 185 kW (sekitar 248 dk) serta model range extender, yang dibekali dengan mesin bensin 1,5 liter bertenaga 72 kW (sekitar 96 dk) ditandemkan dengan motor listrik 160 kW (sekitar 214 dk).

Mesin bensin tersebut murni untuk mengisi baterai ketika benar-benar habis, menjadikan model L07 ini sebagai semi-PHEV.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.