Presiden Qualcomm: Apple M1 Pertanda Baik bagi Masa Depan Komputer

Teknologi Des 12, 2020

Presiden dari perusahaan silikon Qualcomm, Cristiano Amon memberi pujian atas SoC terbaru besutan Apple untuk lini komputer mereka, M1. Dalam wawancara bersama The Verge, ia memaparkan bahwa kesuksesan M1 adalah bukti dari apa yang dipercaya oleh Qualcomm sebagai masa depan komputer.

"Salah satu hal hebat tentang M1, dari cara kami melihatnya, kami sangat senang dengan pengumuman itu. Sangat senang. Dan saya mengapresiasi Apple karena telah memvalidasi keyakinan kami. (Perilisan chip M1) ini pada dasarnya memvalidasi keyakinan kami bahwa, Anda tahu, bahwa pengguna seluler mendefinisikan apa yang mereka harapkan dari pengalaman (selama menggunakan) PC," papar Amon sebagaimana dilansir dari 9to5mac.

Ia menambahkan jika keputusan Apple "hijrah" ke arsitektur ARM telah membantu menggerakkan industri silikon menjadi lebih maju. Dan dengan banyaknya aplikasi yang sudah mendukung arsitektur ini, menurut Amon, Qualcomm dan Microsoft berada pada jalur yang benar. Ia juga berpendapat jika ini adalah pertanda baik bagi masa depan perkomputeran.

"Contoh besarnya, saya ingat pada minggu ini atau sebelumnya, Adobe mengumumkan mereka telah memberi dukungan pada aplikasi besutan mereka untuk sistem berbasis ARM. Dan sekali didukung ARM, performa semakin meningkat karena sudah memiliki kompatibilitas"

Dalam wawancara ini juga, Β Amon optimis soal masa depan jaringan seluler 5G. Ini terjadi ketika Apple dikatakan telah mulai bekerja mengembangkan modem seluler in-house pertamanya untuk perangkat seluler di masa mendatang.

Apple telah memperkenalkan prosesor M1 pada Apple Event November lalu. Prosesor tersebut adalah generasi pertama arsitektur prosesor baru yang akan digunakan Mac kedepannya. Dalam 2 tahun mendatang, Apple berencana akan migrasi ke arsitektur baru ini menggantikan Intel yang sudah mereka percaya satu dekade lebih. Dan inilah langkah pertama mereka.

Apple menyebutkan prosesor ini adalah "prosesor terkuat yang pernah dibuat oleh Apple" dan dirancang khusus untuk perangkat Apple.

M1 sendiri termasuk dalam kelompok SoC (System on Chip) yang di dalamnya terdapat memori dan prosesor grafis terintegrasi. Prosesor ini juga merupakan salah satu prosesor pertama yang menggunakan arsitektur 5 nanometer.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.