Ikebukuro Halloween Cosplay Fes 2020 Dibatalkan akibat Wabah COVID-19

Pop Kultur Sep 17, 2020

Situs web resmi untuk event Ikebukuro Halloween Cosplay Fes mengumumkan bahwa acara mereka pada tahun ini yang dijadwalkan berlangsung pada 31 Oktober sampai 1 November 2020 telah dibatalkan. Adapun alasan pembatalan event yang berlokasi di Ikebukuro Area Tokyo itu disebabkan oleh wabah COVID-19 yang belum mereda di wilayah Jepang.

Dilansir dari Crunchyroll, Ikebukuro Halloween Cosplay Fes sendiri berlangsung sejak tahun 2014 dan menjadi salah satu event cosplay outdoor terbesar di Jepang. Pelaksanaan event terakhir pada 26 sampai 27 Oktober 2019 kemarin berhasil mendatangkan 123.000 pengunjung dengan partisipasi 21.000 cosplayer. Ini merupakan rekor tertinggi yang pernah tercatat sepanjang sejarah event tersebut.

Sementara itu, terkait pembatalan event tersebut, pihak penyelenggara menuliskan “kami bertujuan untuk mengadakan Ikebukuro Halloween Cosplay Fes 2020 agar banyak orang menikmatinya tahun ini.”

“Karena efek dari wabah COVID-19 dinilai akan sulit untuk menggelar panggung. Acara dan parade yang telah diadakan hingga tahun lalu dalam skala yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sehingga diambil keputusan untuk membatalkan acara tersebut”. Lanjut penyelenggara.

Sebagai gantinya, sebuah acara online bertajuk “Ikebukuro Halloween Cosplay Fes Online Big Thanks Festival” akan disiarkan via Nico Nico Live pada 31 Oktober pukul 17:00 waktu standar Jepang, serta “Cosplayer of The Year 2021” yang menentukan cosplay terbaik dalam event tersebut pada platform yang sama. Adapun rincian lebih lanjut termasuk jadwal akan diumumkan di kemudian hari.

Ini bukan event pertama yang dibatalkan semenjak merebaknya wabah COVID-19. Sebelumnya Nippombashi Street Festa Osaka, event cosplay terbesar se-Jepang juga dibatalkan akibat wabah virus yang berasal dari Wuhan China ini. World Cosplay Summit 2020 juga terpaksa diselenggarakan secara online akibat merebaknya wabah ini.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.