Fitur Baru Instagram akan Beri Tahu Pengguna Jika Server Sedang Bermasalah

Teknologi 13 Okt 2021
Ilustrasi salah satu aplikasi media sosial yang paling sering digunakan saat ini, yaitu Instagram (Foto: proiqra.com).

Instagram mengumumkan mengembangkan fitur baru terkait dengan masalah server down. Fitur tersebut berupa notifikasi yang dikirimkan ke pengguna jika platform mengalami masalah.

Notifikasi terkait informasi Instagram down ini untuk menghindari kekeliruan pengguna jika platform tiba-tiba tidak bisa diakses.

Beberapa waktu yang lalu Instagram bersama sejumlah aplikasi lain yang berada di bawah naungan Facebook mengalami kesalahan server sehingga tidak dapat diakses oleh sebagian besar pengguna sebanyak dua kali dalam rentang waktu empat hari.

Saat kejadian down tersebut, sejumlah pengguna kebingungan dan menganggap gawai atau koneksi internet mereka bermasalah.

Baca juga: [First Impression] Gokushufudou Part 2

Berdasarkan hal ini, Instagram melakukan uji coba fitur yang akan memberitahu pengguna jika kejadian down atau sejumlah isu teknis menimpa layanan yang mereka berikan.

Melansir dari CNN Indonesia, Instagram yakin bahwa keberadaan fitur notifikasi ini akan meningkatkan awareness (kesadaran) pengguna platform.

"Melalui perbincangan dengan komunitas kami dan penelitian panjang, kami tahu betapa membingungkan ketika sebuah isu terjadi pada Instagram," tulis Instagram dalam sebuah pernyataan.

"Ketika hal tersebut berdampak pada interaksi dan distribusi, kami juga tahu bahwa hal itu akan membuat orang-orang berpikir masalahnya (unik) hanya pada mereka, berdasarkan unggahan mereka. Kurangnya kejelasan dapat membuat kesal, maka dari itu kami ingin membuat apa yang sedang terjadi menjadi lebih mudah dipahami, langsung dari kami," tambahnya.

Baca juga: Apple Peringati 10 Tahun Meninggalnya Steve Jobs dengan Video Spesial

Solusi Sementara Karena Server Sering Bermasalah?

Ke depan, pengguna akan melihat notifikasi tersebut di bagian Activity Feed ketika aplikasi ini mengalami down atau masalah teknis. Sehingga jika layanan Instagram down sepenuhnya, maka tidak akan ada notifikasi sama sekali sampai masalahnya selesai.

Instagram menjelaskan notifikasi tidak akan dikirimkan setiap kali ada down, namun hanya untuk kasus tertentu yang berpotensi menimbulkan kebingungan para pengguna. Metode ini kemungkinan menjadi salah satu cara mencegah pengguna berpindah ke Twitter untuk mencari jawaban atas apa yang terjadi.

Uji coba fitur notifikasi Instagram akan dilakukan untuk pengguna di Amerika Serikat dalam beberapa bulan mendatang, setelah itu Instagram baru akan memutuskan apakah fitur tersebut akan menjadi permanen di platformnya.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.