[#REPLIKA] Jaga dan Lacak Kesehatan Kamu dengan Google Fit!

Teknologi Jul 10, 2020

Kalau kamu sedang berusaha untuk diet, menambah berat badan, mau jadi six-pack, atau sekadar hidup sehat, aplikasi Google Fit akan membantumu mencapainya.

Aplikasi yang tentunya dikembangkan oleh Google ini akan sangat membantu dalam keinginan kalian untuk menjaga kesehatan tubuh.

Apa itu Google Fit?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, aplikasi ini dikembangkan oleh Google pertama kali pada tahun 2014. Pengembangan ini mulai dilakukan saat perusahaan raksasa ini mengumumkannya pada Android I/O 2014. Kemudian, aplikasi ini mulai rilis di Android dan Android Wear OS pada tahun 2019 lalu. Kamu bahkan bisa download di iOS kalau ingin mencoba.

Melihat perkembangan ponsel yang semakin tidak terpisahkan dengan kehidupan manusia, aplikasi ini berusaha untuk menjadi salah satu alat yang dapat membantu kalian untuk menjaga kesehatan dalam beraktivitas.

Semenjak implementasi #DiRumahAja dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), banyak masyarakat Indonesia yang menghabiskan waktunya di rumah. Jarang keluar rumah, mungkin ada dari kita yang menjadi malas dan rebahan.

Jangan salah, tidak apa-apa untuk rebahan, namun kamu juga punya kewajiban, kan? Nah untuk memenuhi kewajiban tersebut, kamu juga harus memperhatikan kesehatan.

Tampilan beranda Google Fit (Media Formasi).

Sehingga aplikasi buatan Google ini hadir untuk kalian yang ingin mendata informasi dasar kesehatan kalian. Dengan tampilan yang mudah dipahami, kamu bisa menggunakannya dalam rutinitasmu.

Aplikasi berbasis kesehatan ini juga memiliki beberapa fitur penting dan menarik yang mampu membantu kalian melacak seberapa sehat tubuh kalian.

Hal yang unik pada aplikasi ini adalah keberadaan Move Minutes dan Heart Points. Singkatnya, Move Minutes adalah waktu aktif atau waktu yang kamu gunakan dalam posisi bergerak, seperti kegiatan santai yaitu berjalan hingga aktivitas olahraga seperti berlari. Kemudian, Heart Points adalah poin yang didapatkan jika kamu berolahraga lebih dari intensitas normal. Sistem “reward” dalam bentuk poin ini akan membantu kamu untuk termotivasi dalam berolahraga.

Pada tampilan utama, aplikasi ini akan menampilkan informasi jadwal tidur, riwayat berat badan, serta berapa banyak langkah yang kamu lakukan pada satu hari.

Selain itu, pada tampilan utama ini juga terdapat lingkaran yang mengilustrasikan berapa banyak langkah dan poin yang kamu dapatkan pada satu hari. Terdapat juga perkiraan data kalori yang dibakar, jarak tempuh, hingga durasi bergerak.

Kelebihan Utama: Mudah Digunakan

Nilai plus yang membedakan Google Fit dibanding aplikasi serupa adalah tampilan yang minimalis dan mudah digunakan.

Semua informasi penting akan langsung ditampillkan di halaman utama.

Jika kamu ingin memasukkan data secara manual, terdapat tombol plus (+) di sisi kanan bawah. Tombol ini menawarkan beberapa pilihan, seperti masukkan data tekanan darah, berat badan, aktivitas, hingga fitur mencatat kegiatan olahraga kamu.

Opsi input data (Media Formasi).

Simplisitas yang ditawarkan membuat aplikasi ini menjadi opsi yang menggiurkan bagi kalian yang tidak mau ribet. Apa yang kamu mau langsung ditampilkan sehingga tidak perlu klik atau sentuh banyak tombol.

Aplikasi ini juga dapat berfungsi sebagai sistem informasi terpusat yang dapat menampilkan data dari aplikasi kesehatan lainnya hingga perangkat wearables.

Lacak Jadwal Tidur dan Berat Badan!

Fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah pencatatan riwayat jadwal tidur dan berat badan.

Dengan mencatat jadwal tidur, kamu bisa mengetahui bagaimana rutinitas istirahat setiap harinya. Setelah dicatat selama beberapa waktu, kamu dapat mengetahui apakah waktu tidur kamu cukup atau tidak.

Jika terdapat pergeseran waktu tidur, kamu juga bisa melihatnya di aplikasi ini. Kalian dapat melihat riwayatnya dalam jangka waktu setiap minggu, bulan, dan tahunan.

Selain itu, terdapat dua opsi tampilan, yaitu menampilkan rutinitas dan durasi. Opsi rutinitas dapat menampilkan jam berapa kamu terlelap dan bangun kembali. Opsi durasi akan menampilkan berapa banyak waktu yang kamu gunakan untuk tidur.

Sayangnya, kedua fitur ini pada fungsi dasarnya hanya dapat mencatat secara manual. Namun tenang saja, kamu bisa mensinkronkan data dari aplikasi atau perangkat kesehatan lain ke Google Fit.

Jika ingin secara otomatis, kamu bisa menghubungkan aplikasi kesehatan lainnya seperti Sleep as Android, Calorie Counter – Asken Diet, dan Runtastic Results Fitness & Home ke Google Fit. Kamu juga bisa menghubungkan wearables yang beraneka ragam, baik yang menggunakan Wear OS atau tidak. Semua perangkat Wear OS sudah pasti kompatible dengan aplikasi ini.

Untuk perangkat lainnya, terdapat beberapa tipe yang kompatibel, mulai dari Xiaomi Mi Band, Huawei Band 3 Pro, hingga Sony SmartBand.

Catat Langkah-langkahmu Setiap Hari!

Fitur utama lain dari aplikasi ini adalah menghitung berapa banyak langkah yang kamu tempuh pada satu hari.

Aplikasi ini mampu menggunakan sensor yang terdapat pada ponsel untuk mengetahui perkiraan langkah yang kamu tempuh pada suatu hari.

Menu aktivitas (Media Formasi).

Selain itu, dengan bantuan GPS kamu juga bisa melihat kemana saja kamu berjalan kaki. Selama ponsel kamu selalu dekat dengan kalian, maka estimasi akan cukup akurat.

Setelah dicatat datanya, aplikasi ini dapat menampilkan riwayat langkah-langkah dalam hitungan setiap hari, minggu, dan bulan.

Aplikasi Kesehatan Utama

Dengan tampilan yang segar dipandang mata dan fitur yang tidak rumit, kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini tanpa perlu banyak pikiran.

Dengan tampilan utama yang informatif serta dapat mencatat secara manual dan otomatis, kamu bisa melihat perkembangan kamu dari waktu ke waktu. Sehingga, kamu bisa menciptakan pola hidup sehat dengan sendirinya.

Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut disini. Untuk pengguna sebelah, tenang saja, Google juga sudah menyediakan aplikasi ini di App Store. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut disini.

Jika sematan tersebut tidak dapat ditekan, berikut tautan untuk mengunduh aplikasi Google Fit.

Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.fitness&hl=en

iOS : https://apps.apple.com/us/app/google-fit-activity-tracker/id1433864494

Selamat berolahraga, semoga sehat selalu ya.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.