So Comfy! Kementerian ESDM Parodikan Anime Yuru Camp untuk Promosikan PLTS

Pop Kultur 16 Apr 2021

Penggunaan anime sebagai sarana promosi nampaknya semakin menjadi primadona akhir-akhir ini, termasuk di Indonesia. Beberapa diantaranya menciptakan anime originalnya sendiri untuk membuat promosi, seperti yang dilakukan oleh berbagai perusahaan berbasis produksi seperti Pocari Sweat, Tepung Bumbu Sasa, serta Biskuit Khong Guan.

Ada pula yang memparodikan anime tertentu sebagai sarana promosinya, seperti parodi iklan anime JoJo yang diluncurkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) via Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP). Video tersebut dimaksudkan sebagai promosi program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Sejahtera.

Dan kini satu lagi lembaga pemerintah yang menggunakan anime sebagai sarana promosinya. Namun bedanya lembaga ini langsung menggunakan parodi dari serial anime yang sudah ada.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia melalui akun Twitter resminya pada hari  Rabu (14/4) merilis sebuah video berdurasi 1 menit. Dalam video tersebut terlihat seorang pemuda yang sedang “berjalan-jalan” bersama Nadeshiko dan kawan-kawannya. Kemudian mereka beristirahat minum sambil membicarakan tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Mereka pun sepakat untuk mempromosikannya via program Patriot Energi Surya”.

Scene dimana sang pemuda yang “berbeda dimensi” dengan Nadeshiko dan kawan-kawannya menjadikan parodi anime ini cukup mengocok perut. Hingga berita ini ditulis, video tersebut telah disukai sebanyak 149 like, 74 retweet, dan 60 komentar.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.