[Review] Death Stranding, Kompleksitas yang Apik!

Gaming 17 Jul 2020

Dalam review kali ini, #MedForSquad akan mengulas gim Death Stranding yang memang sudah sangat fenomenal saat pertama kali rilis pada tahun lalu.

Setelah sebelumnya Death Stranding hanya rilis eksklusif pada platform PS4, kini tepat pada tanggal 14 kemarin, Death Stranding akhirnya resmi rilis pada platform PC.

Layaknya karya Hideo Kojima lainnya seperti seri Metal Gear Solid, Kojima sendiri memang suka membuat karya yang unik dan berbeda dari gim lain pada umumnya.

Sejauh penulis memainkan Death Stranding, hal yang menjadi fokus utama pada game ini adalah alur cerita yang rumit tapi tidak bersifat linear.

Alur Cerita Kompleks

  • Review Death Stranding Media Formasi Karakter Cewe
  • Review Death Stranding Media Formasi Karakter Cewe dan Cowo Ganteng
  • Review Death Stranding Media Formasi Karakter Cewe Nenek
  • Review Death Stranding Media Formasi Karakter Cewe Nenek 2

Masuk kedalam alur cerita, dimana pada awal cerita sampai sepertiga bagian cerita. Penulis mulai merasa kebingungan dimana banyak hal yang menjadi pertanyaan. Namun setelah melewati bagian cerita menjelang akhir, sedikit demi sedikit semua yang menjadi pertanyaan mulai terjawab.

Tentunya sebuah cerita yang kompleks tak terlepas dari yang namanya karakter ketika membawakan narasi dan dialog yang sangat sempurna. Pada gim ini setiap percakapan benar-benar terasa masuk kedalam diri penulis.

Terlebih setiap karakter membawakan emosi yang sangat kuat, dimana setiap cutscene selalu menjadi pusat utama pada setiap pembawaan karakternya.

Aktor yang Menjiwai Karakter

  • Review Death Stranding PC PS4 Media Formasi Karakter Aktor
  • Review Death Stranding PC PS4 Media Formasi Karakter Aktor 2
  • Review Death Stranding PC PS4 Media Formasi Karakter Aktor 3 Bertopeng
  • Review Death Stranding PC PS4 Media Formasi Karakter Aktor 4 Cewe Megane Kacamata

Hideo Kojima benar-benar tak salah memilih aktor ternama seperti Norman Reedus, Mad Mikkelsen’s, Sarah Margaret, sampai Guillermo del Toro. Setiap aktor tersebut sangat menjiwai peran mereka, membawa pemain menjadi dekat dengan karakter gim ini.

Setiap capture juga sangat sempurna sehingga pemain bisa melihat setiap gestur original dari semua aktor tersebut. Hal ini terasa seperti menonton film terbaik dengan cerita yang sangat kompleks.

World Building yang Mengagumkan

  • Review Death Stranding PC PS4 Media Formasi World Adventure Landscape Graphics Grafik
  • Review Death Stranding PC PS4 Media Formasi World Adventure Landscape Graphics Grafik 2 Screenshot Bergaya

Masuk kedalam mekanik gameplay yang disajikan, entah hal unik apa yang menjadi inspirasi Kojima pada gim ini. Pada gim ini tugas utama karakter sebagai kurir juga bukan tanpa alasan, tak sekedar mengantar barang biasa.

Pada gim ini juga pemain harus benar-benar memperhitungkan barang yang kita bawa, medan yang akan pemain lewati juga sangat perlu diperhitungkan. Berbagai alat bantu sampai hal kecil lainnya seperti sepatu juga perlu diperhitungkan dengan matang.

Karena sedikit saja salah perhitungan, pemain mengalami kesulitan yang luar biasa untuk mengirim barang ke tempat yang dituju.

Apalagi efisensi dan efektifitas ketika mengirim barang sangat berpangaruh dengan catatan pengiriman seperti kecepatan pengiriman sampai kondisi barang yang dibawa.

Bisa Custom Sesuai Selera

  • Review Death Stranding PC PS4 Media Formasi Bawa Kargo Kiriman
  • Review Death Stranding PC PS4 Media Formasi Bawa Kargo Kiriman 2
  • Review Death Stranding PC PS4 Media Formasi Grafik Dunia Worlds Graphics

Ada banyak sekali hal yang menunjang pada karakter untuk melakukan pengiriman, itu semua bisa disesuaikan dengan gaya cara bermain kalian sendiri.

Hal yang paling membuat penulis sedikit kewalahan selain medan yang dilalui, yaitu ketika adanya cuaca ekstrim yang tak terduga. Terlebih adanya makhluk-makhluk aneh yang terkadang mengganggu jalannya pengiriman.

Walaupun begitu hal ini membuat pemain lebih tertantang ketika memainkan gim ini, sekaligus menguji tingkatan adrenalin. Apakah bisa menangani dan melewati hal tersebut atau tidak, penulis dibuat berdecak kagum pada hal yang dituangkan pada gim ini selain pada alur ceritanya.

Tentunya dengan Grafis Super HD “Zaman Now”

  • Review Death Stranding Media Formasi PC PS4 Landscape Wallpaper

Bicara soal grafis, penulis rasa tak perlu terlalu panjang lebar untuk menjelaskan grafis pada gim ini. Grafis pada gim ini benar-benar keren dan sempurna, terlebih dengan beberapa landscape pegunungan dan hamparan rumput yang terbentang begitu cantik membuat penulis santai sejenak untuk menikmatinya.

Fitur online pada gim ini juga terbilang unik dimana kalian tak bertemu satu sama lain atau bermain bersama. Tetapi kalian akan menemukan bekas alat bantu ataupun senjata yang tersebar pada map tersebut yang telah dilewati oleh pemain lain. Hal ini akan memudahkan kalian untuk melewati medan ataupun melawan musuh.

Maka dari itu dianjurkan memainkan gim ini dalam keadaan online, karena kita bisa melihat ataupun mengakses infrastruktur dari para player lain. Menurut penulis pribadi, ini cara terbaik untuk memudahkan jalannya permainan karena lebih terasa enjoy dan aman.

Review Death Stranding, Apik dalam Segala Sisi

Jadi secara keseluruhan gim ini benar-benar bisa membawa pemain masuk kedalam gim ini dan merasakan semua apa yang ada pada gim ini. Mulai dari jalan cerita, mekanik gameplay, sampai grafis dan musik yang disajikan pada gim ini.

Death Stranding sebuah gim dengan konsep yang sangat unik dan berbeda dari pada gim lainnya, namun gim ini tidak diperuntukkan untuk semua kalangan.

Dari review Death Stranding ini, game tersebut tak cocok untuk kalian yang tak suka dengan gim yang menawarkan sebuah cerita yang lambat dan padat.

Hal ini juga berlaku untuk kalian yang suka gim dengan banyak aksi yang seenaknya. Seperti game pada umumnya, bahasa Inggris adalah bahasa yang umum digunakan. Kalian perlu untuk memahami dialog dan alur cerita agar dapat mendapatkan “vibe” dari gim ini.

Setiap percakapan merupakan tambahan dari plot, semuanya penting dan perlu diperhatikan dengan saksama.

Bagaimana MedForians? Apakah kalian ingin mencoba gim ini? Berikan tanggapan kalian di kolom komentar!

Tag

Muhammad Luthfi

Something Inspirational