Susul Apple dan Samsung, Nokia X20 Tak Lagi Sertakan Pengisi Daya

Teknologi 23 Apr 2021

Sekarang ini memang sudah musimnya ponsel tak lagi menyertakan pengisi daya pada paket penjualannya. Sebelumnya ada Apple dengan iPhone 12 nya, dan Samsung yang awalnya sempat mencibir langkah ini, kemudian terperosok juga dalam keputusan yang cukup kontroversial ini.

Keputusan untuk tidak lagi menyertakan pengisi daya ini dianggap punya tujuan untuk mengurangi emisi karbon yang dinilai merugikan bagi lingkungan. Meskipun masih ada yang sangsi akan berkurangnya emisi karbon ini punya efek signifikan bagi lingkungan.

Kini, satu manufaktur baru menyusul langkah mereka berdua. HMD Global, pabrikan untuk ponsel bermerk Nokia pun juga memutuskan tak lagi menyertakan pengisi daya pada paket penjualan mereka untuk Nokia X20.

Sebagai tambahan, untuk lebih meyakinkan konsumen yang cinta lingkungan, kotaknya juga dibuat 100 persen dapat terurai.

Baru Diketahui lewat Situs Resminya

Sebenarnya HMD Global tidak menyebutkan detail tersebut pada saat mengumumkan lini ponsel terbaru mereka untuk seri X, G, dan C. Hal ini justru diketahui lewat cuitan Twitter TechDroider yang menyebut bahwa soal kotak dan pengisi daya ini tercantum pada situs web resmi Nokia.

Setelah ditelisik lebih jauh, dari kesemua ponsel Nokia yang terbaru, hanya X20 saja yang secara jelas tertulis bahwa ponsel ini tidak dilengkapi pengisi daya, dan kotak yang dapat terurai.

Harga Bisa Saja Lebih Mahal

Ponsel 5G entry level ini dijual dengan harga 350 Euro atau 420 Dollar Amerika, dengan diotaki Snapdragon 480, dipersenjatai 4 kamera belakang, dan layar Full HD+ dengan desain kamera depan punch hole. Terdapat 2 varian kapasitas RAM, yakni 6GB dan 8GB. Ponsel ini juga tersedia dalam 2 varian warna, yakni Midnight Sun dan Nordic Blue.

Menurut Slashgear, harga bisa saja lebih mahal sedikit seandainya HMD Global tetap menyertakan pengisi daya dalam paket penjualan ponsel ini. Ponsel ini juga mendapat garansi yang tidak main-main, yakni 3 tahun. Jadi, dalam 3 tahun kedepan jika penggunaannya tidak bar-bar, kamu tak perlu berpindah ke lain hati.

Meskipun pengisi daya absen dari paket penjualan, Nokia X20 punya senjata alternatifnya, yakni daya tahan baterai berkapasitas 4470 mAh yang diklaim bisa tahan 2 hari pemakaian wajar!

Menurut kamu, apakah langkah untuk tidak menyertakan pengisi daya ini adalah satu langkah yang tepat? Yuk bagikan tanggapanmu lewat kolom komentar.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.