Robot "Delta" Asal Surabaya Ini Menjadi Asisten Cegah Penyebaran COVID-19

Teknologi 11 Agt 2021
Tampak robot Delta ciptaan Aseyan asal Kota Surabaya, Jawa Timur yang terbuat dari bahan bekas dan berfungsi untuk mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah setempat (Foto: Jawa Pos).

Salah satu hal positif dari pandemi COVID-19 (bukan pasien) adalah mendorongnya perkembangan teknologi dengan kecepatan yang pesat.

Kebutuhan teknologi modern pada masa-masa seperti ini menyebabkan masyarakat umum, perusahaan, dan pemerintah, untuk menyesuaikan diri dengan tidak melakukan kontak fisik, salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi masa kini.

Inovasi terbaru yang berasal dari salah satu kota terbesar di Indonesia ini menghadirkan sebuah robot yang berfungsi untuk mencegah penularan COVID-19 di area sekitar.

Baca juga: Hati-hati Saat Cetak Sertifikat Vaksin, Berpotensi Bocor untuk Hutang Online

Perkenalkan robot "Delta", karya teknologi terbaru dari Aseyan, seorang pria asal Kota Surabaya, Jawa Timur. Robot tersebut memiliki tugas utama untuk menyemprotkan disinfektan. Penyemprotan ini dilakukan dengan menggunakan tangan mekanikal yang sudah diberikan alat khusus.

Semprot Disinfektan hingga Bawakan Makanan

Robot delta dan penciptanya, Aseyan, asal Kota Surabaya, Jawa Timur (Foto: Sariagri).

Selain itu, robot ini juga dapat digunakan untuk mengantarkan makanan ke warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Robot dengan nama Delta ini bergerak dengan roda kecil yang berjumlah empat dan dikendalikan jarak jauh menggunakan remote control.

Baca juga: Railfans Jepang Ngamuk ke Pesepeda karena Menganggu Sesi Foto

Mengutip dari Sariagri.id, "Robot ini digerakan menggunakan remote control dari jarak maksimum sejauh 100 meter. Robot Delta bertugas melakukan penyemprotan disinfektan tiga hari sekali dalam sepekan. Robot ini mampu membawa cairan disinfektan 10 liter untuk sekali gerak," ungkap Aseyan, sang pencipta robot Delta.

Terbuat dari Bahan Bekas

Tampak robot Delta saat menelusuri jalan di area Kota Surabaya (Foto: Okezone).

Robot Delta ini diketahui dibuat dengan bahan-bahan bekas, seperti mainan mobil beroda empat yang digunakan agar membuat robot dapat bergerak leluasa di jalan. Robot ini juga menggunakan pot tanaman dan peralatan dapur sebagai bahan rakitan.

"Inovasi ini memanfaatkan barang bekas atau perabot rumah tangga yang sudah tidak terpakai seperti tabulampot bekas pot tanaman jambu, panci blirik yang sudah using biasa jaman dulu dipakai untuk mencuci beras, kemudian ada box televisi bekas, paralon, mesin dinamo kipas angin untuk gerakan kanan kiri serta mini rice cooker untuk bagian kepalanya," tambah Aseyan.

Baca juga: Karena Glitch, Orang di Jepang Bisa Pesan Makanan Gratis Selama Tiga Tahun

Berpotensi akan Dibuat Lebih Banyak Lagi

Saat ini robot tersebut sudah beroperasi dan diharapkan dapat berfungsi sebagai salah satu sarana pencegahan penyebaran COVID-19. Aseyan mengatakan bahwa ia berencan auntuk membuat lebih banyak robot serupa yang berfungsi sebagai waiter atau pelayan kedai atau warung makan di area setempat.

Selain dapat menjadi sarana hiburan bagi masyarakat terutama anak-anak. Robot ini akan kami perbanyak sebagai pelayan warung makan dan minum terutama saat menyambut tamu yang datang ke kampung ini," ungkap Aseyan.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.