Menu Tutup

Mulai 5 Oktober, Dua Pemancar TVRI Jateng Beralih ke Siaran Digital!

Hai, MedForians!

Buat MedForians warga Jawa Tengah, ada kabar terbaru dari TVRI Jawa Tengah. Pasalnya, mulai 5 Oktober kemarin, dua pemancar saluran pemersatu bangsa tersebut telah beralih ke siaran digital. Stasiun pemancar tersebut berada di Gunung Tugel dan Gunung Gantungan.

Stasiun pemancar Gunung Tugel meliputi wilayah siaran Kabupaten Purworejo, sedangkan stasiun pemancar Gunung Gantungan meliputi area siaran di daerah Kabupaten Tegal, Pekalongan, Pemalang, dan Brebes bagian utara. Kedua pemancar tersebut akan menayangkan siaran digital TVRI di kanal 28.

Kedua pemancar tersebut dapat ditangkap siarannya dengan menggunakan set top box untuk siaran digital dan/atau televisi digital yang menggunakan standar siaran DVB-T2. Standar DVB-T2 merupakan standar yang umum digunakan oleh berbagai stasiun televisi di seluruh dunia, tak terkecuali TVRI. Standar ini digunakan untuk siaran televisi digital terestial. Artinya, siaran ini dapat ditangkap dengan menggunakan antena aerial dengan bantuan dekoder berupa set top box atau dekoder internal yang berada di dalam pesawat televisi digital.

BACA JUGA :  21 Oktober, Lupinranger Vs Patranger Resmi Tayang di RTV

Kabar ini disampaikan melalui akun media sosial TVRI Jawa Tengah di Facebook dan TVRI Nasional di Twitter.

Cuplikan station ID TVRI Jawa Tengah.
Cuplikan station ID TVRI Jawa Tengah.

TVRI sebagai lembaga penyiaran publik sangat getol untuk mengkampanyekan transisi teknologi penyiaran dari analog ke digital. Mengingat, beberapa negara tetangga dan negara-negara maju telah meninggalkan teknologi analog yang sudah mulai usang dengan teknologi penyiaran digital yang lebih modern. Terakhir, Malaysia telah beralih seluruhnya ke siaran digital per akhir September lalu, menyusul Singapura yang telah beralih sejak awal tahun lalu. Berbagai kelebihan ditawarkan oleh siaran digital, baik itu kualitas audiovisual yang jernih, subtitel dalam berbagai bahasa, hingga dapat melihat jadwal acara.

BACA JUGA :  21 Oktober, Lupinranger Vs Patranger Resmi Tayang di RTV

Akankah langkah ini diikuti oleh stasiun swasta? Yuk berikan tanggapanmu melalui kolom komentar!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×