Huawei Dikabarkan akan Jual Brand Mate dan P Series, Benarkah?

Teknologi 25 Jan 2021

Reuters melaporkan bahwa Huawei tengah dalam negosiasi untuk menjual lagi dua sub-brand mereka, yakni Mate dan P Series. Penjualan ini disebabkan oleh sanksi oleh pemerintah AS kepada Huawei atas kasus penyadapan data, yang hingga sekarang belum juga diangkat. Malah, sanksi tersebut makin diperketat.

Reuters mengutip dua sumber yang mengetahui masalah ini, menambahkan bahwa kesepakatan dapat membuat Huawei keluar dari bisnis ponsel kelas atas. Mereka diklaim sedang dalam pembicaraan dengan konsorsium perusahaan investasi yang didukung pemerintah Tiongkok.

Sebagai tambahan, salah satu sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Huawei pertama kali melayangkan kemungkinan menjual merek tersebut sejak September 2020. Sumber tersebut mengklaim bahwa Huawei belum membuat keputusan akhir dan bahwa kesepakatan mungkin tidak tercapai karena Huawei masih berusaha untuk memproduksi chipset Kirin.

Pihak Huawei kemudian membantah laporan dari Reuters terkait penjualan Mate dan P Series. Berikut adalah cuplikan kutipan dari Huawei sebagaimana dilansir dari Android Authority.

Huawei telah mengetahui bahwa ada rumor yang tidak berdasar yang beredar mengenai kemungkinan penjualan merek ponsel cerdas andalan kami. Tidak ada gunanya rumor ini sama sekali. Huawei tidak punya rencana seperti itu. Kami tetap berkomitmen penuh pada bisnis ponsel cerdas kami, dan akan terus menghadirkan produk dan pengalaman terdepan dunia bagi konsumen di seluruh dunia.

Sebelumnya, mereka telah menjual Honor ke salah satu konsorsium dengan alasan yang sama, untuk menambah modal untuk dapat mandiri dan lepas sepenuhnya dari perusahaan asal AS akibat sanksi yang dikenakan.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.