Android 11 dan 11 Go Resmi Diperkenalkan, Apa Saja yang Baru?

Teknologi Sep 12, 2020

Android 11 resmi diperkenalkan pada 8 September lalu, disusul edisi Go dua hari setelahnya. Sebelumnya versi terbaru si robot hijau ini dipersiapkan sejak Februari lalu, belum setahun sejak rilisnya Android 10.

Fitur demi fitur hadir saat rilis beta, yang berfokus pada 3 hal: kontrol, privasi, dan komunikasi. Untuk kloter perdana, Android 11 akan hadir untuk ponsel Pixel, OnePlus, Xiaomi, OPPO dan realme.

Yang Baru di Android 11

Sistem operasi Android 11 ini membawa sejumlah pembaruan. Salah satu fitur barunya adalah pengguna bisa memberi akses one-time bagi aplkasi untuk mengambil informasi lokasi, mikrofon, kamera, dan data. Tujuan tersebut agar para developer aplikasi tidak memiliki akses yang “terlalu luas” atas informasi penggunanya. Jika aplikasi tidak digunakan dalam waktu lama, ada fitur reset permission, yang akan meminta akses saat aplikasi tersebut kembali digunakan.

Android 11 juga menggunakan aplikasi yang dapat memfilter panggilan yang dianggap sebagai spam. Jika pengguna memberikan izin, aplikasi tersebut dapat memperlihatkan kepada pengguna bahwa panggilan tersebut berasal dari kontak atau bukan.

Google juga merombak notifikasi, salah satunya adalah munculnya notifikasi percakapan di bagian khusus di atas. Ada juga sistem notifikasi yang berbentuk bubble ketika melakukan chat. Fitur bubble chat sendiri sudah hadir di Facebook Messenger sejak lama.

Menurut pihak Google, dengan diterimanya fitur bubble chat yang dibuat tim Messenger oleh khalayak dapat membantu pada pengembangan dan penerapan fitur ini. Untuk tampilannya sendiri juga hampir mirip dengan Messenger saat dibuka penuh.

Untuk urusan kontrol, Google memungkinkan pengguna untuk menekan lama tombol power untuk menghadirkan kontrol bagi perangkat smart home. Selain itu, ada juga fitur media control untuk memudahkan pengguna mengubah perangkat untuk output konten audio dan video.

Kemudian, ada fitur perekaman layar bawaan, yang bisa digunakan untuk merekam chat, gameplay, hingga panggilan telepon tanpa harus memakai aplikasi dari luar.

Ada juga Android Auto, yang dapat menyambungkan perangkat Android ke mobil tanpa kabel.

Android 11 Go, Lebih Cepat, Lebih Aman

Dilansir dari blog resmi Google, kecepatan dalam membuka aplikasi di Android 11 Go lebih baik 20% ketimbang versi sebelumnya. Hal ini juga ditunjang dengan lebih mudahnya bertukar aplikasi lewat gestur.

Fitur notifikasi percakapan di bagian atas juga hadir pada edisi Go ini. Privasi juga jadi fokus utama di edisi yang diperuntukkan untuk ponsel dengan RAM dibawah 2GB ini. Akses one-time hingga reset permission juga hadir disini.

Selain kelebihan tersebut, Google juga menghadirkan fitur baru lainnya di Android 11 dan Android 11 Go

Mendukung Jaringan 5G

Teknologi 5G akan semakin banyak diadopsi beberapa negara beberapa tahun mendatang. Google pun tidak mau terlambat menyiapkan Android untuk sistem ini.

Android 11 dan Android 11 Go akan membuat sistem agar aplikasi lebih mudah mendeteksi koneksi 5G. Sehingga ketika jaringan 5G sudah hadir di suatu negara, sistem akan langsung mendeteksinya.

Pin Kontak Favorit di Menu Share

Nantinya, pengguna dapat menyematkan (pinned) kontak yang ingin dijadikan kontak favorit di menu 'Share' saat membagikan sesuatu.

Tujuannya, untuk mempermudah pengguna ketika sering membagikan sesuatu kepada penerima tertentu. Fitur ini sebenarnya sudah ada di Android versi lama, dan dikembangkan kembali di Android 10 dan dirombak kembali di Android 11.

Tag

Agung Suhendro

Di antara dengan Andhika Rizky Reihansyah

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.