Microsoft Akan Matikan Aplikasi Cortana Akhir Januari 2020

Teknologi Nov 18, 2019

Kabar kurang menggembirakan datang dari Microsoft. Perusahaan teknologi yang didirikan oleh Bill Gates itu kembali mematikan salah satu layanan aplikasi selulernya, Cortana.

Dilansir dari Telset dan Antara News, Minggu (17/11), Microsoft mengumumkan informasi tersebut melalui postingan di web resminya. Microsoft mengatakan bahwa layanan aplikasi Cortana di ponsel Android dan IOS akan dimatikan oleh Microsoft per 31 Januari 2020 mendatang.

Sebagai gantinya, Microsoft akan mengintegrasikan Cortana ke aplikasi Microsoft 365 bagi pengguna yang memakai layanan tersebut.

“Kami akan mengintegrasikan Cortana ke aplikasi produktifitas Microsoft 365 anda. Sebagai bagian dari evolusi ini, pada tanggal 31 Januari 2020, kami mengakhiri dukungan untuk aplikasi Cortana di Android dan iOS di pasar anda,” tulis Microsoft

Sementara itu, konten yang Cortana buat seperti pengingat atau hal lainnya tidak akan bisa lagi berfungsi di aplikasi Cortana versi seluler, tetapi masih bisa diakses melalui Cortana versi Windows. Fitur pengingat juga secara otomatis disinkronkan ke aplikasi Microsoft To Do, yang dapat diunduh di ponsel secara gratis.

Setelah 31 Januari 2020, aplikasi versi seluler ini akan dihapus dari Google Play Store dan App Store. Pengguna Microsoft Launcher akan mendapatkan pembaruan yang akan menghilangkan Cortana dari Launcher tersebut.

Cortana adalah aplikasi asisten pribadi cerdas yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows Phone 8.1 maupun Windows 10. Aplikasi ini hadir secara resmi untuk iOS dan Android pada 2015 silam.

Awal tahun 2019, Microsoft mulai mengerjakan aplikasi Cortana secara mandiri untuk PC versi Windows 10, dan membebaskannya dari sistem operasi sehingga pembaruan untuk asisten digital menjadi lebih cepat.

Tag

Muhammad Ferdyan Syahputra

Seorang anak Madrasah Aliyah yang nontonnya motorsport dan anime slice of life.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.