Pasca Inaugurasi Biden, Sanksi Huawei akan Diangkat?

Teknologi Jan 27, 2021

Era baru, presiden baru, tentu saja dengan formasi menteri yang baru. Dan dengan formasi menteri yang baru, diharapkan masalah pemerintahan sebelumnya dapat teratasi.

Gina Raimondo, Gubernur Rhode Island yang akan didapuk menjadi Menteri Perdagangan AS yang baru, menjawab pertanyaan seputar sanksi terhadap perusahaan asal Tiongkok.

"Akan Dipertimbangkan Kembali, Tapi..."

Ia menjawab pertanyaan dari Senator Ted Cruz, sebagaimana yang dikutip dari Reuters dan Android Authority bahwa pihaknya akan mempertimbangkan kembali kebijakan pemerintahan sebelumnya, termasuk sanksi yang dikenakan atas sejumlah perusahaan asal Tiongkok, termasuk Huawei.

Pernyataan ini seolah memberi secercah harapan bagi Huawei yang tengah berjibaku di tengah sanksi yang diterima. Namun, di saat yang sama, ia berjanji akan melindungi jaringan telekomunikasi AS dari perusahaan-perusahaan tersebut, yang di sanksi atas kasus penyadapan data.

Beberapa perusahaan masih diberi lampu hijau untuk dapat meneruskan bisnis dengan Huawei, namun tidak bagi Google, yang belum mendapat lisensi untuk itu. Hingga sekarang, layanan Google masih terhambat untuk masuk ke produk besutan Huawei.

Bisa saja, di era pemerintahan baru ini, sanksi terhadap Huawei dapat diangkat, dan bisa saja sanksi tersebut akan tetap dikenakan. Terlebih, Gubernur Gina masih belum secara resmi didapuk sebagai menteri.

Penyadapan Berujung Sakit-Sakitan

Gedung Putih memberi sanksi kepada Huawei sejak pertengahan 2019 lalu akibat kasus penyadapan data. Sanksi tersebut membuat banyak perusahaan asal AS "putus kontak" dengan Huawei, termasuk Google, Facebook, dan Microsoft. Sempat direncanakan akan diperlonggar, namun pada akhirnya sanksi tersebut kembali diperketat.

Dengan berbagai daya dan upaya, Huawei mencoba untuk berdiri sendiri, dan tak lagi bergantung dengan perusahaan-perusahaan asal AS. Salah satu langkah yang harus diambil adalah dengan melepas merk Honor kepada sebuah konsorsium. Hasil penjualan tersebut diharapkan dapat membantu Huawei untuk mandiri.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.