Penyerahan Bendera Dan Pelepasan Kedua Team #5EKARANGINDONESIA (Foto : Istimewa/Cakra Ananta Wangsa))

Moonton Indonesia dan PBESI Dukung Dua Tim MPL Indonesia ke Kejuaraan Dunia M5

Gaming 7 Nov 2023

Pada tanggal 6 November 2023 di Jakarta, Kejuaraan Dunia Mobile Legends: Bang Bang seri kelima, yang dikenal sebagai M5, akan menjadi ajang pertemuan bagi 16 tim terbaik Mobile Legends dari berbagai belahan dunia.

Tim-tim ini berasal dari Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Kamboja, Middle East/North America (MENA), Myanmar, Turki, hingga Latin America (LatAm), bertarung untuk meraih gelar tim terbaik di dunia Mobile Legends.

Tidak hanya itu, kehadiran tim Mobile Legends dari Cina yang diperkirakan sebagai pesaing kuat bagi tim Indonesia dan Filipina juga telah dikonfirmasi untuk ambil bagian dalam turnamen global yang akan berlangsung mulai 2 hingga 17 Desember 2023 di Manila, Filipina.

Indonesia kini tengah mengejar gelar internasional Mobile Legends. Sejak empat tahun terakhir, belum ada kemenangan internasional untuk tim Indonesia setelah kegagalan tim nasional Indonesia dalam meraih emas di SEA Games ke-32.

Bersiap Hadapi Season Selanjutnya, POCO dan AURA Kenalkan Line Up Pro-Player Terbaru dari AURA Esports
POCO Indonesia dan AURA Esports bekerja sama untuk di dunia game! Seperti apa bentuk dukungan mereka ke dunia Esports Indonesia?

Saat #MedForSquad bertanya tentang ekspetasi tim lokal yang akan melawan tim asal negara tirai bambu, Coach Adi dari ONIC mengatakan bahwa mereka akan beradaptasi dan mempelajari lawan mereka untuk meraih kemenangan.

"Ekpetasi terhadap Team China di Wild Card ga banyak dan seharusnya okelah dan ada Nova Esport belum ada scrim. Dan kita bakal menggunakan meta Indo tetap konsisten dan pelajarin mereka," ungkap Coach Adi saat ditanya oleh tim Media Formasi.

Bersaing Sehat di Pertandingan Gim Internasional

Kemenangan tim Indonesia dalam MSC 2023 dianggap sebagai titik balik dan menimbulkan harapan baru dalam mengembalikan reputasi esports Tanah Air menjadi yang terdepan. Kejuaraan Dunia M5 dianggap sebagai momen krusial untuk membuktikan bahwa #5EKARANGINDONESIA mampu mengembalikan dominasinya.

Salah satu pemarin esports dari tim ONIC, yaitu Kairi (Foto: Istimewa)

Untuk mendukung semangat para pemain profesional (proplayer) dan untuk memperkuat dukungan dari para penggemar MLBB Esports di Indonesia, Moonton Indonesia bersama PB ESI menginisiasi acara pelepasan perwakilan tim Indonesia, ONIC Esports, dan Geek Fam, yang diharapkan akan membangkitkan semangat dan semakin memperkokoh dukungan bagi esports MLBB di Indonesia.

Talkshow Bersama Kedua Team (Foto : Istimewa)
"Kami mengadakan kegiatan ini dengan tujuan menghimpun dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia, tidak hanya dari penggemar MLBB esports.
Ini bukan hanya tentang tim yang maju ke M5, tetapi tentang bagaimana kita dapat mengangkat kembali reputasi Indonesia ke tingkat tertinggi dalam kancah esports internasional, terutama dalam ranah MLBB.
Kami menyadari bahwa untuk mencapai tujuan ini, dukungan dari semua pihak terkait sangat penting," ungkap Azwin Nugraha, Public Relation & Communications Manager Moonton Indonesia.
Tiga Kali Juara Secara Beruntun, ONIC Esports Kuasai MPL ID S12
Selamat buat Onic~!

Esports, Wadah untuk Menyaluran Hobi untuk Generasi Muda

Pada kesempatan yang sama, CEO & Co-founder ONIC Esports, Justin Widjaja, tim yang meraih gelar Raja Galaxy MPL Indonesia Season 12, menyatakan bahwa M5 merupakan bukti bagi tim dan pemain, serta merupakan wadah untuk menumbuhkan semangat kebangsaan.

"Mereka yang ikut serta dalam Kejuaraan Dunia M5 adalah generasi muda yang diharapkan dapat menularkan semangat positif, menjadi teladan bagi penonton MLBB Esports, dan mengukir prestasi gemilang bagi Indonesia di kancah internasional," ujar Justin.

Prestasi Indonesia di dunia esports internasional juga sangat dipengaruhi oleh peran pemerintah. Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai inisiator Piala Presiden Esports, sebuah event yang dikembangkan oleh Pemerintah RI, menjadi tolak ukur dalam liga utama tim esports Indonesia dan sebagai platform untuk mencari bakat baru di Indonesia.

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) juga memberikan dukungan penuh melalui berbagai program yang konsisten dalam upaya meningkatkan dan mendukung ekosistem esports di Indonesia.

Salah satu program PB ESI adalah Liga Esports Nasional 2023 yang tengah berlangsung, sebuah liga inklusif yang memberikan kesempatan kepada bakat-bakat baru dan tim-tim esports dari seluruh penjuru Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Pencapaian Esport Mobile Legends: Bang Bang (Foto : Siaran Pers)
"Kami berharap pencapaian ONIC Esports dan Geek Fam bisa menjadi inspirasi bagi para talenta esports dari seluruh Indonesia untuk meningkatkan keterampilan dan prestasi mereka, tidak hanya dalam lingkup lokal dan nasional, tetapi juga di level internasional.
Kami memberikan dukungan penuh untuk ONIC Esports dan Geek Fam dalam Kejuaraan Dunia M5, berharap keduanya bisa mencatatkan prestasi yang optimal," ungkap Debra Imanuella, Kabid Humas & Komunikasi PB ESI.
Atlet Esports POCO Star Siap Bertanding Menuju FFWS 2023
Selamat ya kepada POCO Star!

Dalam konteks yang sama, Moonton Indonesia memberikan apresiasi terhadap program-program dan turnamen esports yang sukses diselenggarakan oleh PB ESI, termasuk IESF 2022, Liga Esports Nasional 2023, dan turnamen yang diinisiasi oleh KSP melalui Kincir, Piala Presiden.

Sudah Mencetak Prestasi di Kawasan ASEAN

Sejak tahun 2018, Moonton Games telah mencetak banyak atlet esports yang telah berkompetisi di level profesional dalam Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) Indonesia dan Mobile Legends: Bang Bang Development League Indonesia.

Para pemain esports profesional ini bukan hanya menjadi tulang punggung bagi keluarga mereka, tetapi juga telah membawa reputasi positif bagi tim dan Indonesia di kancah internasional. Indonesia berhasil meraih medali perak di SEA Games 2019 di Filipina dan SEA Games 2020 di Vietnam.

Tim Mobile Legends asal Indonesia, EVOS Esports, juga pernah meraih predikat sebagai tim MLBB terbaik di dunia setelah memenangkan Kejuaraan Dunia Mobile Legends yang diadakan di Malaysia tiga tahun lalu.

Tag

Cakra Ananta Wangsa

Social Media Admin & Reporter