Menu Tutup

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 765 dan 865, Chipset Berjaringan 5G

Dengan semakin masif nya perkembangan teknologi, membuat produsen elektronika harus bekerja ekstra keras memperkenalkan gebrakan baru mereka. Salah satunya Qualcomm, yang kali ini memperkenalkan 2 chipset terbaru yang dipersenjatai koneksi 5G. Ya, Snapdragon 765 dan 865, yang diperkenalkan dalam acara tahunan, Snapdragon Summit. Rencananya keduanya akan hadir di berbagai ponsel Android pada tahun depan.

Salah satu yang akan menggunakan chipset anyar ini adalah Xiaomi, yang direncanakan menghadirkan 10 ponsel berjaringan 5G tahun depan. Salah satu ponsel mereka, Redmi K30 rencananya akan menggunakan salah satu chipset ini, yaitu Snapdragon 765. Selain Xiaomi, Motorola dan HMD Global rencananya juga akan menggunakan chipset ini. Kebutuhan akan chipset berjaringan 5G ini semakin meningkat berkat antusiasnya penyedia jaringan di Amerika Serikat dalam pengenalan komersil jaringan 5G tahun depan.

BACA JUGA :  MNC Vision Networks Segera Caplok First Media dan Link Net

Snapdragon 765 sendiri merupakan chipset kelas menengah ke atas yang akan dipersenjatai jaringan 5G terintegrasi. Sedangkan kakaknya, Snapdragon 865 merupakan chipset kelas flagship akan menggunakan modem eksternal untuk jaringan 5G. Sehingga, ponsel dengan prosesor ini memiliki postur yang lebih besar dan membutuhkan daya yang besar juga. Dilansir dari The Verge, sebagaimana dikutip dari Gadgetmatch, Qualcomm akan menyertakan modem 5G X55 ke dalam Snapdragon 865. Dengan penambahan modem eksternal ini, Qualcomm “memaksa” produsen ponsel untuk dapat mendukung jaringan 5G. Prosesor ini memiliki kelebihan dapat memproses gambar dengan kamera beresolusi 200 megapiksel, dapat menangkap video beresolusi 8K, dan kecepatan pemrosesan foto gigapiksel. Selain itu, prosesor ini dilengkapi kecerdasan buatan generasi ke-5 yang dapat memproses suara untuk mendeteksi “OK Google” dalam berbagai bahasa.

BACA JUGA :  [Opini] Tidak Belajar dari Tahun Lalu, YouTube Rewind 2019 Makin Ironis

Akankah ponsel dengan jaringan 5G masuk ke tanah air? Mengingat beberapa penyedia layanan internet seperti Smartfren dan Telkomsel telah melakukan ujicoba di beberapa tempat. Yuk bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×