Nominasikan Cosplayer Tanpa Izin, Indonesia eSports Awards GTV Dikritik

Media Okt 18, 2020

MNC Media kini kembali menjadi sorotan, setelah sebelumnya dikecam akibat gugatan terhadap RUU Penyiaran, kali ini acara Indonesia eSports Awards yang diadakan GTV menjadi polemik.

Beberapa cosplayer dicatut menjadi nominasi ajang penghargaan ini. Dengan nama nominasi "Cosplayer Terfavorit", voting dilakukan melalui SMS dan aplikasi RCTI+.

Sayangnya, GTV tidak meminta izin atau memberi informasi ke cosplayer yang dinominasikan.

Dua cosplayer tersebut adalah Clarissa Punipun dan Lola Zieta. Keduanya mengaku tidak diberi pemberitahuan bahwa nama mereka dinominasikan dan foto mereka digunakan dalam materi promosi ajang awarding ini.

Di akun pribadinya, Clarissa menuliskan bahwa dirinya sedang mengontak akun Instagram yang mengunggah postingan nominasi tersebut untuk keterangan lebih lanjut.

Update: Sekitar pukul 16.00 WIB, pihak GTV mengontak manager Punipun dan akan mengundang Punipun secara formal. Pos yang sudah telanjur disebar di laman Instagram sudah dihapus oleh pihak penyelenggara acara.

Update 2: Postingan Punipun telah dihapus karena sudah mendapatkan tanggapan dari pihak GTV

Kemudian nominees lain, Lola Zieta turut mengkritik pencatutan tanpa izin nama dan foto miliknya.

Pada postingannya, Lola menjelaskan bahwa dirinya juga tidak diberi informasi mengenai hal ini.

"Saya tidak merasa pernah diberi tahu mengenai nominasi ini dan tidak pernah memberi izin untuk pemakaian nama, brand identity, dan foto saya untuk keperluan nominasi kepada pihak penyelenggara. Acara ini berbayar jadi menggunakan aset saya tanpa izin untuk keuntungan finansial/komersial."

Lebih lagi, Lola juga menuliskan bahwa dirinya menolak berhubungan dengan "media mainstream yang menggugat UU Penyiaran yang akan merugikan banyak konten kreator online".

Voting SMS Berbayar?

Sebagai informasi tambahan, sistem voting melalui SMS sendiri memang sudah lama dilakukan oleh lembaga penyiaran swasta terutama MNC Media.

Biaya yang dikenakan untuk mengirim voting melalui SMS berbeda dengan tarif SMS pada umumnya. Karena SMS tersebut termasuk layanan "SMS Premium".

SMS premium tidak hanya digunakan untuk melakukan voting saja, namun juga untuk layanan yang sempat populer satu dekade silam. Misalnya seperti REG (spasi) PRIMBON, REG (spasi) CINTA dan sejenisnya.

Pada ajang voting yang diadakan MNC Media (termasuk ajang penghargaan ini) SMS ini dikenai biaya sebesar Rp 2.200. Untuk penggunaan biaya sebesar ini tidak banyak dijelaskan baik oleh MNC Media maupun Service Provider SMS tersebut.

Satu Lagi Acara Awards MNC Media

Dikutip dari Republika, Voting Indonesia eSports Awards sudah dibuka sejak 18 Oktober 2020 dan hasilnya akan diumumkan pada November 2020.

“Ajang ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pro player Indonesia dan pihak-pihak yang mendukung perkembangan Esports di Indonesia ,” kata Managing Director GTV Valencia Tanoesoedibjo pada konferensi pers Indonesian Esports Awards 2020 yang digelar secara virtual di Jakarta, Kamis (15/10).

Bagaimana menurutmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.