Ilustrasi Unity Engine, salah satu game engine yang paling banyak digunakan oleh developer gim, termasuk di Indonesia (Foto:elchapuzasinformatico.com)

Unity Mulai Pungut Bayaran Per Instalasi, Tuai Protes Developer Gim

Gaming 13 Sep 2023

Unity Engine, salah satu engine gim paling populer bagi para developer game, telah mengumumkan skema pembayaran baru yang menuai protes keras dari developer dan netizen.

Mulai tanggal 1 Januari 2024, Unity akan menerapkan pungutan untuk setiap instalasi game yang menggunakan Unity Engine.

Besaran pungutan tersebut sekitar 0.20 USD per instalasi untuk penggunaan Unity Personal dan Unity Plus. Harga yang berbeda diterapkan untuk Unity Pro dan Unity Enterprise.

Skema Pembayaran Baru untuk Unity Engine efektif tanggal 1 Januari 2024.

Pungutan ini akan berlaku untuk game yang telah dirilis sebelum tahun 2024, saat aturan ini berlaku, dan setelahnya. Artinya, semua game yang beredar secara resmi yang menggunakan Unity Engine akan berpotensi untuk dipungut bayarannya.

Namun, ada beberapa syarat untuk membuat game yang menggunakan Unity Engine tersebut dipungut bayarannya. Misalkan, jika sudah mencapai keuntungan sebesar 200.000 USD untuk Unity Personal dan Plus, maka baru dapat dipungut biaya untuk instalasi dan biaya lainnya.

Hore! Bahasa Indonesia Kini Tersedia di Steam
Sekarang kamu bisa menggunakan Bahasa Indonesia di Steam client dan di websitenya juga loh!

Instalasi yang dimaksud sudah termasuk instalasi awal hingga instalasi ulang (reinstall). Walau pemain beralasan mengganti perangkat atau hal lain yang memerlukan reinstall, maka bayaran tetap akan ditarik ke developer gim tersebut.

Untuk tabel lengkapnya, kamu bisa cek di sini.

Tambahan Fitur Baru untuk Unity Engine

Selain itu, pengguna Unity juga akan mendapatkan beberapa layanan baru seperti Unity DevOps untuk kolaborasi, Unity Asset Manager untuk pengelolaan aset via Cloud, hingga tambahan kemampuan AI untuk runtime (Unity Sentis).

Gim Gacha Fate/Grand Order Raih Pendapatan 7 Juta Dolar
Cie, yang raih rekor pendapatan baru.

Penambahan ini akan menyesuaikan ke model langganan tertentu. Contohnya, semua model langganan akan mendapatkan Unity Sentis. Kemudian, Unity Personal akan mendapatkan Unity Asset Manager 10 GB, sementara itu untuk Unity Pro dan Enterprise akan mendapatkan 50 dan 120GB per kursi (pooled).

Apakah akan Membahayakan Developer Indie?

Banyak sekali kekhawatiran yang bermunculan di kalangan developer gim, terutama di Twitter.

Tidak sedikit yang mengungkapkan bahwa skema pembayaran baru ini akan membahayakan para developer kecil hingga menengah karena pungutan biaya yang "meledak".

Hal ini juga diikuti dengan potensi skema ini disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu sehingga akan merugikan komunitas gim, baik itu para pemain ataupun para developer gim.

Namun, Unity menjawab bahwa mereka akan menggunakan suatu sistem dan kriteria tertentu untuk menetukan bayaran yang diperlukan.

PROJECT NEXT Tahap Kedua di Mobile Legends: Bang Bang - Apa yang Akan Berubah? Optimisasi dan Perubahan Hero
Optimisasi dan perubahan hero? Simak apa yang dihadirkan oleh PROJECT NEXT Tahap Kedua di Mobile Legends: Bang Bang. 📱 Baca selengkapnya di mediaformasi.com

Ini juga termasuk jika ada unduhan gim bajakan yang nantinya menurut Unity akan memisahkan hal-hal tersebut dengan instalasi yang legal. Unity juga baru akan menarik bayaran jika target pendapatan sudah melebihi variabel yang mereka tentukan.

Sebagai respons tambahan, Unity membuka forum untuk melayani berbagai macam pertanyaan yang muncul di internet.

Hal ini membuat beberapa developer gim mulai mencari alternatif engine lainnya untuk mengembangkan game mereka. Engine tersebut mulai dari engine open source seperti Cocos Engine dan Godo Engine. Ada juga yang beralih ke Unity Engine walau skema nya perlu setor royalty jika merilis game berbayar yang keuntungan kotor nya melebihi satu juta dolar Amerika Serikat.

[REPLIKA] Jadikan Ponsel Kamu Sebagai Layar Kedua dengan Spacedesk!
Ponsel kamu bisa jadi layar kedua? Bisa touch screen juga? OBISA!

Ada juga opsi untuk membuat custom engine sendiri untuk gamenya. Namun, hal ini cukup memakan waktu yang lama karena perlu melakukan pengembangannya sendiri.

Memang Unity Masih Banyak Digunakan Developer Gim, Tapi Sampai Kapan?

Tapi memang perlu diakui bahwa banyak sekali developer gim yang menggunakan Unity sebagai mesin utama mereka untuk mengembangkan game yang mereka mau.

Banyak keunggulan Unity yang bisa didapatkan, seperti mudah dipelajari, komunitas yang aktif, performa bagus hingga dapat dimodifikasi game nya sesuka hati.

Nexon Kembangkan AI Chat untuk MomoTalk pada Blue Archive, Bisa Bebas Ngobrol dengan Murid Kesayanganmu
Pengen banget mendisiplinkan Hanako kalau fitur ini diimplementasikan…

Bukan berarti tidak ada jeleknya. Unity Engine cukup terkenal menggunakan banyak memori baik itu RAM ataupun media penyimpanan. Bahkan, bisa dikatakan sampai membengkak. Ini juga bergantung ke developer nya apakah ingin melakukan optimasi asset atau tidak. Contoh paling gampang adalah ukuran game Genshin Impact dan Honkai Star Rail yang semakin banyak update sampai perlu ratusan GB untuk melakukan instalasi.

Perlu juga diketahui bahwa beberapa hari sebelum keputusan skema pembayaran ini dirilis secara publik, CEO Unity Software John Riccitiello telah menjual sebanyak 2.000 lembar saham.

Berdasarkan laporan Yahoo Finance, John Riccitiello juga sudah menjual 5.000 lembar saham Unity pada tahun sebelumnya.

John Riccitiello sebelumnya pernah menjabat menjadi CEO Electronic Arts, publisher game yang terkenal dengan banyaknya monetasi game dan akuisisi studio game hanya untuk keperluan uang, bukan untuk membuat game yang bagus.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast