Logo situs file hosting Zippyshare yang sudah ada semenjak tahun 2006 lalu, yang kini akan menutup layanannya pada akhir bulan Maret 2023.

Situs Berbagi File Zippyshare Resmi Tutup Layanan Bulan Ini

Teknologi 20 Mar 2023

Pada Minggu (19/3) waktu Amerika Serikat, tim Zippyshare mengumumkan bahwa situs berbagi file gratis tersebut akan tutup pada akhir bulan ini.

Tim Zippyshare menyarankan pengguna untuk mulai mengunduh backup file-file penting dalam 2 minggu yang akan datang.

Dalam pengumuman yang sama, tim Zippyshare juga berbagi alasan kenapa mereka memutuskan untuk menutup situs yang telah berdiri dari 2006 tersebut.

Baca juga: BlackBerry akan Rilis Film Dokumenter, Tayang 12 Mei 2023

Zippyshare, Kalah Populer dan Biaya Server yang Meningkat

Halaman utama Zippyshare yang menampilan pengumuman penutupan layanan mereka pada akhir bulan Maret 2023.

Yang pertama, tim Zippyshare menyebutkan bahwa layanan yang tim mereka tawarkan sudah tidak sepopuler dulu.

Persaingan dari kompetitor yang tim mereka nilai mempunyai tampilan lebih baik, performa yang lebih baik, dan fitur yang lebih kaya dari Zippyshare juga membuat tim mereka merasa eksistensi situs mereka tidak diperlukan lagi.

Pengumuman resmi mengenai penutupan layanan Zippyshare yang akan tutup pada akhir bulan Maret 2023.
"Saya kira perusahaan penyimpanan file lain di pasaran tampak lebih baik, menawarkan performa yang lebih baik, dan memiliki fitur yang lebih banyak. Tidak ada yang butuh dinosaurus seperti kami lagi."

Meningkatnya penggunaan adblocker juga berpengaruh kepada keputusan ini. Mengingat Zippyshare mengandalkan iklan sebagai sumber pemasukan bisnis, hal ini tentunya merugikan operasional situs tersebut.

"Tentu, kita semua memakainya (adblocker), tapi mereka mengambil kontrol yang ada dari pemilik situs pada situsnya. Pada akhirnnya, kami sampai pada sebuah lingkaran setan. Untuk membiayai infrastruktur server anda dipaksa untuk menempatkan lebih banyak iklan, lalu para pengguna mulai menggunakan lebih banyak adblocker hingga kami sampai pada titik seperti ini."

Baca juga: Viral Gambar Anime di Situs HAI DJPb Kemenkeu, Terduga Hasil Tracing?

Biaya listrik yang meningkat juga turut menjadi alasan penutupan Zippyshare. Tim Zippyshare menyebut bahwa harga listrik telah naik sebanyak 2,5 kali dalam beberapa tahun kebelakang. Hal ini membuat biaya untuk mengoperasikan server mereka naik secara signifikan.

Dan dengan ini, kiprah Zippyshare selama 17 tahun resmi berakhir. Selama beroperasi, Zippyshare menjadi salah satu pilihan paling populer untuk berbagi file di internet.

Selamat tinggal, Zippyshare.

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Doujin music and light novel fan.