One More Thing, Apple Event Terakhir di 2020 Tampilkan Mac Pertama dengan Apple Silicon!

Teknologi 11 Nov 2020

Setelah sukses dengan event online sebelumnya di bulan September dan Oktober lalu, Apple kini mengadakan event terakhirnya di tahun ini.

Sesuai rumor, pada ajang ini Apple berfokus memperkenalkan Macintosh generasi pertama dengan prosesor Apple Silicon berarsitektur ARM.

Apa saja? Mari simak ringkasan Apple Event November 2020 ini!

Apple M1, Prosesor Apple Silicon Generasi Pertama untuk Mac

Sumber: Apple

Perusahaan asal Cupertino tersebut memperkenalkan prosesor Apple M1. Prosesor tersebut adalah generasi pertama arsitektur prosesor baru yang akan digunakan Mac kedepannya. Dalam 2 tahun mendatang, Apple berencana akan migrasi ke arsitektur baru ini menggantikan Intel yang sudah mereka percaya satu dekade lebih. Dan inilah langkah pertama mereka.

Apple menyebutkan prosesor ini adalah "prosesor terkuat yang pernah dibuat oleh Apple" dan dirancang khusus untuk perangkat Apple.

M1 sendiri termasuk dalam kelompok SoC (System on Chip) yang di dalamnya terdapat memori dan prosesor grafis terintegrasi. Prosesor ini juga merupakan salah satu prosesor pertama yang menggunakan arsitektur 5 nanometer.

Apple M1 sendiri sebenarnya mirip dengan prosesor lain buatan Apple. Lengkap dengan advanced image signal processor dan fitur keamanan "Secure Enclave".

Prosesor ini ditenagai oleh 8 core CPU dan 8 core GPU, dan Apple mengklaim performa per watt "terdepan di industrinya". Ini membuat Apple dengan berani menaruh chip generasi pertama ini ke produk Macbook dan Mac Mini mereka.

Macbook Air, Macbook Pro, dan Mac Mini

Sumber: Apple

Secara desain keseluruhan, Macbook Air, Macbook Pro, dan Mac Mini tidak memiliki perbedaan drastis dengan pendahulunya. Yang membedakan hanyalah jeroan yang dipakai di ketiga perangkat tersebut.

Ketiganya dibekali RAM maksimal 16 GB, dan SSD hingga 2TB. Ketiganya juga sudah terinstal macOS Big Sur, macOS terbaru yang kini sudah bisa menjalankan aplikasi iOS dan iPadOS.

Mac Mini sudah mendukung layar eksternal dengan resolusi 6K. Meskipun sama-sama dibekali layar 13.3 inch dan TouchID, Macbook Air dan Pro memiliki perbedaan. Diantaranya dari segi baterai, Macbook Air bisa tahan hingga 18 jam, sedangkan Macbook Pro 20 jam. Macbook Pro dilengkapi touch bar sedangkan Macbook Air tidak, dan masih mempertahankan 12 tombol fungsi di atasnya.

Pemesanan ketiga produk ini sudah dimulai sejak berakhirnya Apple Event, dan akan tersedia di pasaran minggu depan. Mac Mini dihargai mulai dari 699 Dollar Amerika, sementara Macbook Mini 999 Dollar Amerika, dan Macbook Pro 1299 Dollar Amerika. Khusus Macbook baik Pro maupun Air, ada potongan 100 Dollar Amerika untuk penggunaan edukasi.

Belum diketahui secara pasti kapan Apple akan  memperkenalkan iMac dan Mac Pro yang ditenagai oleh Apple M1 ini mengingat kedua seri Mac ini absen dari event kali ini.

Untuk macOS Big Sur sendiri akan tersedia secara publik pada 12 November mendatang.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.