Tingkatkan Kemampuan Diri Kamu di Masa Pandemi Melalui Channel Telegram!

Teknologi 23 Agt 2021
Ilustrasi salah satu aplikasi chatting yang biasa digunakan saat ini, yaitu Telegram (Foto: IBTimes UK).

Cepatnya perjalanan waktu untuk setiap orang mungkin berbeda-beda, namun tidak bisa dipungkiri kalau lagi-lagi kita sudah mulai memasuki fase akhir tahun

Sayangnya, masa pandemi yang sudah melanda dari awal tahun 2020 lalu masih saja berlangsung sampai saat ini. Hal ini juga diperparah dengan naiknya kasus baik domestik dan internasional akibat varian terbaru dari virus korona (COVID-19), yaitu varian Delta.

Kini, kita dituntut untuk bisa lebih  beradaptasi dengan kebiasaan normal baru (new normal) dengan memakai masker saat  bepergian, mencuci tangan dan menjaga kebersihan setiap saat, serta menghindari beraktivitas  di luar rumah.

Baca juga: MV Lagu Penutup The Case Study of Vanitas dari LMYK "0 (zero)" Telah Rilis

Oleh sebab itu, tidak heran apabila kita sering merasa bosan, bingung, bahkan malas. Kalau sudah begitu, gimana ya solusinya?

Telegram, Aplikasi Chatting yang Super-Powerful

Telegram sebagai salah satu aplikasi layanan pesan instan menawarkan fitur channel yang  menarik untuk kita coba ketika bosan di rumah saja.

Khususnya bagi kamu yang ingin mencari  kesempatan untuk terus mengembangkan diri dengan menambah skill atau mendapatkan  pengetahuan baru selama pandemi.

Berbagai channel di Telegram membahas bermacam tips  yang dapat membantu kita untuk terus meningkatkan kemampuan, baik soft skill maupun hard  skill, lho. Penasaran? Yuk simak beberapa rekomendasi channel Telegram yang bermanfaat berikut ini!

1. Karir dan Pengembangan Diri

Buat kamu para fresh graduate, pernah nggak sih merasa bingung saat mencari  pekerjaan? Atau nggak tahu bagaimana caranya menyusun CV yang menarik di mata  HRD? Nah, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi.

Ada banyak channel di Telegram  yang bermanfaat banget untuk menambah pengetahuan kamu seputar dunia kerja,  lowongan pekerjaan, dan bahkan pelatihan.

Baca juga: Gundam Breaker Battlogue Ungkap Seiyuu dan Staf, Siap Tayang Oktober

Beberapa rekomendasi channel Telegram yang bisa kamu coba, di antaranya @BisikanHRD, @tocpns, dan @skillacademyid.

2. Bisnis

Selama pandemi, banyak orang yang memanfaatkan waktunya untuk mulai berbisnis.  Namun, tentunya untuk bisa membuat sebuah bisnis yang berhasil perlu pengetahuan  dan keterampilan terkait bidang bisnis yang mumpuni.

Kalau kamu tertarik untuk mulai  berbisnis, tapi masih bingung mulai dari mana, kamu juga bisa memanfaatkan channel Telegram untuk belajar, lho.

Beberapa channel Telegram yang sering membagikan tips  seputar bisnis, yaitu @OnlineBizSukses, @bisnisdigitalid, dan @bisnismillenial.

3. Bahasa Asing

Pernah dengar kata ‘Polyglot’? Atau mungkin kamu familiar dengan YouTuber Fiki Naki  yang jago berbahasa asing? Selain menambah skill untuk mempersiapkan diri di dunia kerja dan berbisnis, kemampuan bahasa asing juga sangat diperlukan di era digital dan  globalisasi saat ini, teman-teman.

Baca juga: Sampai Jumpa Redmi Note 10, dan Halo untuk Redmi 10!

Kalau kamu ingin coba metode belajar baru selain  dengan menonton film atau membaca buku, kamu bisa menggunakan Telegram untuk  belajar bahasa asing.

Caranya, kamu bisa subscribe ke beberapa channel edukasi  bahasa asing, seperti @Belajar_BahasaKorea, @bahasa_inggris_pemula, dan  @BahasaJepang. Seru, kan?

4. Kecantikan

Meskipun selama pandemi kita nggak bisa keluar rumah atau bepergian, bukan berarti  kita nggak perlu tetap menjaga kecantikan.

Daripada membiarkan alat-alat makeup atau skin care menganggur, kita bisa melatih kemampuan makeup kita di  rumah.

Selain dengan cara menonton tutorial di YouTube, kamu juga bisa mendapatkan tips dan trik kecantikan serta rekomendasi produk yang menarik di Telegram. Beberapa  channel kecantikan yang bisa kamu ikuti, misalnya @KlikBiarCantik dan @skincareroleplayer.

Baca juga: Sulitnya Berhemat Kuota pada Masa Pandemi

Nah, setelah mengetahui berbagai channel di Telegram yang edukatif dan bermanfaat, semoga  masa-masa karantina kamu selama pandemi nggak membosankan, ya!

Kamu juga bisa berikan  informasi mengenai channel-channel tersebut ke teman, saudara, pacar, maupun keluarga kamu.  Selamat mencoba!




Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast