Waduh, Perangkat dengan SoC Apple M1 Bakal Bisa Terjangkit Malware!

Teknologi 20 Feb 2021

Meskipun baru, Apple M1 secara mengejutkan mendapat banyak pujian dari berbagai pihak karena performanya yang cukup mentereng. Bahkan, perangkat dengan SoC besutan Apple ini secara mengejutkan juga dapat menjalankan sistem operasi seperti Windows dan Linux, walau harus melalui berbagai rintangan.

Namun, kejutan kali ini bukanlah sesuatu yang baik, dikarenakan perangkat ini juga secara mengejutkan dapat terjangkit malware! Ya, kasus malware ini jadi yang pertama untuk perangkat dengan SoC berarsitektur ARM ini.

Dikutip dari XDA Developers, peneliti keamanan Mac, Patrick Wardle menjelaskan bagaimana malware dapat dengan mudah diadaptasi dan dikompilasi ulang untuk berjalan secara native pada chip ‌M1‌.

Malware M1 pertama tampaknya merupakan ekstensi adware Safari yang disebut "GoSearch22", yang awalnya dibuat untuk dijalankan pada chip Intel x86. Dikatakan sebagai bagian dari keluarga adware Mac "Pirrit", salah satu keluarga adware Mac tertua dan paling aktif yang terus berubah untuk menghindari deteksi.

Adware tersebut menyamar sebagai ekstensi browser Safari yang sah. Secara bersamaan, adware tersebut mengumpulkan data pengguna dan menginduksi sejumlah besar iklan, termasuk spanduk dan pop-up yang menautkan ke situs web berbahaya yang dibanjiri lebih banyak malware.

Patut dicatat bahwa sertifikat GoSearch22 ditandatangani dengan ID Pengembang Apple pada November 2020, tetapi sertifikatnya telah dicabut sejak saat itu. Lebih lanjut, Wardle menyatakan bahwa malware untuk ‌M1‌ berada pada tahap yang cukup awal, dan tanda tangan yang digunakan untuk mendeteksi ancaman dari malware pada chip ‌M1‌ belum diamati untuk sebagian besar.

Oleh karena itu, menurutnya, tidak ada gunanya menggunakan antivirus atau aplikasi serupa karena kebanyakan dari mereka berjuang untuk memproses file yang diubah dengan benar. GoSearch22 bukan satu-satunya malware M1, karena peneliti dari perusahaan keamanan Red Canary menyarankan bahwa akan ada lebih banyak perangkat lunak berbahaya yang sedang diselidiki saat ini.

Pernyataan Warde dan Red Canary seolah menjadi sirine untuk para pengguna perangkat Mac dengan SoC Apple M1 untuk lebih waspada lagi. Tentu saja, sebagaimana kata para hacker, tak ada sistem yang aman.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.