Samsung Rilis Keluarga Galaxy S21 Series pada Galaxy Unpacked 2021

Teknologi 15 Jan 2021

Samsung menggelar acara Galaxy Unpacked 2021, sebuah perhelatan yang biasanya memperkenalkan sesuatu yang baru yang dibuat oleh raksasa teknologi Korsel tersebut. Acara yang berlangsung kemarin malam (14/1) menghadirkan flagship terbaru Samsung, yakni Galaxy S21 Series.

Selain Galaxy S21 Series, dalam pagelaran ini juga diperkenalkan produk Samsung lain, seperti Galaxy Smart Tag, dan Galaxy Buds Pro. Seperti saat perilisan Galaxy S20 FE beberapa waktu ke belakang, Samsung kembali menggaet BTS sebagai ambassador mereka.

Setelah beberapa bocoran mengemuka soal bintang utama malam kemarin, Galaxy S21 Series, mulai dari bentuk hingga absennya pengisi daya dari paket penjualan, akhirnya secara resmi semuanya terjawab pada Galaxy Unpacked kali ini.

Galaxy Buds Pro, Earbuds Premium Samsung

Yang diperkenalkan pertama kali pada pagelaran ini adalah Galaxy Buds Pro, sebuah earbuds nirkabel premium besutan Samsung. Earbuds ini hadir dalam 3 warna, yakni Phantom Black, Phantom Violet, serta phantom Silver.

Ada banyak fitur yang tertanam di dalamnya, mulai dari active noise cancellation, ambient sound, dan dapat tersambung dengan perangkat Galaxy lain, baik itu tablet maupun ponsel.

Earbuds ini juga menawarkan pengalaman audio sekelas studio dalam sebuah barang yang cukup mungil. Di dalamnya tertanam woofer berukuran 11 mm, dan tweeter berukuran 6,5 mm. Untuk mendukung fitur active noise cancellation dan ambient sound, earbuds ini juga tertanam 3 mikrofon, voice pickup unit, serta wind shield. Earbuds ini juga telah di-tuning oleh AKG.

Earbuds berbahan plastik daur ulang ini memiliki sertifikasi tahan air IPX7.

Earbuds ini dapat terus aktif hingga 5 jam pemakaian dengan ANC aktif, dan dapat diisi ulang di dalam case nya. Dan cukup dengan 5 menit quick charge dengan pengisi daya nirkabel, earbuds ini dapat digunakan selama satu jam.

Earbuds ini dapat dipesan mulai hari ini dengan harga 199 Dollar Amerika. Earbuds ini juga akan masuk paket penjualan Galaxy S21 Series, jika melakukan pre-order. Periode pre-order akan berlangsung hingga 17 Januari mendatang.

Galaxy Smart Tag

Selanjutnya adalah Galaxy Smart Tag, sebuah aksesoris yang dapat membantu menemukan perangkat Galaxy milikmu jika sewaktu-waktu hilang atau terselip entah di mana. Perangkat yang hilang tersebut dapat dilacak dengan AR.

Untuk memantau keberadaan perangkat ponsel/tablet/wearable lewat tampilan peta, pengguna dapat menghubungkan Smart Tag dengan ponsel/tablet/wearable mereka melalui aplikasi Samsung SmartThings.

Nantinya, aplikasi SmartThings akan memunculkan notifikasi apabila berhasil melacak keberadaan perangkat yang hilang, melalui sinyal Bluetooth Low Energy (BLE). Ketika indikator perangkat berbunyi, pengguna bisa langsung mencari sumber bunyi, untuk menemukan perangkat yang hilang/terselip.

Galaxy Smart Tag juga bisa menjadi remote control perangkat IoT di rumah, seperti untuk menyalakan TV, robot penyedot debu Samsung, atau peralatan smart home Samsung lainnya.

Smart Tag mulai dijual di pasaran pada 29 Januari 2021. Harga Samsung Smart Tag sendiri dibanderol seharga 29,99 Dollar Amerika. Selain itu, Samsung juga akan merilis satu model Smart Tag yang mendukung fitur Ultra Wideband (UWB). Fitur ini berfungsi untuk memantulkan sinyal ke ponsel agar perangkat yang hilang dengan jarak yang cukup jauh dapat terdeteksi secara akurat. Smart Tag versi UWB akan hadir dengan nama Smart Tag Plus, dan dibanderol dengan harga yang lebih mahal, yaitu 39,99 Dollar Amerika.

Galaxy S21 Series

Bintang utama Galaxy Unpacked 2021 ini adalah ponsel flagship seri S, yakni Galaxy S21, yang sempat ramai diperbincangkan akibat banyaknya bocoran yang beredar.

Ada 3 varian, yakni varian S21 reguler, varian S21+, dan varian S21 Ultra. Ketiganya telah mendukung jaringan 5G dan diotaki prosesor 5nm dengan kecepatan 2.8-2.9GHz. Tersedia varian penyimpanan 128 GB dan 256 GB, serta RAM 8 GB untuk S21 reguler dan S21+. Untuk varian S21 Ultra, varian penyimpanan dan memorinya lebih beragam mulai 12/128GB, 12/256GB, hingga 15/512GB.

Untuk susunan kamera belakang, Galaxy S21 reguler dan S21+ memiliki 3 kamera, yakni: lensa 12MP ultrawide, lensa 12MP wide angle, dan lensa 64MP telefoto. Untuk Galaxy S21 Ultra memiliki 4 susunan kamera belakang, yakni: lensa 12MP ultrawide, lensa 108MP wide angle, dan dua lensa 10MP telefoto.

Ke bagian layar, ketiganya memiliki desain layar punch hole Infinity O dengan ukuran 6,2 inci, 6,7 inci, dan 6,8 inci. Khusus layar S21 Ultra memiliki desain layar yang cekung. Layar ketiganya telah disertifikasi HDR10, dan memiliki refresh rate 120Hz. Resolusi layar Galaxy S21 reguler dan S21+ adalah FHD+ sementara Galaxy S21 memiliki resolusi Ultra Quad HD+.

Di dalam layar, tertanam kamera 10MP untuk Galaxy S21 reguler dan S21+, sementara untuk Galaxy S21 Ultra tertanam kamera 40MP.

Ketiga ponsel ini dapat merekam video hingga resolusi 8K dengan frame rate 24fps, atau 4K dengan frame rate 60fps.

Ketiganya telah terinstal sistem operasi Android 11, dengan OneUI 3 sebagai antarmuka utamanya. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat melalui laman berikut.

Dalam paket penjualan, patut disayangkan, tidak dilengkapi pengisi daya sebagaimana yang telah dibocorkan sebelumnya. Namun, ponsel ini memiliki kapasitas baterai 4000mAh, 4800 mAh, dan 5000 mAh, serta mendukung fast charging baik dengan atau tanpa kabel. Ketiganya telah menggunakan colokan USB tipe C.

Untuk melihat bagaimana isi paket penjualan dari keluarga Galaxy S21 Series ini, pihak Samsung telah mengunggah 3 video yang dapat disaksikan melalui laman berikut.

Ketiga ponsel ini sudah dapat dipesan sejak kemarin hingga 17 Januari mendatang melalui laman berikut. Harga yang dipatok mulai dari 15,999 juta hingga 21,999 juta Rupiah.  Sayang, untuk di Indonesia sendiri, preorder hanya bisa dilakukan untuk varian Galaxy S21+ dan S21 Ultra.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.