Lampion gantung di pohon Sakura dengan tulisan Jak-Japan Matsuri yang ada di acara Jak-Japan Matsuri 2019 di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (Foto: Istimewa/Yehezkiel Frederik Ruru)

Daftar Guest Star Jak Japan Matsuri 2023, Ada SKE48, Exile Tribe, hingga yama!

Pop Kultur 3 Nov 2023

Sebentar lagi akan diselenggarakan salah satu event tema Jepang paling besar di Indonesia, yaitu Jak Japan Matsuri 2023 (JJM) di hari Sabtu dan Minggu, 18-19 November 2023.

Event tersebut akan diselenggarakan di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Kamu dapat melihat lokasinya melalui tautan Google Maps di sini.

Acara yang didukung oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia ini merupakan wadah pertukaran budaya antara warga Jepang dan Indonesia, mulai dari budaya tradisional hingga modern dalam bentuk pop kultur Jepang.

Jak-Japan Matsuri sendiri sudah diselenggarakan secara terus menerus dari tahun 2009 hingga tahun 2019 sebelum harus hiatus terlebih dahulu karena pandemi COVID-19.

Kemudian, Jak-Japan Matsuri kembali hadir namun dengan format yang berbeda dari sebelumnya, yaitu menyelenggarakan acara di dalam mall FX Sudirman pada tahun 2022 sekaligus acara JJM ke-12.

Melihat antusiasme masyarakat pada acara sebelumnya, kali ini JJM akan hadir di tempat yang jauh lebih luas, yaitu di JIExpo Kemayoran, salah satu tempat di daerah Jakarta yang sering digunakan untuk acara berskala besar.

Lalu siapa saja yang akan tampil di Jak-Japan Matsuri? Berikut kami rangkum dari akun Instagram resmi mereka di @jktjapanmatsuri.

Guest Star Jak-Japan Matsuri Day 1

Hari pertama Jak-Japan Matsuri 2023 akan diramaikan oleh artis dan band asal Jepang serta tambahan penampilan menarik yaitu Special Music Event dengan nama SHIN-SEKAI.

Penyanyi asal Jepang pertama di JJM2023 kali ini ialah yama, yaitu sosok yang sempat naik daun di Jepang dan internasional, terutama di Asia. Karya-karya terbarunya seperti mengisi soundtrack di anime SPYxFAMILY, Mobile Suit Gundam: The Witch from Mercury, Pokémon (2023), dan masih banyak lagi.

Setelah sebelumnya sempat tampil di Impactnation Japan Festival 2023 di bulan Juli 2023 lalu, kini yama kembali hadir di Indonesia di momen akhir tahun untuk kembali meramaikan Asia Tenggara dengan karyanya.

Selain yama, ada juga yang tidak kalah tenar yaitu Da-iCE. Jika kamu tidak tahu, Da-iCE ialah sosok grup musik Jepang yang mengisi lagu pembuka ONE PIECE musim ke-23 (DREAMIN' ON). Aktif dari tahun 2011, grup yang dieja dengan bahasa Inggris nya dadu (DICE, Daisu)

Menggandeng label Avex, grup tersebut sudah merilis berbagai macam lagu yang diminati baik oleh warga Jepang dan internasional, terutama di Indonesia.

Selain artis Jepang, akan ada juga artis asal Indonesia yaitu Ramengvrl, yaitu seorang musisi yang mulai aktif di tahun 2016 serta grup DJ Weird Genius dengan anggota sosok yang terkenal di internet yaitu Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Roy Leonard Soewarno, yang juga dibentuk pada tahun 2016 dan aktif dengan perilisan lagu pertamanya di tahun 2017 dengan judul DPS.

Guest Star Jak-Japan Matsuri Day 2

Pada hari kedua, para guest star yang akan tampil di JJM 2023 ini berasal dari salah satu grup idol asal Jepang paling besar saat ini, talenta dari label Jepang yaitu Avex, serta campuran artis Indonesia lainnya yang akan mengisi panggung baik sebagai performer maupun MC.

Sudah menjadi tradisi untuk setiap tahun bahwa akan ada idol grup dengan tema Jepang. Jika pada tahun 2018 sudah pernah mengundang AKB48, kali ini giliran JKT48 yang akan tampil di hari pertama Jak-Japan Matsuri 2023.

Untuk saat ini belum diketahui tim apa yang akan tampil di JJM2023 kali ini.

Namun, tidak hanya JKT48 saja loh, sister grup yang juga berasal dari Jepang juga hadir, yaitu SKE48. Pengambilan huruf SKE berasal dari tempat idol tersebut tampil, yaitu di distrik Sakae, Nagoya.

Terdapat 5 anggota SKE48 yang akan tampil di JJM2023, yaitu Inoue Ruka, Ota Ayaka, Nakano Airi, Takahata Yuki, dan Hara Yune.

Kemudian, grup artis Jepang yaitu Exile Tribe juga akan mengirimkan para talenta mereka, yaitu kumpulan 7 orang bernama Psychic Fever dan 7 orang Jepang juga bernama Ballistik Boyz. Kedua grup artis Jepang tersebut pertama kali aktif dari tahun 2019 sampai saat ini.

Grup Musik Jepang BALLISTIK BOYZ Rilis MV “Animal” dengan Konsep Lebih Dewasa
Dibawah sinar neon malam hari, Ballistik Boyz rilis lagu baru “Animal”! 🔥

Tidak Luput Juga Festival Tradisional Jepang Seperti Omikoshi dan Bon Odori!

Ya seperti yang kamu baca, bukan event Jepang besar jika tidak ada performa budaya tradisional Jepang di dalam acara tersebut.

Jak-Japan Matsuri merupakan salah satu event bertema Jepang yang juga ikut menghadirkan tarian dan penampilan budaya tradisional Jepang seperti Omokoshi Parade dan Bon Odori.

Omokoshi Parade merupakan parade yang berkaitan dengan miniatur kuli yang dibawa oleh iring-iringan dengan musik tradisional Jepang. Omikoshi sendiri memiliki arti yaitu miniatur kuil yang lengkap dengan atap, struktur, dan dekorasi yang lekat dengan kuil tersebut.

Parade Omikoshi yang berlangsung di festival Jepang Little Tokyo Blok M Ennichisai 2019 (Foto: Istimewa/Yehezkiel Frederik Ruru)

Kuil itu akan dibawa oleh banyak orang di sekitarnya yang menandakan bahwa mereka sedang menyebarkan kebahagiaan dan keberuntungan, serta menepis pengaruh buruk bagi masyarakat di sekitarnya.

Bon Odori merupakan sebuah perayaan tradisional Jepang dalam bentuk tarian untuk menyambut kedatangan roh leluhur. Biasanya, tarian ini ditampilan di acara-acara seperti festival bertema Jepang atau festival obon di waktu musim panas.

(Foto: Istimewa/Yehezkiel Frederik Ruru)

Semenjak jaman Moromachi (1336 - 1573), tarian ini mengalami perubahan dari waktu ke waktu sampai ke masa modern ini. Misalkan, dahulu kala tarian bon odori dikatakan meniru gerakan tarian roh yang bersuka cita karena terbebas dari siksaan neraka.

Biasanya juga tarian ini dihadirkan di acara Jepang lainnya yaitu Gelar Jepang UI ataupun Ennichisai.

Untuk parade Omikoshi, kegiatan ini akan diadakan di dua hari Jak-Japan Matsuri 2023. Sedangkan untuk Bon Odori hanya akan dilaksanakan pada malam hari kedua yaitu di tanggal 19 November 2023.

Pantau terus akun resmi Jak Japan Matsuri untuk informasi selanjutnya ya.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast