Bocoran Chipset Snapdragon Baru, Pakai Nama 895 dan 898

Teknologi 6 Sep 2021
Ilustrasi chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 895 dan 898 dengan tiru terbaru seperti fabrikasi 4nm dan jaringan 5G (Foto: cnbeta.com).

Qualcomm dikabarkan tengah menyiapkan chipset terbaru, Snapdragon yang performanya telah ditingkatkan sebesar 20 persen untuk memenuhi kebutuhan pengguna ponsel di dunia. Chipset itu diprediksi dengan nama Snapdragon 895 atau Snapdragon 898.

Chipset baru itu pertama kali diungkap pakar gawai, Abhishek Yadav. Ia menyebutkan chip tersebut akan diproduksi menggunakan arsitektur 4nm Samsung.

Belum banyak yang diketahui tentang node 4nm Samsung, kecuali peningkatan berulang dari teknologi 5nm Samsung dan akan memberikan kinerja yang lebih baik.

Melansir dari CNN Indonesia, chipset Snapdragon terbaru yang bocor memiliki nama kode 'taro'. Daftar ini didasarkan pada ponsel prototipe Vivo dengan nomor model vivo V2102A. Perangkat tersebut memiliki RAM 8GB dan berjalan pada Android 12.

Baca juga: Akun Medsos KPI Dikecam Warganet, Imbas Kasus Pelecehan Karyawan

Chip ini memiliki fitur GPU Adreno 730, yang baru-baru ini diklaim oleh eksekutif Lenovo akan menjadi peningkatan yang signifikan atas GPU Adreno 660 Snapdragon 888.

Seperti Apa Arsitekturnya?

Abhishek Yadav mengklaim bahwa ia telah melihat Snapdragon 898, namun informasinya tidak sesuai dengan apa yang sudah diketahui sebelumnya.

Berdasarkan situs ChipGuider.com, Qualcomm Snapdragon 898 memiliki satu inti yang diduga Arm's Cortex-X2 - clock pada 2.42GHz, tiga CPU tingkat menengah, dan kemungkinan Arm's Cortex-A710 dengan frekuensi hingga 2.17GHz, empat core efisiensi tinggi, diduga Cortex-A510 - berjalan pada 1.79GHz.

Dilansir dari Phone Arena, dengan spesifikasi tersebut chip mampu menghasilkan kecepatan yang jauh lebih tinggi, dan itulah mengapa skor chip tunggal dan multi-core masing-masing 720, dan 1.919, tidak bisa digunakan untuk menyimpulkan apa pun tentang kinerja Snapdragon 898.

Baca juga: Kompabilitas Aplikasi Android Untuk Windows 11 Ditunda Hingga Tahun Depan

Namun ada dugaan chip belum tentu Snapdragon 898, mengingat chip yang dimaksud tampaknya didasarkan pada arsitektur ARMv8 yang lebih lama dan bukan desain v9 terbaru.

Berdasarkan laporan sebelumnya, inti Kryo 780 utama Snapdragon 898 akan menawarkan kecepatan clock hampir 3,09 GHz. Sedangkan versi Plus Snapdragon 888 menawarkan kecepatan clock maksimum 2,995 GHz.

Chip ini secara internal dikenal sebagai SM8450 dan akan mengintegrasikan modem 4nm X65 5G Qualcomm. Chip ini diharapkan bisa meluncur tahun depan untuk ponsel-ponsel Android.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.