Menu Tutup

Penulis Overlord Kecewa Terhadap Terjemahan Ilegal yang Dilakukan Fans

Hai, MedForians!

Penulis seri novel ringan Overlord, Kugane Maruyama, mengungkapkan kekecewaannya tentang terjemahan seri buatannya oleh fans yang ternyata ada tanpa sepengetahuannya.

Kekecewaan berawal dari sebuah akun Twitter @RainyCloud15 yang menyebut Maruyama melalui sebuah cuitan. Dikutip dari situs MagnAvalon, akun tersebut memberi tautan tentang sebuah translasi kisah selingan yang dilakukan oleh fans dan diunggah di suatu situs.

“Tampaknya sudah diterjemahkan dan diunggah ke situs luar negeri, bukankah lebih baik mengambil tindakan?”

Maruyama merespon dengan rasa tidak percaya akan cuitan tersebut. Tampaknya ia kecewa setelah hasil kerja kerasnya dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Ia memberi kemungkinan jika seri ini berakhir pada jilid ke-17. Maruyama sendiri saat ini tengah mengerjakan edisi ke-16 dan 17.

Berikut adalah terjemahan dari cuitannya.

“Serius? Rasa untuk lanjut menulis semakin hilang. Mungkin saya harus kembali jadi pekerja kantoran setelah seri ini berakhir. Baiklah, mari kita selesaikan jilid ke-17 dengan mengurangi satu episode yang dijadwalkan untuk saat ini!”

Pembajakan berbagai seri anime, manga, novel ringan, hingga permainan video kerap terjadi. Pihak kepolisian Jepang sendiri juga selalu bertindak atas kejadian ini.

Seakan jadi ironi, dimana justru yang bajakan inilah yang meramaikan jagat pop kultur disebabkan lebih terjangkau. Berbagai cara dilakukan agar pembajakan ini dapat berakhir, salah satunya dengan beralih ke situs yang telah mendapat lisensi untuk mempublikasikan anime dan manga secara legal. Namun, situs bajakan seakan masih dapat menguasai pasar, sehingga yang legal pun dapat gulung tikar.

Overlord sendiri merupakan novel ringan karya dari Kugane Maruyama dengan ilustrasi yang dibuat oleh so-bin. Novel ringan ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, dan diedarkan di sejumlah negara secara resmi oleh Yen On/Yen Press.

Seri ini diadaptasi ke dalam sebuah manga oleh Satoshi Ōshio, dan diterbitkan dalam majalah Comp Ace milik Kadokawa Shoten. Manga ini terbit sejak 26 November 2014 lalu. Sebuah adaptasi anime dibuat oleh Madhouse dan menghasilkan 3 musim dengan 13 episode tiap musim.

Dengan kejadian ini sudah semestinya berbagai pihak baik distributor hingga para fans harus melakukan tindakan. Di sisi fans luar negeri yang ingin mengikuti suatu seri, para distributor juga jangan membatasi edaran seri tersebut hanya di Jepang saja.

Di sisi lain, sudah semestinya fans harus berhenti melakukan pembajakan dan beralih kepada distributor resmi. Dengan cara ini, diharapkan pembajakan akan mati dengan sendirinya. Saat ini baru seorang penulis seri Overlord, mungkin ke depannya akan ada kreator lain yang akan bersuara.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×